Bagaimana menjadi blogger yang kekinian


Seorang teman, saat ini tengah merilis sebuah project blog baru, blog tersebut merupakan blog komunitas yang ditujukan sebagai sumber informasi dan sarana tukar pikiran dengan rekan-rekan blogger maupun untuk masyarakat banyak. Nama blog tersebut adalah bloggerkekinian.

Penggunaan nama tersebut tidak lepas karena pada masa kekinian, blog sudah menjadi sesuatu yang sangat populis di internet, bahkan bukan lagi rahasia bahwa blog kini telah menjadi sumber pendapatan utama bagi sebagian blogger di Indonesia.

Lalu, bagaimana menjadi blogger yang kekinian?

Untuk menjadi blogger yang kekinian, ada satu hal paling dasar yang perlu kalian miliki dalam membuat branding di dunia maya. Hal tersebut adalah manner. Betul sekali, sikap! Menjadi seorang blogger, berarti kalian akan diingat karena kekuatan karakter kalian dalam menulis. Karakter menulis seseorang tersebutlah yang akan membuat perusahaan pemilik brand kepincut untuk mengajak kalian bekerjasama.

Pada umumnya brand sangat menyukai blogger yang memiliki manner baik, artinya seorang blogger haruslah memiliki sikap bersahabat dengan semua pihak, melihat peluang positif dan memperkuat citra secara positif, jangan sampai kita dikenal brand karena gemar mencaci sebuah merk tertentu karena kita memiliki pengalaman buruk menggunakan produknya.

Ada pepatah kawan lama di Multiply yang masih saya ingat, thus anything cannot be told must kept be silent, dan ini berlaku pada saat kita mengulas sebuah produk, event atau perusahaan. Hal-hal yang buruk sebisa mungkin kita hindari, jika memang tidak ingin melepaskan sudut pandang obyektif dalam mengulas sesuatu maka pastikan kita menggunakan ulasan yang both side. Ada sisi plus dan minusnya, lalu biarkan pembaca kita yang memilih berdasar persepsi mereka setelah membaca artikel kita.

BACA JUGA:   Tips menambah backlink berkualitas dengan MozBar

CARA Menjadi blogger kekinian

Selanjutnya, kita harus menyadari bahwa tidak selamanya brand akan menggunakan jasa kita untuk mengulas produk mereka, jika saat itu telah tiba, maka rayakanlah momen perpisahan tersebut dengan sebaik-baiknya, berikan apresiasi dalam bentuk artikel yang mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada mereka karena telah mau bekerjasama sekian lama, jangan mengungkit luka-luka lama atau membuka kekurangan sistem mereka seperti keterlambatan pembayaran, kerumitan proses kerjasama atau hal lain-lain yang mungkin ada dan kurang berkenan selama masa kerjasama tersebut. Pastikan bahwa mereka melihat kita adalah orang yang memiliki kebesaran hati dan akan selalu siap bekerjasama dengan mereka jika suatu saat mereka tertarik untuk bekerjasama dengan kita lagi.

Hal yang kedua yang harus kita miliki adalah kemauan terus belajar dan bertegur sapa dengan blogger lain. Di Indonesia ini, metode word of mouth masih menjadi andalan bagi masyarakat kita untuk merekomendasikan sesuatu pada orang lain. Delapan dari sepuluh orang di Indonesia masih mempercayai rekomendasi orang yang dia kenal saat memilih suatu produk/layanan. Dan biasanya, untuk sesuatu yang menghasilkan, orang akan rela membaginya dengan orang lain yang dia kenal baik.

Hal tersebut juga berlaku dalam dunia perbloggingan, tidak jarang, ketika seorang blogger mendapatkan job dari internet, dia akan dengan suka rela menawarkan rekan-rekannya untuk dipromosikan kepada pemberi job. Dan pemberi job rata-rata juga menyukai hal semacam ini, karena dengan adanya referensi tersebut, mereka lebih mudah untuk menemukan blogger yang memiliki keunikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau kliennya. Faktor kepercayaan antar para blogger ini lah ternyata menjadi simbiosis yang menguntungkan antara para blogger dengan para advertiser.

BACA JUGA:   Mencari inspirasi postingan dari grup facebook

Semakin intens kita menjalin komunikasi dengan rekan blogger lain, maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan channel-channel baru, bukan hanya untuk memperkuat branding dan memperlebar jaringan pertemanan tetapi juga mendapatkan penghasilan.

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menjadi blogger yang kekinian adalah, teruslah menulis sesuatu yang bermanfaat dan dicari orang, terlepas dari apapun interest kalian. Jika kalian seorang penyuka traveling, maka tuliskanlah pengalaman kalian mengunjungi tempat-tempat menarik di blog, kalian bisa menuliskan tips tips yang bisa dimanfaatkan para pembaca blog kalian yang ingin berkunjung ke tempat yang sama, baik itu tempat penginapan yang representatif, tempat berburu cinderamata, tempat kuliner yang enak dan murah, situs yang kalian pakai untuk membeli tiketnya, dan seterusnya. Begitu pula jika kalian seorang yang suka ngutak atik masalah komputer seperti aku, teruslah mendokumentasikan permasalahan yang kalian hadapi saat menangani virus atau melakukan maintenance komputer, lalu bagikan di blog kalian pengalaman tersebut. Maka akan banyak orang lain yang merasa tertolong oleh artikel kalian.


DMCA.com Protection Status

menulis blog orang yang kekinian (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Bagaimana menjadi blogger yang kekinian

  • Katerina

    (Desember 22, 2015 - 6:26 am)

    Tulisan ini memotivasiku untuk jadi blogger kekinian *halah :p

    Tfs Yo

    • anotherorion

      (Desember 22, 2015 - 10:51 pm)

      sama2 mbak yu, duh aku kan malah belajar kekinian darimu haha

Berikan tanggapan anda