4 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Efektif


Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang berbahaya karena jika dibiarkan bisa memicu berbagai penyakit lainnya seperti stroke. Kolesterol adalah kondisi dimana kandungan lemak ‘jahat’ bernama low density lipoprotein (LDL) jumlahnya melebihi kadar normal. Tingginya LDL bisa di tangani dengan meningkatkan jumlah kolesterol ‘baik’ bernama high density lipoprotein (HDL).

Gaya hidup sehat menjadi kunci penting dalam menjaga tubuh terhindar dari kolesterol, namun saat sudah terkena penyakit kolesterol ada beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang bisa dilakukan.


  1. Pola makan sehat

Menjaga pola makan selalu menjadi kunci penting dalam segala jenis penyakit, termasuk salah satu cara cepat menurunkan kolesterol. Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengurangi konsumsi lemak yang berasal dari daging hewan darat, cream, dan butter. Bahan pangan ini sungguh kaya akan lemak yang bisa memicu naiknya peredaran LDL dalam darah.

Sebaliknya, konsumsilah lemak yang bersumber dari kacang-kacangan seperti almond. Jenis kacang ini kaya akan asam lemak tak jenuh yang membantu menaikkan kolesterol baik sehingga membantu menekan kolesterol jahat berkeliaran dalam tubuh. Konsumsi almond yang disarankan adalah 73 gr/ hari.

Jika kita direkomendasikan untuk menghindari daging hewani, daging ikan laut dalam seperti salmon, sarden dan tuna justru direkomendasikan karena kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Konsumsilah ikan jenis ini dengan pengolahan minimalis untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan asam lemak tak jenuhnya.

Hindari menggoreng ikan dalam minyak karena berpotensi menghasilkan asam lemak jenuh yang bisa menaikkan LDL. Sumber asam lemak tak jenuh lainnya adalah minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari yang bisa anda konsumsi langsung atau pun menjadi campuran salad.

  1. Pilih buah kaya likopen

Selain mengkonsumsi banyak serat, memilih buah kaya likopen menjadi salah satu cara cepat menurunkan kolesterol. Tomat, menjadi primadona karena kandungan likopen nya yang melimpah, selain itu juga ada semangka, aprikot dan grapefruit. Konsumsi buah tinggi likopen bisa menurunkan kadar kolesterol darah.


buah mencegah penyakit diabetes

  1. Olahraga

Jaga berat badan ideal anda dan lakukan olahraga rutin 3-5 kali seminggu. Jenis olahraga yang sesuai adalah aerobik, lari ringan dan treadmill.

  1. Hindari stres

Strees menjadi pemicu dari banyak penyakit, maka pastikan anda bebas dari stres. Berikanlah “me time” bagi anda. Kenalilah hal apa saja yang bisa membuat anda merasa stress, sehingga anda dapat melakukan pencegahan agar anda tidak berlarut-larut dengan stress yang tengah anda alami.

Empat langkah gaya hidup sehat diatas adalah cara cepat dan efektif dalam mengatasi masalah kolesterol. Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi ke tenaga medis jika anda mengalami gangguan kesehatan yang tidak wajar karena bisa jadi itu adalah indikasi dari munculnya penyakit lain dan membutuhkan bantuan extra dari tenaga medis.

 


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda