Bagaimana memilih Deposito terbaik untuk anda


Instrumen investasi saat ini sudah semakin canggih, dulu orang cukup menabung di Bank atau membeli tanah di desa sebagai sarana investasi di masa depan. Akan tetapi dewasa ini, cukup banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih, karena selain cara konvensional di atas masih banyak pilihan investasi yang bisa dipertimbangkan, seperti; deposito, reksadana, saham dan logam mulia.

Bagi sebagian orang beranggapan deposito sama seperti menabung di bank, sama-sama menyimpan uang di bank, dan sama-sama terkena pajak. Apa yang membedakan deposito dengan menabung di bank?

Jika tabungan bisa kita ambil kapan saja, maka deposito adalah jenis tabungan yang hanya bisa diambil dalam waktu tertentu saja, istilahnya adalah berjangka. Suku bunga deposito dengan menabung biasa di bank juga berbeda, suku bunga deposito lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Tenor deposito biasanya dibagi menjadi beberapa jangka waktu, nasabah bisa memilih tenor sesuai yang diharapkan, mulai dari satu bulan, 3 bulan, 6 bulan, satu tahun dan dua tahun. Semakin tinggi tenornya semakin tinggi pula suku bunga yang ditawarkan.

Bagaimana memilih deposito yang terbaik untuk anda?



tips memilih deposito terbaik

Sebelum menentukan pilihan deposito mana yang anda inginkan, ada baiknya anda membandingkan terlebih dahulu alternatif deposito yang tersedia di berbagai layanan perbankan di kota anda. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih deposito.

  • Reputasi Bank

Memilih program investasi tentunya anda harus percaya dulu dengan reputasi tempat anda melakukan investasi, memilih bank yang telah memiliki track record dan reputasi baik akan membantu anda merasa aman dalam berinvestasi.

  • Perbandingan bunga antar Bank

Setiap layanan perbankan akan menawarkan bunga yang kompetitif untuk program deposito, anda bisa memilihnya sesuai yang anda harapkan, jika anda berharap mendapatkan bunga yang tinggi, pastikan bahwa bank yang anda pilih punya reputasi yang baik, program deposito tersebut pun bukan program yang baru berjalan / dalam masa promo.

  • Tenor

Tenor atau jangka waktu deposito, jika anda memang bermaksud mendiamkan uang anda dalam waktu cukup lama, anda bisa memilih tenor satu, dua tahun atau lebih, sementara jika anda berasumsi uang tersebut mungkin akan dipakai sebagai dana taktis untuk beberapa bulan ke depan, anda bisa memilih tenor antara satu sampai enam bulan.

  • Persyaratan dan Kebijakan Bank

Beberapa layanan perbankan meminta nasabah untuk melengkapi persyaratan saat nasabah mengajukan diri mengikuti program deposito. Pahami syarat-syarat tersebut, jika anda merasa persyaratan tersebut tidak membebani anda dan memberikan perlindungan bagi investasi anda, kenapa tidak. Biasanya semakin detail persyaratan yang diajukan menandakan bahwa bank tersebut sangat berhati-hati dalam menjaga dana investasi anda.

BACA JUGA:   Perawatan Wajah Kusam Tradisional di Rumah yang Mudah dan Murah

Anda juga harus memperhatikan kebijakan bank yang tertuang dalam perjanjian saat anda mengajukan deposito, aturan tersebut mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak, layanan tambahan, proteksi dan perlindungan hukum, pastikan anda membaca dan memahami kontrak tersebut.

  • Biaya tambahan dan penalti

Beberapa bank memberlakukan biaya tambahan untuk program deposito, biaya ini nantinya akan memangkas juga nilai suku bunga yang ditawarkan. Biaya penalti adalah biaya yang dikenakan seandainya nasabah mengambil uang depositonya sebelum jangka waktu yang disepakati. Bagaimanapun deposito adalah investasi anda, yang sewaktu-waktu mungkin anda butuhkan karena kebutuhan yang mendesak. Konsultasikan dengan pihak bank mengenai besaran biaya penalti tersebut.

Setelah anda membaca 5 poin tips memilih deposito terbaik, sekarang saatnya anda bergerak, anda bisa memilih mendatangi bank – bank yang menjadi alternatif anda untuk mendapatkan penjelasan langsung dari pihak bank. Atau, jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan hal tersebut, anda bisa berkunjung ke website cermati.com.

Cermati.com adalah layanan konsultasi perbankan yang menyediakan berbagai informasi seputar layanan finansial meliputi; kredit tanpa agunan, kredit kendaraan bermotor, kredit multiguna, tabungan, deposito, dan pembuatan kartu kredit.

BACA JUGA:   Fake

Pada website cermati.com anda bisa memilih program investasi seperti deposito maupun program kredit sesuai kebutuhan anda. Anda bisa membandingkan secara langsung beberapa layanan finansial dari berbagai bank di Cermati.com tanpa harus datang ke tiap bank yang menjadi alternatif anda. Sangat membantu bukan?

Selamat berinvestasi.




DMCA.com Protection Status

tenor deposito terbaik (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku, me my self and I dan tag , . Tandai permalink.

2 Respon untuk Bagaimana memilih Deposito terbaik untuk anda

  1. inda chakim berkata:

    Bekal nih..sp tw nanti punya deposito..
    Nice info..tengkiukiu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *