6 Software Service Komputer yang Perlu Kamu Tahu


Bagi orang yang tidak terbiasa dengan hal teknis komputer, melakukan service komputer sendiri dapat menjadi sebuah drama yang menyebalkan, pada akhirnya kebanyakan orang awam akan menyerah dan memilih menyerahkannya pada tukang service komputer panggilan atau teman yang terbiasa mereparasi komputer.

Sementara untuk para teknisi komputer ada baiknya memiliki perlengkapan semacam ini untuk melakukan tugasnya memaintenance komputer klien.

Software service komputer untuk mengatasi masalah komputer

1 Operating System

Software operating system merupakan senjata andalan untuk menyelesaikan permasalahan software komputer yang sudah tidak lagi bisa ditangani. Para teknisi komputer umumnya memiliki CD sistem operasi Windows atau menyimpannya dalam bootable flashdisk untuk menginstall ulang windows 7 milik kliennya.

cd windows

2 Driver Pack Solution

DriverPack merupakan sebuah software kumpulan driver yang dapat mengenali berbagai jenis driver komputer / laptop. Mulai dari driver VGA, kartu jaringan, soundcard, bluetooth dan lain-lain ada dalam sebuah software terintegrasi. Sangat disarankan para teknisi komputer untuk memiliki master driverpack.

driver pack

3 Hiren Boot CD

Terkadang masalah PC memerlukan bantuan sebuah bootable CD/ rescue CD, misalnya untuk melakukan reparasi hardisk, mengembalikan data yang hilang, atau untuk melakukan penyelamatan data dari OS portable. Hiren Boot CD memiliki cukup banyak tools diagnosa dan recovery yang powerfull untuk berbagai masalah PC.

BACA JUGA:   SUHD TV Membuat Hidup Lebih Praktis

hiren boot

4 Passmark Keyboard Tester


Passmark Keyboard Tester digunakan untuk mengecek fungsi tombol keyboard pada PC/ notebook. Dengan Passmark, teknisi bisa melihat tombol mana saja yang tidak berfungsi dengan baik dan bisa menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

passmark keyboard

5 Anti Virus

Antivirus merupakan pintu pertama yang harus dimiliki sebuah perangkat cerdas dalam menghalau serangan virus, dengan adanya antivirus, pekerjaan teknisi komputer akan lebih mudah dalam melakukan service karena tidak perlu mencari virus yang sedang aktif di dalam sebuah PC/laptop.

antivirus

6 Master standar program dan utilities

Setelah melakukan instalasi ulang, maka kita masih harus memasang berbagai software yang diperlukan pengguna untuk kembali bekerja. Master program adalah jawaban tepat untuk masalah ini. Program seperti Ms Office, PDF reader, zip, multimedia dan browser merupakan contoh program standar yang hampir selalu digunakan oleh para pengguna komputer.

Utilities program digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan komputer secara native di dalam OS, misalnya melakukan identifikasi, tweak, pembersihan registry, defragmenting hardisk atau melakukan cleanup data temporer. Beberapa contoh program utilities adalah TuneUp Utilities, CCleaner dan ProcessExplorer

BACA JUGA:   SEKILAS TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

office software

Itulah 6 software service komputer yang perlu dimiliki para teknisi




DMCA.com Protection Status

master standar teknisi kom (1), software service komputer (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *