An Evening @ D’Gejrot Kemek


Menindaklanjuti rapat terbatas perihal kedatangan Ihwan ke Jogja dalam rangka mau nraktir kita di salah satu rumah makan, akhirnya tercapai dan kenyanglah sudah. Rumah makan yang dituju ini bernama D’Gejrot Kemek. Kombinasi nama yang asing buat telinga orang Jogja, klo digejrot mungkin masih bisa mengasosiasikan dengan tahu gejrot khas Cirebon, sementara kata Kemek sendiri berasal dari bahasa slang Betawi yang artinya Makan, jadi arti dari nama rumah makan ini adalah Makan makanan gejrotan 😀

Outlet rumah makan ini disebut KEM yang juga merupakan bahasa Betawi artinya tempat makan, ada dua outlet yang dimiliki D’gejrot Kemek, yaitu KEM 1 di Tawangsari, Jakal Km 5 dan KEM 3 di Jalan Manggis CT VIII Blok C Klebengan, eh sebentar, KEM 2 nya dimana? ternyata KEM 2 yang berada di daerah Mbarek saat ini sudah tidak lagi beroperasi.

Aku sama Ihwan datang duluan pake motor ke KEM 3, rutenya dari GOR Klebengan masuk ke utara, ikuti jalan sampai mentok pertigaan lalu ambil kanan, sementara mbak Ima dan mbak Rian nyusul gak lama abis itu. Dua menu andalan di tempat ini adalah Ayam Gejrot dan Mie Gejrot. Tapi karena kami penasaran dengan menu-menu Indonesiawi yang ada, kami pesen makanan yang berbeda-beda, aku pesen Telur Tempe Gejrot, Ihwan Mie Gejrot, mbak Ima Ayam Sausjrot dan mbak Rian pesen yang Ayam Gejrot. Untuk level kepedasan, berasa kayak mau ngukur kaos, karena disini menggunakan sebutan S (small, 1-2 cabe), M (medium 3-5 cabe), L (large 6-10 cabe) dan XL (extra large mulai dari 11 cabe). Aku pilih ukuran S, sementara yang lain milih yang F (free gak pake cabe 😀 ) Eh aslinya ga ada ukuran F, tapi bisa nulis sendiri dinotanya.

BACA JUGA:   Love was truly blind

kuliner jogja harga mahasiswa dgejrot kemek

Dari segi tampilan, penampilan makanan ini cukup sederhana, hanya ada bendera D’Gejrot Kemek dan sepotong nanas yang menemani dua potong mentimun di setiap piring kami. Tapi soal rasanya nanti dulu.

Image yang langsung muncul saat menyuapkan nasinya adalah gurih, of course, karena di D’gejrot Kemek menggunakan sejenis nasi uduk yang dinamai Nasi Kudu. Nasi Kudu ini punya citarasa gurih tetapi masih dibawah level kegurihan nasi uduk, jadi semacam perkalian silang antara nasi biasa sama nasi uduk, tapi tetep aja rasanya enak gak ngalor ngidul kok, tetap punya taste yang stabil di lidah.

Sementara yang spesial adalah bumbu Gejrotannya, yang disebut marinet. Disebut Marinet karena menggunakan teknik marinasi dalam pembuatannya, dan marinet ini terdiri dari ramuan 25 jenis bumbu dapur yang menciptakan citarasa unik dengan karakter rempah yang kuat.

Sebenarnya hanya dengan memesan level kepedasan S atau Free, ramuan marinetnya sudah cukup untuk menghangatkan badan, jadi cocok banget buat suasana dingin / malam.

Sambil makan kita saling towel piring temen kita, pengen sama-sama nyobain rasa dari tiap menu yang kita pesan. Dan klo yang paling nyantol di hatiku ada dua yaitu menuku sendiri, Telur Tempe Gejrot dan punya Mbak Ima, ayam sausjrot.

BACA JUGA:   Ekspansi bisnis non ritel ala toko komputer di Jogja

kuliner unik jogja ayam gejrot

Habis makan, kita sempat ditemui sama mas Agus Hadi Prayitno selaku owner dari D’Gejrot Kemek, yang kemudian banyak bercerita mengenai rumah makannya, yang aku salut, ternyata mas Agus selain berusaha menyuguhkan menu istimewa dengan harga terjangkau, *iya ini bukan promo, suer buat makanan seunik dan seenak ini terjangkau banget buat mahasiswa* ternyata mas Agus juga concern membangun budaya kerja untuk karyawannya. Misalnya dengan mengharuskan karyawannya menjalankan bukan hanya solat lima waktu lho, tetapi juga sholat Dhuha, sedekah dan baca Qur’an setiap harinya.

Maturnuwun buat Ihwan yang udah ngajakin ke tempat spesial ini. Sepertinya kapan-kapan tetep harus melipir lagi kesana nuntasin penasaran sama menu lainnya.

D’Gejrot Kemek

Jl. Manggis CT VIII RT 07 RW 02 Blok C, Klebengan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Twitter : @DGejrot
Instagram : @DGejrot
Fanpage : D’Gejrot Kemek
Path : D’Gejrot Kemek
Website : www.dgejrot.com
E-mail : d.gejrot@yahoo.com
Telp. / sms 0857 6933 9898 (Delivery Services)


Opening Hours
10:00 – 21:00 WIB



DMCA.com Protection Status

profil dbgejrot kemek pdf (1), profil dgejrot kemek pdf (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

6 tanggapan pada “An Evening @ D’Gejrot Kemek

  • Nathalia DP

    (Oktober 4, 2015 - 5:23 pm)

    wow… 25 bumbu rempah… penasaran pingin nyoba…

  • ima

    (Oktober 4, 2015 - 6:44 am)

    Iyaaaa enaakk ayam sausjrotnya mas priyooo! Widiiwww liputannya keceee!

    • anotherorion

      (Oktober 4, 2015 - 7:57 am)

      Ah ntar klo tmn2 dh bikin pasti lebih ok kok mbak

  • Dee An

    (Oktober 3, 2015 - 9:16 am)

    Penasaran aku… nama menunya unik-unik..
    Seru banget kalian akhirnya kopdaran di Jogja.

    • anotherorion

      (Oktober 4, 2015 - 7:58 am)

      Iya mbak nama menunya gejrot2an :v

      Mampir mbak, kopdar 😀

Berikan tanggapan anda