8 Menu Buka Puasa Paling Populer di Kalangan Anak Muda


Bulan ramadhan selalu menjadi bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur’an ini memang bulan yang sangat istimewa. Keindahan dan kemuliaan bulan ramadhan memang tidak bisa dipungkiri. Di dalamnya penuh keberkahan dan ampunan yang begitu didambakan oleh seluruh umat Islam di segala penjuru dunia.

Diwajibkannya umat Islam untuk berpuasa selama satu bulan penuh menjadikan ramadhan sangat erat dengan buka puasa. Benar sekali, momen puasa ramadhan benar-benar membawa banyak berkah. Tidak sedikit dari umat muslim yang memanfaatkan bulan ramadhan sebagai sarana untuk silaturahim, salah satunya adalah dengan mengundang sanak kerabat atau teman untuk buka bersama. Ehm, bicara tentang buka bersama, kita simak yuk! apa saja jenis menu buka puasa yang paling populer di kalangan anak muda dan para pemburu takjil di Indonesia.

  1. Kurma

Buah yang berasal dari Negara arab ini selalu menjadi menu buka puasa yang paling populer. Terlebih buah ini sudah ada sejak zaman Rasulullah dan beliaupun rutin mengkonsumsi buah kurma sebagai menu wajib saat berbuka puasa.

10 peluang bisnis online ramadhan

Tidak hanya rasanya yang enak, namun buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti; menyehatkan pencernaan, aman bagi penderita diabetes, meningkatkan kesehatan otak hingga menurunkan kolestrol.

2. Kolak

Menu buka puasa yang satu ini tentu bukanlah hal yang asing bagi kita. Bahkan kolak menjadi menu wajib bagi sebagian masyarakat. Proses pembuatan yang cukup mudah dan rasanya yang khas masih menjadi menu favorit yang mampu menggoyang lidah.

menu buka puasa rumahan kolak pisang

Kolak ini ada beberapa macam, yakni kolak buah pisang, kolang kaling, dan biji salak dan labu. Sehingga anda dapat membuat varian yang ada secara bergantian.

BACA JUGA:   Enggak Bisa

3. Es buah


Saat berbuka adalah saat yang paling ditunggu setelah seharian berpuasa. Dan menu yang tidak boleh terlewat adalah minuman yang dicampur es, es buah misalnya. Hmm,,,,, bisa dibayangkan betapa segarnya ketika tenggorokan yang seharian kering dibasahi oleh es buah. Kesegaran yang sempurna dihasilkan oleh es dan buah yang dicampur jadi satu.

resep menu buka puasa es buah favorit

Terlebih dalam es buah tersebut berisi bermacam-macam buah yang mana bisa menjadi pengganti nutrisi setelah seharian berpuasa.

4. Es Cendol

Sebagai orang Indonesia, tentu anda sudah akrab dengan menu buka puasa paling populer ini. Yup, es cendol. Rasa segar dari es serta rasa kenyal dari cendol ini tentu menjadi menu yang sangat nikmat untuk memanjakan lidah dan tenggorokan anda.

resep cara membuat es cendol

5. Kue Tradisional

Kue tradisional masih menjadi salah satu menu pembuka yang populer. Tersedianya banyak jenis pilihan kue bisa menambah kenikmatan dalam berbuka puasa. Terlebih jika anda sudah jarang menikmatinya di hari-hari biasa, sehingga sangat tepat apabila anda bisa menikmati kue-kue tradisional ini sembari bernostalgia dengan rasanya yang khas.

aneka jajanan pasar kue tradisional indonesia
Kue-kue tradisional tersebut di antaranya adalah apem, onde-onde, cenil, putu ayu dan lain-lain.

6. Bubur Lemu

Menu buka puasa paling populer berikutnya adalah bubur lemu. Namanya yang unik mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun ketika melihat bubur lemu tidak jarang akan ada yang bilang “Wah, ternyata ini yang disebut bubur lemu…”. Karena ada masyarakat pada daerah tertentu menyebutnya dengan “bubur sumsum”.

cara membuat bubur sumsum berbuka puasa

Kembali lagi pada bubur lemu, menu buka puasa yang terbuat dari tepung beras, yang dilengkapi dengan saus atau kuah yang terbuat dari gula merah dan santan ini memang memiliki rasa yang lezat. Teksturnya yang lembut bisa dengan mudah melumer pada lidah anda.

BACA JUGA:   Politik Devide Et Impera ala Multiply Indonesia jilid II

7. Teh Manis

Minuman ini masih menjadi primadona bagi umat muslim saat berbuka puasa. Rasanya yang manis serta pembuatannya yang sangat mudah masih menjadi menu andalan bagi sebagian masyarakat. Terlebih minuman ini akan tetap terasa nikmat jika diminum dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es batu di dalamnya.

es teh manis menu buka puasa

Ari Fahrial Syam, seorang ahli penyakit dalam RSCM mengungkapkan jika mengkonsumsi satu gelas teh manis dan 3 butir kurma dapat mengisi perut yang kosong selama 6 sampai 8 jam. Menu ini sangat tepat dikonsumsi bagi yang tengah berbuka puasa.

8. Pisang Ijo / Palu Butung

Menu khas dari daerah Makassar ini sudah menjadi salah satu menu wajib nasional saat berbuka puasa, terutama untuk mahasiswa-mahasiswa yang masih berada di kota tempat menimba ilmu. Pisang ijo yang dibungkus dalam adonan tepung berwarna hijau ini terasa sangat segar membasuh tenggorok saat adzan maghrib dikumandangkan.

menu takjil es pisang ijo palu butung makassar asli

Demikian tadi beberapa jenis menu buka puasa paling populer di Indonesia. Tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Selain itu bahan pembuatnya juga sangat mudah untuk ditemukan, sehingga anda bisa membuatnya sendiri untuk kemudian dinikmati bersama keluarga maupun kerabat.




DMCA.com Protection Status

menu buka populer di bulan juni 2016 (1), menu buka puasa populer (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *