Apa yang perlu orang tua calon mahasiswa tahu tentang Jogja


Kuliah di Jogja bagi sebagian besar anak muda merupakan kebanggaan tersendiri. Di Jogja, selain banyak kampus negeri maupun swasta unggulan, juga terdapat banyak obyek wisata, mulai dari obyek wisata bersejarah, wisata kuliner, wisata keluarga bahkan wisata minat khusus, jadi kenapa tidak kuliah sambil berwisata di Jogja?

Penduduk Jogja umumnya ramah dan terbuka dengan para pendatang dan berbagi tempat tinggal serta lingkungan dengan mereka. Satu hal lagi, biaya hidup di Jogja terhitung murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di kota lain.

tempat kost murah jogjaMeskipun demikian, orang tua calon siswa / calon mahasiswa yang ingin menyekolahkan anak-anaknya di Jogja juga perlu mengupdate berita seputar Jogja, tidak kalah penting membimbing dan menemani anak pada saat memilih kampus, dan mengantar putra kesayangan belajar di Jogja.

Biasanya, kampus-kampus di Jogja mulai membuka pendaftaran sejak bulan April bahkan sebelum Ujian Nasional. Dan banyak orang tua calon mahasiswa yang datang bersama anaknya untuk datang ke Jogja dan mencari informasi kampus yang cocok untuk anaknya.

Untuk itu, tentu orang tua membutuhkan akomodasi selama tinggal di Jogja, nah di Jogja anda bisa menginap di Guest House milik Simply Homy selama berada di Jogja. Harga sewa guest house di Simply Homy lebih murah jika dibandingkan anda harus menyewa hotel untuk keluarga anda selama beberapa saat tinggal di Jogja. Guest House Simply Homy merupakan guest house yang menerapkan prinsip syariah, tidak menyediakan minuman beralkohol dan tidak mengijinkan pasangan yang bukan muhrim untuk berduaan tanpa ikatan resmi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon khusus sebesar 10% jika menyewa Guest House di Simply Homy lewat saya atau menggunakan nama saya selaku duta Simply Homy pada saat melakukan pemesanan di Simply Homy.

BACA JUGA:   Hilangnya budaya malu siswa kita

tempat menginap rombongan

Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus orang tua ketahui sebelum memutuskan anaknya kuliah di Jogja

Jogja adalah kota multikultur

Meskipun Jogja sangat dikenal dengan budaya Jawa-nya, bukan berarti hanya adat istiadat jawa yang  ada di sini. Karena setiap tahunnya Jogja selalu menjadi tuan rumah untuk puluhan ribu mahasiswa baru dari berbagai suku dan daerah, maka banyak juga mahasiswa daerah yang tetap mempertahankan kearifan lokal daerah masing-masing.

Info kost

Jika anda tidak memiliki keluarga di Jogja, ada baiknya anda ikut mengantarkan anak anda waktu pertama kali datang ke Jogja dan terlibat dalam mencarikan info kost untuk anak anda. Sebagai kota besar dengan banyak pilihan hiburan, tentu anda tidak ingin kuliah anak anda terganggu oleh hal-hal yang bersifat mengganggu.

Setidaknya dengan mendampingi anak, anda bisa membantu memilihkan tempat kost / kontrakan Jogja yang kondusif untuk masa belajar putra putri anda di selama di Jogja. Saat ini ada beberapa website yang menyediakan informasi kost di kota Jogja yang bisa anda cari di internet, tidak lupa sesuaikan dengan budget anda untuk kost.

BACA JUGA:   Pelatihan Ms Excel di Umbul Permai

Jika anda ingin menyewa sebuah rumah, anda juga bisa menyewa guest house di Simply Homy dengan jangka waktu yang dapat disesuaikan (bulanan, semester, tahunan)

Tetap jalin komunikasi dengan putra putri anda

Selain banyak tempat wisata budaya, Jogja juga memiliki banyak tempat modern dan terbuka 24 jam sehari. Saat anak anda jauh, tentu akan sulit mengawasi pergaulan anak anda secara langsung. Bangun terus komunikasi dengan si anak, berikan mereka pemahaman bahwa kedatangan mereka ke Jogja adalah untuk belajar. Jangan sampai mereka terjatuh ke dalam hal-hal yang melanggar nilai-nilai etika apalagi sampai berurusan dengan pihak berwajib.


DMCA.com Protection Status

jogja cari orangtua (1), tentang jogja (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda