Artikel Testing Doang, Gak Perlu Dibaca, Apalagi Dipraktekin


Jadi ceritanya ini adalah artikel buat ngetes aja mengenai salah satu metode yang aku lakukan buat ngecoba meningkatkan nilai website di internet. Apakah ini tutorial cara menaikkan DA/PA atau tutorial cara menaikkan ranking Alexa?? Errr embuh, karena baru mau mulai nyoba, kan di atas udah kubilang kalo artikel ini cuma artikel testing doang, soal hasil wallahualam nunggu beberapa minggu lagi kali baru terasa.

So, mengingat bahwa Mozbar add ons di Google Chrome dan Firefox sudah tidak lagi bisa mengakses ranking DA/PA karena kemungkinan besar Moz sudah lelah melayani querry para penggemar gratisan yang enggak mau upgrade membership jadi non free, maka aku pun sakjane mangkel, karena mau make Open Search Explorernya Moz pun sekarang hanya bisa dibatasi 5 kali querry per hari per IP address (meski sakjane bisa saja diakali, ning yo ngakali ki yo butuh waktu e)

Sebelumnya kenapa sih dengan DA?

Sebenernya enggak ada masalah gw mau pake parameternya si Moz, bukannya ngambil Citation Flow atau Trust Flownya Ahrefs, sekali lagi ini bukan masalah prinsip ideologi paten macam flat earth vs global earth, ini sebatas karena DA lebih banyak dipakai dan dijadikan referensi oleh agensi di Indonesia, itu.

Baca Juga: Apa itu Citation Flow dan Trust Flow

Nah, bicara mengenai authority, berarti kita bicara juga masalah seberapa besar peringkat kepercayaan web kita di mata mesin pencari Moz. Inget ya Moz lho bukan Google, karena saat ini, percaya atau tidak, agensi kebanyakan sudah enggak terlalu mikirin Pageranknya Google dan lebih terpukau oleh parameter DA nya Moz.

Jika dilihat bahwa untuk mendapatkan authority, salah satu parameternya adalah mendapatkan citation atau backlink alias dijadikan referensi oleh blog lain yang juga punya authority tinggi. Sudah pernah nanam link sendiri di Wikipedia? dulu saya pernah, jaman sebelum ada ribut-ribut soal web rank macam alexa, pagerank, apalagi DA/PA. Jadi klo tanya hasilnya ngaruh apa enggak, embuh juga soalnya;

  1. blog personal yang kubacklink itu mati bersama platform blognya
  2. artikel yang gw pake di wikipedia itu, diedit juga sama lawan gw buat psy-cyberwar memperkuat pandangan masing-masing pihak
BACA JUGA:   7 Aplikasi Android yang wajib dimiliki blogger

Oke, thanks to God for creating person behind the SEOreview, tools online yang akan gw pake dalam testing kali ini. Dengan menggunakan tools ini kita bisa mengecek DA/PA banyak web sekaligus secara free, gak perlu login juga bisa, hanya bakalan lemes tiap mau ngecek disuruh ngitungin capcay.

So gimana cara mainnya?

Pertama ambil blog seniche dengan blog kamu yang menurut kamu paling keren dan paling kamu inget, kenapa se niche? biar kita juga bisa ngekor sumber backlink yang lebih bagus dari punya kita. Karena gw pemalas, gw ambil salah satu blog yang paling gw inget tapi ga seniche, buat case aja “bloggerperempuan”; njuk dicubit mbak Shintaries. Disana gw langsung masukin url nya BP, dan memasukkan capcay. Setelah itu akan digenerate 100 backlink dari url yang kita masukkan, berikut beberapa parameter yakni: PA, DA, anchor text dan total links.

Baca Juga: Mengenal 17 Indikator Spam Score Moz

cara meningkatkan DA PA terbaru

Di hasil pencarian itu ada satu yang cukup memukau yakni dari blog Jiah.my.id punya DA 53, PA 33 total link yang masuk ke artikel ini cuma 5 lho tapi bisa dapet PA 33, Super!!. Dan setelah aku cek lagi link no 12 itu dengan tools yang sama, hanya 2 dari 5 link masuk yang terdeteksi, dan keliatannya bahwa anchor text itu berpengaruh buat ndongkrak PA.

BACA JUGA:   Himbauan Google, Dofollow dalam job review

pentingkah anchor text buat SEO

Oke kemudian, setelah aku mendapatkan gambaran BP dapet link dari mana saja, selanjutnya adalah mendokumentasikan sumber backlink berharga tersebut dalam bentuk spreadsheet, pilih yang punya PA/ DA bagus. Jika sudah, sekarang ganti pilih salah satu sumber backlink dengan PA/DA bagus itu untuk kita kupas lagi sumber backlinknya. Nanti pasti akan nemu web lain yang punya authority tinggi.

Berapa web high authority yang perlu kita kumpulkan?

Sak karepmu, secukupnya, bisa satu sendok teh atau satu sendok semen. Setelah kita memiliki daftar blog itu, silahkan berikan komentar di postingan terbarunya, atau yang lebih well sebenernya di postingan ter panas ramenya, ya kali aja ada yang khilap n klik link dari komentarmu. Blogwalking rutin ke blog-blog itu minimal seminggu dua kali, dan nitip komen, ada baiknya gak terlalu sering sih, sehari 10 komen di 10 blog kayake cukup, klo kuat 50 blog yo gapapa, cuma ndak ntar dikira nyepam link. Mainkan anchor text buat hasil yang lebih baik, terutama jika kita nyasar artikel kita punya PA tinggi, arahkan juga backlinknya ke url artikel bukan homepage.

Baca Juga Membuat Quality Content untuk Meningkatkan Authority

Ok, ok sip sip, btw omong-omong gimana hasilnya??

Lha wong jenenge we mung ngetest, hasilnya ya wallahuallam, lagian aku mah orangnya angin-anginan, sekarang punya ide gini, besok udah ditinggal turu.

NB: artikel ini ditulis dalam kondisi sadar, jadi klo ternyata nanti hasilnya ga benar ya wajar

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda