Aikido


Dulu pada saat jadi mahasiswa aku pernah ikut dalam perguruan aikido. Aikido adalah nama beladiri jepang yang diperkenalkan oleh Morihei Ueshiba. Di Indonesia sendiri cukup banyak aliran aikido yang bertebaran di berbagai kota besar di tanah air.

Berbeda dengan beladiri pada umumnya. Aikido tidak termasuk dalam jenis bela diri yang bisa dipertandingkan. Meskipun memiliki kemiripan dengan kempo dan judo tetapi aikido tidak pernah diikutkan dalam kontes yang melibatkan pertarungan.

Dalam aikido faktor yang berperan adalah penguncian pergelangan tangan dan pengalihan arus serangan lawan. Aikido tidak bisa digunakan untuk menyerang lawan secara langsung melainkan bentuk pertahanan. Karena itu aikido termasuk dalam defensive martial arts.

Meskipun tipenya adalah bertahan, bukan berarti aikido akan menimbulkan cedera yang ringan2 saja. Karena tujuan utamanya adalah mengunci jalur syaraf yang ada di pergelangan tangan bisa dibayangkan jika dipertandingkan dan melibatkan emosi maka bisa fatal akibatnya

Kalau penasaran seperti apa sih aikido, coba tontonlah aksi Steven Seagal dalam film2 laganya, itulah contoh gambaran aikido. Steven sendiri sudah lama menyandang sabuk hitam di aikido.

BACA JUGA:   Kenali Penyebab Penyakit Disentri

Selain berlatih dengan tangan kosong, aikidoka juga berlatih menggunakan senjata seperti bokken (pedang kayu) dan juga jo (tongkat). Memang tingkat ilmu pedangnya tidak sehebat kalo belajar iaijutsu atau kendo.

Dalam belajar aikido, murid tidak hanya belajar bertahan tapi juga bergantian menjadi penyerang, disini karena aikido lebih dominan mengunci lawan dan membanting daripada memukul/menendang maka dalam aikido posisi jatuh pun juga dipelajari untuk meminimalisir cedera.




DMCA.com Protection Status

karena steven SEAGAL aku jadi mau berlatih aikido (5), aikido tidak dipertandingkan (2)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di me my self and I dan tag , . Tandai permalink.

Satu Respon untuk Aikido

  1. Belalang Cerewet berkata:

    Aksi Steven Seagal selalu memukau, gerakkannya santai, tapi terukur dan teliti–juga melumpuhkan lawan. Terutama rambutnya yang ga berubah waktu berantem. Aikido memang joss!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *