3 Tips aman bermotor saat hujan


Berkendara motor saat hujan tidak bisa lagi dihindari kalo memang sudah musimnya. Basah itu sudah biasa demi menuju tempat mencari nafkah. Mau gak mau meskipun aku tergolong manusia rain hater, toh itu tidak menjadikan halangan buatku melaju ke sekolah untuk memberikan materi pelajaran pada anak didik.

Musim hujan memang akan menimbulkan sisi positif dan negatif, sisi positifnya adalah tanah menjadi subur, terlebih jika sehabis mengalami bencana gunung meleduk, turunnya hujan adalah sebuah berkah yang tidak bisa dinafikkan. Guyuran air hujan membantu banget buat orang-orang Jogja setiap kali terjadi hujan abu vulkanik.

Sisi negatifnya ya kita kalo kemana-mana jadi basah, jika kondisi tidak fit malah bisa berakibat terjangkit flu dan demam, belum jika hujan berangin yang beresiko menumbangkan pohon di sekitar jalanan, jadi ya emang harus hati-hati.

Nah untuk tips aman berkendara motor saat hujan, pastikan beberapa hal berikut

  • Lampu head dalam kondisi ON

Lampu kepala atau head lamp merupakan solusi untuk memberi tahu pengguna jalan lain tentang keberadaan kita selama hujan turun, hujan yang terlalu deras dapat menghalangi jarak pandang. Lampu yang menyala mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan karena faktor alam.

  • Ban motor tidak gundul
BACA JUGA:   Menuju Kiamat (Blogger Multiply) 2012

Ban motor menjadi salah satu alat keselamatan berkendara berikutnya saat hujan, kondisi jalanan yang licin akibat air yang mengalir tentunya menjadi resiko yang wajib dipertimbangkan para pengendara motor. Ban yang gundul bisa membahayakan nyawa pengendaranya karena tidak stabil saat berhadapan dengan arus air yang agak deras, resiko terpeleset saat menikung dan menginjak bidang labil seperti pasir yang terbawa arus bisa menjadi ancaman. Gunakan ban basah atau ban yang masih bagus, segera kunjungi bengkel terdekat untuk melakukan tukar tambah ban motor yang sudah gundul.

  • Mantel hujan selalu ada di bagasi

Mantel hujan sebaiknya selalu ada di dalam bagasi motor, meskipun kondisi cuaca tidak hujan, karena sekarang ini, musim kemarau hanya ada di pagi hari, sore hari biasanya sudah masuk musim penghujan. Jadi siapkan mantel hujan di bawah jok motor. Untuk mantel hujan ini ada beberapa pilihan yaitu mantel ponco, mantel baju maupun mantel rok untuk riders wanita. Tidak ketinggalan untuk mengamankan sepatu kita juga perlu menyediakan shoes rain cover, sementara untuk tas laptop biasanya sudah ada mantel tasnya sendiri.

BACA JUGA:   Bukan saatnya untuk menyerah pada keadaan

Meskipun ketiga hal itu cukup penting, kebanyakan anak muda kerap mengabaikan faktor nomor 3, banyak anak2 usia sekolah yang enggan memakai mantel hujan meskipun cuaca mendung dengan alasan gengsi. Sehingga seringkali balkon sekolah setiap siang berubah menjadi lahan jemuran yang tidak sedap dipandang.


DMCA.com Protection Status

baju hujan gmt (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan pada “3 Tips aman bermotor saat hujan

  • Yansa

    (Maret 9, 2015 - 6:28 pm)

    Jangan lupa perhatikan jalan, karena jalan biasanya anyak yang rusak akibat sering terkena hujan.

    Makasih atas tips menariknya

    • anotherorion

      (Maret 10, 2015 - 9:30 am)

      iya mas klo genangan air jangan dilibas, takutnya njeglong 😀

  • Katerina

    (Maret 9, 2015 - 1:33 pm)

    Cover sepatu memang penting 🙂

Berikan tanggapan anda