7 cara mudah SEO meningkatkan jumlah pengunjung blog


Membuat blog tujuan utamanya adalah agar dibaca oleh pengunjung. Untuk mendapatkan pembaca maka banyak cara yang dilakukan oleh blogger. Salah satunya adalah melakukan SEO atau search engine optimization. Teknik SEO adalah pendekatan yang dilakukan agar artikel kita lebih mudah dibaca oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Nah apa saja teknik SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung?

Berikut 7 cara mudah SEO meningkatkan jumlah pengunjung blog versi anotherorion.com

1. Daftarkan blog ke Google Webmaster dan Bing Webmaster

Google dan Bing memberikan kemudahan bagi para blogger untuk membuat blog mereka lebih mudah di-index oleh mesin pencari. Yaitu Google Webmaster dan Bing Webmaster. Daftarkan URL homepage anda di kedua webmaster tersebut.

2. Gunakan Sitemap

Menggunakan sitemap memudahkan pengunjung dan mesin pencari mencari artikel di situs anda. Sitemap ini nantinya juga kita daftarkan di kedua webmaster tersebut untuk memastikan tidak ada artikel di blog kita yang luput dari peng-index-an mesin pencari.

3. Cross posting dan Share button Social Media

Social media adalah salah satu sumber pengunjung yang potensial. Jika anda memiliki akun social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll pastikan setiap update artikel anda bisa terkirim ke halaman socmed anda. Anda perlu menghubungkan akun blog anda (wordpress/ blogspot) dengan applikasi/plugin yang bisa melakukan update otomatis ke akun sosial anda. Anda bisa menggunakan Networkedblogs maupun Bloglovin untuk mengkoneksikan blog anda dengan akun socmed anda.

BACA JUGA:   Enam Tips SEO untuk pemula

Anda juga bisa menambahkan tombol sharing ke social media agar pengunjung anda bisa berbagi artikel anda dengan teman2nya.

4. Follow dan gabung dengan grup blogger di social media

Twitter, Facebook dan Google+ menggunakan bantuan hashtag # untuk memberikan kemudahan pengguna mencari info terkait. Setelah anda update blog, gunakan akun social media anda untuk membuat status dengan memention akun2 grup blogger dengan hashtag tertentu misal #updateblog #blogwalking dan #happyblogging

Dengan bergabung di grup social media dan aktif disana anda bisa mendapatkan banyak hal dari rekan2 baru anda di grup tersebut. Ilmu, tips trik dan juga pengunjung.

5. Blogwalking

Mengunjungi blog orang lain, aktif memberikan komentar akan membuat orang tersebut merasa welcome dengan anda dan tidak sabar untuk ganti berkunjung ke blog anda. Semakin intens blogwalking maka brand anda dan blog anda juga akan semakin terdengar di dunia maya.

6. Ikuti Lomba blog dan Giveaway

Mengikuti lomba blog/giveaway yang diagendakan blogger lain akan memberikan kredit bagi jumlah pengunjung anda. Tapi saya malu, tulisan saya jelek? percayalah semua blogger membangun kualitas tulisan mereka berawal dari tulisan-tulisan biasa dan remeh-temeh. Mengikuti lomba tersebut selain akan mengasah kemampuan menulis kita juga menambah jumlah backlink yang berkualitas.

BACA JUGA:   Workshop SEO dan Monetizing Blog

Ingat, dalam lomba blog, akan berkumpul puluhan blogger yang punya ide sama dengan anda terkait tema yang dilombakan, artinya anda bisa menemukan orang2 yang punya hobi, kebiasaan dan karakter tidak jauh beda dengan anda. Peluang menambah pengunjung setia bukan?

7. Kirim artikel ke Viva log, infogue atau lintas me

Tiga website di atas adalah website yang berisi kumpulan artikel yang disubmit oleh para blogger. Dengan nama besar masing2 situs tersebut, jumlah pengunjung anda bisa langsung melonjak jika artikel anda bisa ditayangkan disana. Untuk viva log sebelumnya harus menunggu persetujuan dari pihak viva sebelum artikel anda tampil. Sedangkan infogue dan lintas.me bisa langsung tampil.

Hanya saja berita buruknya Infogue dan lintas.me sedang diblacklist oleh Internet positif karena dicurigai mengandung malware. Anda bisa menggunakan Viva log untuk mem-booster jumlah pengunjung anda

Jika anda belum pernah melakukan SEO sebelumnya atau menerapkan 7 teknik di atas, mungkin tulisan anda memang belum bisa masuk ke halaman satu di hasil pencarian Google, tetapi jumlah pengunjung anda dipastikan akan naik.

Untuk memperoleh peringkat pertama dalam pencarian di search engine, anda harus belajar melakukan riset keyword dan meningkatkan kualitas tulisan anda. Cuma dua itu saran utama saya.

Terima kasih telah membaca postingan ini, jika bermanfaat bisa anda share dengan teman2 anda yang lain 🙂



DMCA.com Protection Status

cara inds artikel webmaster (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

10 tanggapan pada “7 cara mudah SEO meningkatkan jumlah pengunjung blog

  • Belalang Cerewet

    (Mei 3, 2015 - 7:48 pm)

    Siap laksanakan! Terima kasih, Mas.

  • primastuti satrianto

    (Februari 26, 2015 - 2:46 pm)

    wah manfaat mas ilmunyaaa…. makasih…. tinggal siap mencoba dan ublek2 lagi bahasa2 aneh yang masih baru di telinga,, hihihihi..

  • Welly P. Hardjono

    (Februari 24, 2015 - 8:05 am)

    lintas.me bisa nih aku buka di kantor secara kantor pake telkom buat inetnya

    • anotherorion

      (Februari 24, 2015 - 9:51 pm)

      kok nggonaku diblock yo mas, sesama telkom padahal :3

  • Gusti Indah Primadona

    (Februari 24, 2015 - 1:47 pm)

    harus dicoba nih…makasih sharingnya ^_^

  • Ihwan

    (Februari 24, 2015 - 12:32 pm)

    Aku baru tahu kalau lintas.me diblacklist, emang bahayanya malware itu apa Yo?

    • anotherorion

      (Februari 24, 2015 - 9:50 pm)

      dicurigai mencuri data2 pribadi kita sih wan, kuwi miturut internet positif sih

Berikan tanggapan anda