Alice: Game Maker untuk pengenalan Algoritma


Anak-anak IT pasti kenal dengan pepatah “Hello World”

Seolah ini adalah kepercayaan turun temurun yang harus selalu dilestarikan seperti halnya bahwa gambar pemandangan haruslah berisi gambar gunung kembar dengan persawahan dan seekor matahari yang nyempil di tengah2nya.

Dalam dunia IT, untuk memperkenalkan sebuah bahasa pemrograman. Entah bahasa apapun itu, sering kali menggunakan program sederhana untuk menampilkan kalimat itu. Terkesan cupu, tapi memang begitulah adanya, dulu belajar Pascal, ya pertama bikin hello world, java, sama aja, HTML apalagi, bikin C, VB dll, eh gak beda pula. Emang siapa sih world itu? sampe semua programmer di seluruh dunia pasti harus menyapanya duluan?


Hello Alice…

Alice adalah nama sebuah software game/animation maker, tapi pada dasarnya tujuan pembuatan Alice bukanlah itu. Alice dibuat sebagai jembatan untuk mengajarkan logika pemrograman pada anak2 atau orang yang belum pernah belajar bahasa pemrograman. Mengapa menggunakan game atau animasi lucu? tentu saja agar membuat si anak merasa senang dan tanpa sadar mulai mempelajari bagaimana seorang programmer membuat program.

BACA JUGA:   Mengatasi Failed to Connect a Windows Service

Dalam Alice, pengguna diajak untuk membuat simulasi game yang pada prosesnya meminta si pengguna untuk mulai memahami flowchart dan algoritma pemrogramman, oleh karena itu, bahasa yang digunakan di Alice pun tergolong natural language, jauh lebih mudah dari memahami syntax java atau C misalnya, karena ya sekali lagi fungsi Alice adalah sebagai jembatan untuk memperkenalkan algoritma pemrograman dengan cara yang menyenangkan.


Pengguna cukup melakukan drag n drop pada beberapa karakter, benda, atau background kemudian memberikan perlakuan khusus pada setiap objek tersebut. Sebenarnya beberapa objek tersebut mengingatkanku pada permainan The Sims yang melegenda itu karena mungkinĀ Alice mengambil beberapa obyek milik The Sims dalam softwarenya.

Hari Senin (23/3/2015) kemaren aku mulai berkenalan dengan si cantik Alice ini dalam rangka pelatihan Java Fundamental yang diselenggarakan Oracle Academy Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DIY.

Dari pertemuan sehari penuh itu, aku menyadari memang ternyata Alice ini cocok jika diterapkan di kurikulum SMK sebagai software untuk mengajar mata kuliah pemrograman dasar. Agar anak2 SMK yang baru akan belajarĀ bahasa pemrograman bisa mendapatkan rasa “fun” saat mempelajarinya.


DMCA.com Protection Status

belajar fungsi alice (1), cara membuat game dengan alice (1), flowchart membuat game di alice 3 (1), membuat syntax alice (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan pada “Alice: Game Maker untuk pengenalan Algoritma

  • Emakmbolang

    (Maret 25, 2015 - 9:28 pm)

    Hahahahaha jadi inget waktu kuliah dulu. Dan….. selalu Hello World.
    Aku dulu Masih pascal, Clipper, Delphi, VB, HTML….. semester terakhir bikin Game pakai Delphi 5, Pernah dua hari nggak tidur “metani” ribuan barisan program. Dan Zaman segitu temanku cowok Semua.

Berikan tanggapan anda