5 Makanan Khas yang sering muncul saat Lebaran


Menjelang bulan puasa, umat Islam tentu tidak ingin ketinggalan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan penuh rahmat yang diakhiri dengan perayaan kemenangan selepas melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puncak perayaan di tanggal satu syawal ini diperingati masyarakat Indonesia dengan saling bersilaturahmi ke rumah orang tua dan kerabat di kampung halaman.

Selain tradisi mudik lebaran yang selalu menjadi agenda rutin tahunan masyarakat Indonesia saat berhari raya, tentu kita tidak lupa dengan aneka makanan yang sering muncul di hari lebaran, mulai dari ketupat hingga aneka kue lebaran. Nah apa saja sih makanan istimewa yang seringkali hanya muncul satu tahun sekali disaat perayaan lebaran? Yuk kita simak aneka makanan dan kue lebaran berikut ini.

Ketupat

Ketupat kartu ucapan lebaran wallpaper

Bisa dibilang menu ini adalah menu utama untuk perayaan lebaran di tanah air. Lontong tradisional yang menggunakan anyaman daun kelapa sebagai pembungkusnya merupakan makanan yang tidak boleh ketinggalan dalam perayaan lebaran. Umumnya ketupat dinikmati bersama opor ayam dan disajikan untuk keluarga yang datang bersilaturahmi.

BACA JUGA:   Idiot goes down; Multiply tutup layanan

Opor Ayam

resep opor ayam lebaran

Menu pendamping utama ketupat yang hampir selalu ada di setiap event lebaran, selain menu opor ayam, kita bisa juga mendapati menu rendang dan sambal kentang yang disajikan sebagai pelengkap menu lebaran. Menu untuk hari pertama lebaran, biasanya masih merupakan menu yang fresh from the kitchen, sementara untuk hari kedua, ketiga dan seterusnya biasanya orang jawa mengandalkan menu ‘nget-ngetan’.

Kue kering

kue kastengel lebaran murah

Jika ketupat dan opor ayam disajikan di meja makan yang terpisah dari ruang tamu utama, maka untuk menyambut kerabat, tetangga yang bersilaturahmi, pihak tuan rumah akan menyajikan aneka kue lebaran. Kue kering merupakan favorit untuk disajikan di meja tuan rumah di hari yang fitri. Beberapa macam kue kering yang banyak disajikan antara lain; Kastengel, Nastar, Kue Semprit, Putri Salju, Lidah Kucing, Pastel dan Kue Satu.

Kacang Bawang

kacang bawang lebaran

Makanan tradisional satu ini merupakan makanan yang banyak muncul di daerah pedesaan. Kacang yang digoreng bersama dengan garam dan bumbu bawang putih ini, memiliki aroma khas tersendiri di hati para pecinta kacang goreng. Makanan ini cukup laris manis di kalangan kerabat.

BACA JUGA:   Uniknya sawah di Jepang

Biskuit kaleng


aneka biskuit lebaran

Di Indonesia ada satu biskuit kaleng yang sudah melegenda dan sering muncul di setiap hari lebaran. Di era 90an, biskuit yang berisi aneka macam kue ini biasanya menjadi incaran anak-anak kecil yang datang bersilaturahmi ke rumah sanak saudara, akan tetapi tidak jarang juga yang sering kecewa setelah membuka tutup kalengnya, karena isinya sudah berganti dengan rengginang atau makanan tradisional lainnya.

Selain berbagai makanan di atas, tentu tidak lupa juga dengan berbagai minuman, untuk orang tua, minuman defaultnya adalah teh tarik, untuk kerabat dan tetangga biasanya memakai sirup, sedangkan anak-anak bebas memilih minuman gelas plastik aneka rasa.


DMCA.com Protection Status

makanan kaleng buat lebaran (2), makanan kaleng bwt lebaran (1), makanan kaleng edisi lebaran (1), Makanan kaleng khas lebaran (1), makanan kaleng lebaran (1), makanan khas untuk lebaran di pedesaan (1), makanan yang muncul hanya lebaran (1), makanan yg jarang di sajikan saat lebaran (1), menu disaat lebaran (1), nama kue kalengan (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda