7 Destinasi wisata Solo yang perlu kamu kunjungi


Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di negeri ini, selain Bali dan Jogja. Kota yang pernah dipimpin Jokowi ini memiliki banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi, selain event tahunan yang melegenda; Solo Batik Carnival. Tidak hanya di kota Solo saja, tetapi destinasi wisata di seputar Solo juga dapat dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata rekan blog yang ingin berkunjung ke sana.


  1. Kraton Kasunanan Surakarta

Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu dari empat kerajaan yang terbentuk pasca pemecahan Mataram akibat perjanjian Linggarjati. Kraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II setelah terjadinya tragedi Pecinan di tahun 1743. Di Kraton ini, para wisatawan bisa melihat berbagai peninggalan bersejarah baik sejak era Mataram maupun era empat kerajaan.

2. Taman Balekambang

Taman yang berada di Jl. Ahmad Yani ini memiliki luas area 10 hektar, taman ini kerap dikunjungi warga Solo di akhir pekan untuk bersantai bersama dengan keluarga. Taman Balekambang dibagi menjadi dua yakni Taman Air Partini untuk wisata air dan Hutan Partinah yang memiliki koleksi tanaman langka. Sejak tahun 2008, Taman ini dijadikan sebagai tempat wisata edukasi dan rekreasi.

BACA JUGA:   TABUNGAN ONLINE, TEROBOSAN BARU YANG MEMANJAKAN CALON NASABAH

wisata air solo taman balekambang

3. Grojogan Sewu


 

Terletak di luar Kota Solo, tepatnya kabupaten Karanganyar, terdapat air terjun Tawangmangu atau Grojogan Sewu, taman ini kerap dikunjungi wisatawan domestik yang ingin merasakan kesegaran alam di lereng pegunungan Lawu.

4. Taman Sriwedari

Taman ini dulunya berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi para pangeran dan keluarga kerajaan Solo. Di dalam taman ini terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari, yang menampilkan wayang orang dari lakon Ramayana dan Mahabharata.

taman sriwedari

5. Museum Manusia Purba Sangiran

Di masa sekolah dulu tentu kita pernah belajar mengenai penemuan manusia purba di Sangiran, nah di Sangiran sendiri saat ini telah berdiri museum manusia purba yang menampilkan berbagai koleksi benda prasejarah yang ditemukan para peneliti di situs purbakala Sangiran. Tempat wisata ini cocok digunakan sebagai destinasi wisata edukasi sejarah.

6. Kampung Batik Kauman

Tidaklah mengherankan jika Solo Batik Carnival menjadi salah satu event internasional yang mengetengahkan tema batik sebagai tema utama paradenya, Solo sebagai salah satu kota sentra produksi batik memiliki Kampung Batik Kauman yang memiliki koleksi pakaian batik khas kota ini.

BACA JUGA:   Hamil Muda? Baca Ini Yuk Agar Kandungan Anda Senantiasa Sehat dan Kuat

7. Pandawa Water World

Destinasi wisata air yang terletak di Solo Baru ini memiliki keunikan dibanding waterboom lain di kota besar lainnya. Ada patung karakter pewayangan besar di tempat wisata ini yang menjadikannya unik dan memancing keingintahuan anak-anak terhadap tokoh-tokoh pewayangan.

Selesai menjelajah Kota Solo dan sekitarnya, badan tentu terasa capek dan butuh istirahat. Nah untuk akomodasi wisatawan selama berkunjung di Solo tidak perlu kuatir, banyak hotel di Solo Baru dan seputaran Slamet Riyadi yang bisa dijadikan tempat bermalam.


DMCA.com Protection Status

keunikan kota solo (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda