Aplikasi Penilaian Raport K13 Wali Kelas


Aplikasi raport kurikulum 2013 yang aku posting tempo hari memang cukup membantu untuk proses penulisan nilai guru untuk diserahkan kepada wali kelasnya masing2. Ada banyak pilihan yang bisa bapak/ibu guru pilih untuk digunakan sebagai aplikasi laporan pencapaian kompetensi peserta didiknya.

Pun demikian, semakin banyak pilihan, semakin sulit juga untuk menentukan mana aplikasi yang akan digunakan. Setelah dipelajari satu per satu, ternyata masih saja ada kesulitannya, entah terlalu ribet dalam membuat input nilai, tidak lengkap, konversi nilai tidak otomatis, harus membuat deskripsi manual, terlalu banyak sheet sehingga membuat mata cepat lelah berpindah2 antar sheet, atau ternyata setelah nilai dimasukkan semua, baru ketahuan bahwa aplikasi itu terbatas untuk mengolah nilai dari guru mata pelajaran untuk diserahkan pada wali kelas. Bukan untuk mencetak raport.

Yang bertugas menjadi wali kelas bisa nangis darah klo begini caranya, sudah berlama2 memahami cara kerja aplikasi, menginput data ternyata tidak sesuai harapan, malah bisa menambah tingkat stress dan kejenuhan. Memang karena setiap aplikasi dibuat oleh orang yang berbeda, dengan menggunakan panduan permendikbud tentang standar penilaian, tentu saja cara mengaplikasikannya dalam bentuk software penilaian berbeda2, ada yang menggunakan bantuan macro excell, berbasis web, maupun aplikasi desktop yang terhubung dengan database.

Membuat aplikasi tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi real di sekolah mereka sendiri, untuk sekolah lain sangat mungkin kebutuhannya berbeda, baik meliputi format penilaian, layout raport, dan berbagai macam ubo rampe yang menjadi bumbu penulisan raport kurikulum 2013 ini.

kurikulum 2013Disini saya ingin membagikan aplikasi pencetak raport K13 untuk SMK jurusan Teknik Komputer & Jaringan dengan menggunakan contoh untuk peraportan SMK TKJ kelas XI, aplikasi ini merupakan tambal sulam dari beberapa aplikasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, jadi jika ternyata aplikasi ini serupa dengan yang dibuat bapak/ibu guru mohon keikhlasan untuk saling berbagi dengan guru lain, saya tidak mengambil keuntungan disini, murni untuk membantu rekan2 lain yang kesulitan dalam melakukan penilaian K13. Karena saya yakin, untuk tahun ini, banyak sekali kesulitan yang dihadapi para guru SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah terkait banyaknya content yang harus mereka isi, memaksa mereka lembur berhari2 dan sedikit banyak mengganggu tugas rumah tangga mereka.

BACA JUGA:   Ujian Kompetensi Kejuruan

Aplikasi raport wali kelas kurtilas ini terdiri dari 6 sheet excell terdiri dari ledger Data, Nilai Sikap Sosial, Capaian, Deskripsi, Sikap & Guru. Sheet Data berisi template untuk wali kelas mengcopy kan hasil penilaian guru yang sudah mereka dapatkan. Nama mata pelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah bapak/ibu guru. Setiap mapel terdiri dari 3 kolom domain nilai (pengetahuan, keterampilan & sikap sosial) yang masing2 berisi 3 kolom angka, predikat & deskripsi. Sheet ini saya dapatkan dari rekan di sekolah, mungkin membuat sendiri/ dapat dari internet, meskipun sheetnya cukup panjang tetapi cukup simple untuk dilihat, hanya butuh ketahanan melakukan scrolling kolom kesana kemari.

Untuk kolom angka, predikat & deskripsi tidak menggunakan rumus apapun karena murni berasal dari copy values nilai yang diserahkan oleh guru (asumsinya via file excell lain/hardcopy). Sheet Sikap Sosial saya gunakan untuk membuat rentangan nilai deskripsi antar mata pelajaran pada sheet Capaian nantinya, dengan menggunakan rumus yang ada pada sheet sikap. Bapak ibu cukup menuliskan angka pada setiap kolom yang ingin diberi deskripsi, maka deskripsi sesuai input bapak ibu akan muncul. Untuk sheet ini saya mengambil dari master Raport SMK karya bapak Abdul Madjid.

BACA JUGA:   UN CBT SMK 2015

Sheet Capaian & Sheet Deskripsi adalah sheet yang digunakan wali kelas untuk melakukan proses cetak pelaporan hasil belajar siswa. Untuk melakukan proses cetak, bapak/ibu guru cukup menyorot pada kolom nama siswa, jika nama siswa diubah, maka otomatis nilai dalam kedua halaman tersebut ikut berubah, menyesuaikan nilai tiap siswa dalam sheet data. Nama mapel juga otomatis berubah mengikuti nama mapel dalam sheet data. Sementara untuk nama guru, dikarenakan ada beberapa mata pelajaran yang memiliki guru berbeda (contoh: agama) Maka saya menggunakan Sheet Guru untuk membuat dropdown menu pilihan guru yang mengampu pelajaran tersebut. Nama mapel & nama guru di sheet deskripsi mengikuti nama mapel & guru pada sheet capaian.

Untuk membuat sheet menu dropdown pada mapel yang tidak saya contohkan, bapak ibu bisa membuat list nama guru yang mengampu mapel sama dalam sheet guru. Kemudian semua nama guru dalam mapel tersebut di blok, klik kanan name this range, misal diberi nama Guru_Olahraga. Langkah selanjutnya, berpindah ke menu Capaian, pilih cell yang akan dijadikan menu drop down, lalu masuk menu data – data validation. Pada validation criteria pilih menu list, masukan sourcenya =Guru_Olahraga maka pilihan guru olahraga akan muncul sesuai input bapak/ibu wali kelas.

Sekali lagi, ini bukanlah aplikasi terbaik untuk bapak/ibu wali kelas, misalnya tidak ada ledger untuk mengakomodir penilaian antar teman, tetapi siapa tahu aplikasi ini bisa bermanfaat, setidaknya memberikan ide pada bapak ibu untuk membuat aplikasi yang lebih baik agar mengurangi beban rekan2 kita sesama guru & wali kelas.

free download aplikasi penilaian raport wali kelas SMK kurikulum 2013


DMCA.com Protection Status

K13 DESKRIPSI ANTAR MAPEL CONTOH (2), deskripsi catatan wali kelas (2), aplikasi raport kurikulum 2013 berbasis web (2), raport k13 smk tkj (1), deskripsi sikap antar mapel pada k13 (1), deskripsi antar mapel K13 (1), deskripsi antar mapel (1), deskripsi antar (1), CONTOH KOLOM RAPORT K 13 SMA (1), contoh isian catatan wali kelas raport kurikulum 2013 (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda