6 Software Downloader Mikrokontroler AVR


Bagi para penggiat yang sedang belajar Mikrokontroler dan robotika, tentunya akan selalu bersentuhan dengan sebuah aplikasi yang bernama downloader. Fungsinya downloader adalah untuk memasukan program aplikasi yang kita buat di komputer ke dalam mikrokontroler. Software downloader ini berfungsi untuk menulis keping mikrokontroler dengan program yang sudah kita buat sebelumnya menggunakan teknik electrical maupun flash programming.

Ada berbagai macam aplikasi downloader yang dapat kita gunakan sesuai dengan jenis mikrokontrolernya. Ada yang khusus AVR atmega, keluarga MCS 51 atau PIC. Selain itu untuk beberapa aplikasi compiler juga telah dibekali kemampuan untuk menulis chip mikrokontroler secara langsung lewat aplikasi compiler tersebut.

software downloader mikrokontroler

Untuk keluarga mikrokontroler AVR, ada beberapa software yang bisa digunakan sebagai referensi downloader, yang harus diperhatikan silahkan cek manual dari tiap aplikasi yang digunakan, terutama kebutuhan hardwarenya.

  1. AVR-Dude – salah satu programmer berbasis CLI yang paling banyak dipakai para programmer AVR, sejak AVR Dude versi 5.2 sudah mendukung kemampuan download via USB. Saat ini juga telah dikembangkan versi GUI yang bisa didownload disini.
  2. Ponyprog – Downloader ini masih menggunakan interface serial untuk melakukan downloading program ke dalam keping mikro. Membuatnya mulai ditinggalkan seiring meningkatnya peran USB sebagai pengganti interface serial
  3. Khazama – Khazama menggunakan USB ASP dan AVR Dude untuk melakukan proses downloader mikrokontrolernya. Interface Khazama cukup simpel dan mudah digunakan. Download Khazama disini
  4. Extreme Burner – Extreme Burner dibuat untuk menggantikan peran AVR Dude, dan merupakan aplikasi downloader ATMega yang tidak menggunakan core avr dude untuk melakukan penulisan chip.
  5. Sinaprog – Seperti halnya Khazama, SinaProg juga didevelop berdasarkan AVR Dude. Anda bisa mendownloadnya disini
  6. ATmel Studio – Software simulator resmi milik atmel yang dulunya bernama AVR studio, bisa menggunakan beberapa pilihan bahasa pemrograman, dibekali kemampuan untuk melakukan download langsung ke dalam chip mikrokontrolernya
BACA JUGA:   Instalasi Sismin ATmega berbasis STK500v2

Demikian beberapa software yang dapat digunakan untuk melakukan downloading program mikrokontroler AVR


DMCA.com Protection Status

software mikrokontroler (10), aplikasi avr (6), aplikasi mikrokontroler avr (6), software mikrokontroler avr (5), software untuk mikrokontroller (2), aplikasi program avr (2), software mikro kontroler (2), macam aplikasi sejenis khazama (2), pengertian downloader mikrokontroler (1), Ponyprog terbaik (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda