Apa Itu Trust Flow dan Citation Flow


Berhentinya Google mengupdate algoritma Pagerank beberapa tahun ke belakang membuat penentuan prestise sebuah website kini tidak lagi di tangan salah satu vendor saja. Beberapa perusahaan SEO memfokuskan diri untuk membuat algoritma penilaian terhadap kualitas sebuah website.

Moz merupakan salah satunya dengan menggunakan algoritma Domain Authority dan Page Authority saat ini menjadi rujukan utama penilaian kualitas domain di Indonesia. Standar DA dan PA saat ini banyak dipercaya ribuan perusahaan pengiklan dan puluhan ribu blogger di Indonesia. Akan tetapi, selain perangkat penilaian milik Moz tersebut, masih ada beberapa pemeringkatan yang dibuat website lain, yaitu milik Ahrefs dan Majestic.

Apa itu Trust Flow dan Citation Flow?

Kita akan skip ahrefs, dan langsung membahas Majestic, Majestic SEO memiliki dua unsur utama penilaian sebuah website yaitu menggunakan Trust Flow (TF) dan Citation Flow (CF). Trust Flow adalah kadar kepercayaan sebuah website dilihat dari kualitas backlink yang menuju website tersebut. Sedangkan Citation Flow adalah banyaknya link yang masuk ke sebuah website tanpa memperdulikan kualitas backlinknya.

cara meningkatkan trust flow dan citation flow

Dari hasil pengukuran site explorer milik Majestic memungkinkan sebuah blog yang sering melakukan backlink memiliki nilai CF yang sangat besar, tetapi hanya memiliki nilai TF sebanyak hitungan jari. Lho kok bisa demikian?

BACA JUGA:   Tips menggunakan Webmaster Google untuk SEO

Betul, karena Trust Flow melihat tingkat kepercayaan link yang menuju website kita tersebut asalnya dari website berkualitas yang memiliki reputasi baik atau tidak. Sedangkan indikator website yang bereputasi baik seperti apa sendiri belum jelas sampai saat ini.

Meskipun demikian, dari hasil pengamatan para blogger sendiri, ada sebuah unsur penting yang mampu mendongkrak nilai Trust Flow, yaitu kuantitas dan kualitas backlink yang berasal dari website berakhiran .gov dan .edu.


Sebagaimana kita tahu, website dengan akhiran .gov merupakan website resmi pemerintah amerika, sedangkan .edu digunakan untuk website yang menyelenggarakan layanan pendidikan seperti kampus. Berbeda dengan Indonesia yang untuk pemerintah menggunakan domain .go.id dan kampus dengan ac.id, sekolah dengan sch.id yang menggunakan TLD negara .id sebagai identitas asal instansinya.

Oleh karena itu banyak blogger yang menyarankan rekan blog lainnya dalam artikel-artikel mereka untuk memperbanyak jumlah backlink dari situs situs .gov dan .edu. Meskipun jika aku lihat sendiri, kebanyakan komentar dari blogger Indonesia di situs-situs tersebut lebih mirip sebagai spamming comments yang hanya tinggal menunggu disemprit oleh Google karena indikasi sengaja mencari backlink.

cara meningkatkan TF CF

Lalu bagaimana cara mencari situs .gov dan .edu yang bisa kita sisipi komentar?

Gunakan keyword ini untuk melakukan pencarian di Google

Site: .edu “get your free guestbook service”

Site: .gov “get your free guestbook service”

Setelah muncul daftar situs yang menyediakan fasilitas komentar gratis, anda bisa langsung mengarahkan mouse anda menuju link situs tersebut dan mencari tombol POST untuk mulai memberikan komentar. Jangan lupa, gunakan anchor text yang baik agar backlink anda relevan.

trust flow adalah (2), tf dan cf di seo (2), Pengertian trust flow (2), pengertian tf cf rd pada fomain (1), pengertian Citation Flow dan Trust Flow web (1), pengertian citation flow (1), pengertian cf dan tf (1), pengertian backlink trush flow citation flow (1), penertian trus flow (1), meningkatkan trust flow (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 thoughts on “Apa Itu Trust Flow dan Citation Flow

    Tech Khalifa

    (April 2, 2017 - 11:03 am)

    Makasih mas Infonya, Berapa lama dan berapa banyak dan backlink seperti apa yang diperlukan buat naikkin TF dan CF?
    Terima kasih infonya

      anotherorion

      (April 5, 2017 - 11:33 am)

      usahakan backlinknya berasal dari situs yang punya TF besar mbak, klo jumlahnya tidak ada ukuran pasti, lebih banyak lebih baik

    Onlinepreneur ID

    (Januari 17, 2017 - 8:27 pm)

    Makasih banyak mas, pantesan TF dan CF blog saya masih kecil sepertinya kurang backlink.. Melihat analisa di atas, maka harus meningkatkan kualitas terlebh dahulu.

    Aulia Sabril

    (Desember 23, 2015 - 8:57 am)

    keren artikel nya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *