12 Tahun Perjalanan QWords


Qwords saat ini telah menapaki usia ke 12 dalam bidang penyedia layanan internet. Qwords didirikan di Bandung pada tahun 2005 oleh mas Rendy Maulana. Saya dan beberapa rekan penggiat dunia maya berkesempatan hadir dalam acara perayaan 12 tahun Qwords yang serentak diadakan di 4 Kota; Jakarta, Surabaya, Bandung dan Jogja. Di Jogja perayaan ini diselenggarakan di roof top Yellow Start Hotel Ambarukmo.

Kenapa sih namanya Qwords? nama tersebut merupakan bahasa slank dari Keywords, salah satu unsur penting dalam dunia per SEO an. Qwords juga merupakan sebutan ukuran struktur data dengan besaran 64Byte. Nah bicara tentang Qwords berarti kita juga harus bicara layanan apa aja sih yang ada disana?

Layanan Qwords

Untuk saat ini, Qwords merupakan salah satu layanan penyedia hosting terbaik di Indonesia, untuk layanan hosting dan server, ada cukup banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Antara lain; Cloud Hosting, Cloud VPS, Cloud VPS-K, Dedicated Server dan Collocation Server. Untuk Cloud hosting sendiri nantinya terbagi dari personal hosting, bussiness hosting, wordpress hosting, maxx hosting dan radio streaming. Yang menarik perhatianku adalah wordpress hosting. Mengingat, rata-rata blogger di Indonesia yang memilih membeli domain + hosting karena ingin menggunakan wordpress sebagai CMS blognya, lalu apa sih yang ditawarkan Qwords dengan WordPress hostingnya? Kenapa harus dibedakan dengan personal hosting?

BACA JUGA:   BrightAdvisor, portal informasi asuransi Indonesia

21041067_808326395999725_8360471574754623488_n 12 Tahun Perjalanan QWords  wallpaper

WordPress hosting Qwords

WordPress hosting menggunakan Cloud base hosting yang lebih tinggi skalabilitasnya dari shared hosting biasa, menggunakan optimasi CloudPOP, menggunakan hardisk SSD yang lebih cepat dari disk cakram, mendukung penggunaan HTTP 2/ SSL, memiliki fitur Cloudflare untuk meningkatkan performa, penggunaan litespeed Apache dan bebas menggunakan varian PHP engine dan gratis mencoba selama 30 hari.

qwords-wordpress-hosting 12 Tahun Perjalanan QWords  wallpaper


Selain penyediaan hosting dan domain service, Qwords juga memiliki layanan lain antara lain email collaboration dan layanan security. Email collaboration yang ditawarkan meliputi, Email CloudCollaboration Suite, Google Suite dan Microsoft Office365. Salah satu contoh penggunaan email collab Gsuite adalah penggunaan nama email yang tadinya menggunakan @gmail.com menjadi @namaperusahaan.com sehingga terkesan lebih eksklusif. Untuk layanan security, Qwords menyediakan layanan SSL berbayar, Digital Signature dan DNSSec.

qwords-office 12 Tahun Perjalanan QWords  wallpaper

 

Apa pentingnya menggunakan SSL?

Eh sebentar SSL tuh apaan? SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. SSL digunakan untuk mengenkripsi komunikasi end to end dalam dunia komunikasi digital dengan enkripsi 2048-bit, dengan adanya SSL, maka data yang ditransferkan telah dienkripsi sedemikian rupa dan datanya hanya bisa dibaca oleh si pengirim dan penerima. Penggunaan SSL dapat meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap keamanan sebuah situs. Web yang memerlukan login, seperti Facebook, Twitter, Google, serta layanan perbankan dan online commerce menggunakan fitur SSL untuk mengamankan input username, password dan data-data sensitif lain yang diinputkan. Fitur ini ditandai juga dengan url bericon gembok atau berwarna hijau serta memiliki url https bukan http.

BACA JUGA:   Tanda Tangan Digital, Apa sih?

Nah sebagai seorang blogger, apa pentingnya pake SSL? kan orang hanya butuh baca tulisan kita. Eits jangan salah, sejak 2014, Google menyatakan bahwa situs dengan SSL akan mendapatkan peringkat SEO yang lebih baik daripada situs non SSL. Jadi yang mau ningkatin peringkat Google, buruan atuh beli fitur SSL di Qwords. Happy Birthday Qwords semoga tetap menginspirasi dan mendukung komunitas digital di Indonesia

20986833_2060680520624263_1810221774873296896_n 12 Tahun Perjalanan QWords  wallpaper


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda