Bagaimana Memilih Bank Terbaik Saat Mengajukan KTA?


Merebaknya Bank di Indonesia membuat masyarakat bingung mau memilih bank mana ketika harus mengajukan KTA. Saat ini mengajukan KTA di Bank masih populer di kalangan masyarakat karena tingkat keamanan lebih terjamin dan nasabah bisa mendapat banyak informasi dari pihak bank seputar pengajuan KTA.

Mengajukan KTA di bank juga mempermudah calon debitur untuk mengetahui sudah sejauh mana proses pengajuan berjalan. Bahkan pengajuan bisa langsung diproses saat calon debitur datang ke bank dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Agar Anda bisa menemukan bank terbaik saat mengajukan KTA, berikut faktor yang harus dipertimbangkan.

Kredibilitas Bank


Faktor utama yang harus jadi fokus perhatian saat mencari bank untuk mengajukan KTA adalah kredibilitas bank. Sebelum mengajukan KTA di suatu bank, calon debitur sebaiknya mencari tahu apakah bank tersebut dapat dipercaya atau tidak. Caranya mudah, Anda bisa melihat apakah bank tersebut memiliki kantor pusat di kota-kota besar dan beberapa kantor cabang di daerah serta jumlah nasabah yang banyak.

tips mengajukan KTA kredit

Agar lebih meyakinkan, Anda bisa memilih bank dengan nama besar yang punya tingkat kredibilitas tinggi. Hal tersebut saat berpengaruh karena menyangkut keamanan Anda dalam peminjaman kredit. Sebagai contoh Anda bisa mengajukan di bank besar di Indonesia seperti Bank Mandiri, HSBC, Standard Chartered dan BCA.

Suku Bunga dan Biaya Pengajuan KTA

Faktor kedua yang harus Anda ketahui saat memilih bank untuk mengajukan KTA adalah mengenai suku bunga serta biaya yang harus dibebankan kepada calon debitur. Sebagai gambaran bagi Anda yang baru pertama kali mengajukan KTA, suku bunga KTA itu berbeda-beda tiap bank. Ada bank yang menetapkan suku bunga tetap (fixed) dan suku bunga mengambang. Berikut kami berikan suku bunga per tahun dari bank-bank besar di Indonesia.

Nama Bank Produk KTA SukuBunga (per tahun)
HSBC HSBC Personal Loan 14,40 % – 15,60 %
BTN KreditRingan BTN 9,75 %- 10,25 %
Mandiri Kredit Usaha Mikro 12,00 %
BCA BCA Personal Loan 12,00 % – 12,84 %
BNI Kredit BNI Fleksi 10,50 % – 12,50 %
Panin Kredit Express Panin 14,40 %

Untuk melihat daftar lengkap mengenai suku bunga KTA dari bank-bank di Indonesia, cek saja di sini!

Sementara, saat mengajukan KTA para calon debitur harus membayar sejumlah biaya seperti Bunga Kredit, Biaya Provisi, Biaya Keterlambatan, Biaya Pelunasan yang Dipercepat, dan Biaya Asuransi. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda di setiap Bank sehingga calon debitur harus aktif mencari informasi mengenai biaya tersebut. Sebagai contoh untuk KTA Mandiri mengenakan biaya 2-3% dari limit kredit.

Limit Pinjaman

Setiap bank memiliki regulasi beda-beda mengenai limit pinjaman yang diberikan. Sama halnya dengan pemberian sukua bunga, limit pinjaman pun berlaku demikian. Beberapa bank mumpuni mencairkan dana hingga ratusan juta namun adapula yang hanya bisa memberikan dana puluhan juta. Umumnya calon debitur pemilik payroll di suatu bank bisa mengajukan pinjaman lebih besar ketimbang non payroll. Misalnya, pengajuan Kredit Tanpa Agunan BNI bagi pemilik payroll bisa mencapai limit Rp 100.000.000 sementara non payroll hanya bisa mengajukan Rp 50.000.000.

Sebelum mengajukan pinjaman KTA sebaiknya ketahui secara jelas berapa dana tunai yang diperlukan sehingga lebih mudah bagi Anda untuk memilih bank yang tepat saat mengajukan KTA. Untuk memudahkan Anda berikut limit pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari beberapa Bank yang ada di Indonesia.

Nama Bank Limit Pinjaman
HSBC Rp 10.000.000 – Rp 125.000.000
BTN Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000
Mandiri Rp 10.000.000 – Rp 100.000.000
BCA Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000
BNI Rp 5.000.000 – Rp 50.000.000 (tanpa payroll BNI), Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000 (payroll BNI)
Panin Rp 3.000.000 – Rp 150.000.000

Jangka Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansial

Masing-masing bank bukan hanya memiliki suku bunga dan limit pinjaman bervariasi saja, namun jangka pinjaman atau tenor pinjaman juga berbeda-beda. Minimal jangka pinjaman yang diberikan adalah satu tahun dan maksimal lima tahun. Dengan adanya jangka pinjaman yang bervariasi, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial.

Tips:
Saat mengajukan KTA sebaiknya pilih jangka pinjaman terpendek agar tidak terbebani oleh suku bunga serta biaya pengembaliannya.

Syarat dan Fasilitas Tambahan KTA

Faktor terakhir yang tak kalah penting dalam memilih bank untuk mengajukan KTA adalah mencari tahu persyaratan yang diperlukan. Walaupun bersifat tanpa jaminan, pengajuan KTA juga tidak semudah yang dibayangkan. Pastikan Anda mencari informasi mengenai syarat pengajuan KTA di bank yang Anda ingin ajukan. Umumnya, syarat utama untuk mengajukan KTA adalah memiliki Kartu Kredit dan NPWP.

Sementara itu, beberapa bank turut memberikan fasilitas tambahan seperti asuransi jiwa misalnya. Fasilitas tambahan tersebut tersedia jika Anda mengajukan KTA Bank Mandiri. Tentunya dengan adanya fasilitas tambahan yang diberikan pihak Bank akan menjadi nilai tambah yang positif bagi calon debitur yang akan mengajukan KTA.
Sumber dari AturDuit.com


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda