Berbelanja Aman dan Nyaman di Dunia Maya


Dunia internet saat ini sedang heboh dengan adanya kasus rekber yang ngemplang uang para pembeli dan penjual di salah satu forum besar nasional dengan total uang lebih dari 500 juta rupiah. Padahal selama ini, rekber merupakan salah satu solusi pengamanan transaksi di dunia maya, dimana untuk menjadi rekber perlu memiliki reputasi baik sehingga dapat dipercaya pihak penjual maupun pembeli.

Dengan adanya kasus tersebut tentunya membuka mata kita bahwa dalam transaksi internet sekalipun, jaminan keamanan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk pihak yang terlibat dalam transaksi online. 

Kasus diatas bukanlah fraud yang terjadi karena kesalahan teknis sistem informasi, atau kelemahan security, melainkan karena kesengajaan manusia yang merugikan banyak orang. Nah disinilah pentingnya kita untuk mengetahui, memahami dan memutuskan layanan e-commerce mana yang memberikan jaminan keamanan terbaik. Meskipun tentu saja, bukan berarti sebuah layanan e-commerce dengan jaminan terbaik belum tentu akan aman 100%, tetapi paling tidak kita bisa memilih layanan yang paling secure, termasuk dimana kita ingin berbelanja online.

BACA JUGA:   Penggunaan fosfat makanan dalam kehidupan

blanja aman terpercaya

Blanja.com merupakan salah satu dari layanan e-commerce berbentuk mall online di Indonesia, Blanja sendiri merupakan perusahaan hasil joint venture antara Telkom Indonesia dengan salah satu marketplace terbesar di seluruh dunia, E-Bay.

Adanya dukungan dari E-Bay ini memberikan image positif terhadap keberadaan Blanja dalam blantika online marketing Indonesia. Dengan semakin menjamurnya marketplace online di Indonesia dan peluang pasar yang sangat besar dari bisnis jual beli online ini, Blanja menerapkan kebijakan keamanan yang dapat dibilang sangat bagus untuk platform e-commerce.

Blanja mengharuskan para penjual yang membuka akun toko bisnis di website mereka untuk memiliki NPWP, SIUP dan Sertifikat Pajak. Dengan demikian hanya akun toko yang benar-benar legal dan terjamin keabsahannya oleh hukum positif yang bisa melayani pembeli di Blanja.com. Sementara untuk penjual individu, Blanja memperbolehkan calon penjual hanya menyertakan copy KTP dan membuat surat pernyataan. Terlihat merepotkan memang dibanding dengan marketplace lain, tetapi demi untuk keamanan dan kenyamanan transaksi di Blanja maka hal tersebut diperlukan untuk memberikan rasa aman pada calon pembeli.

BACA JUGA:   Optimalisasi Scheduled Posting

Selain itu jaminan keamanan transaksi juga dijamin oleh GeoTrust, salah satu perusahaan keamanan dunia untuk transaksi perbankan dan e-commerce menggunakan SSL. Blanja juga menerapkan metode pembayaran escrow, yaitu Blanja menjadi pihak fasilitator transaksi antara penjual dan pembeli, mirip seperti rekber. Metode pembayaran escrow ini merupakan salah satu metode pembayaran yang paling banyak diminati di platform e-commerce untuk menghindari terjadinya kasus hit n run, yaitu dimana penjual yang tidak bertanggung jawab menghilang setelah menerima uang dari pembeli.

Saat ini Blanja memiliki ribuan produk yang dibagi dalam sepuluh kategori, antara lain Fashion, Makanan, Mainan Anak, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif, Sport, dan masih banyak lagi, jadi pembeli tidak perlu kuatir kekurangan pilihan.

So, sudahkah anda berbelanja di Blanja.com?



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan pada “Berbelanja Aman dan Nyaman di Dunia Maya

  • Emakmbolang

    (September 22, 2015 - 5:50 pm)

    bener bener aman ya, ada jaminan gitu. Seringnya kalau belanja online, barang nggak sesuai yang ditampilkan.

    • anotherorion

      (September 23, 2015 - 10:47 am)

      iya terutama klo produk fashion yo mbak :3

  • Emak Pelancong

    (September 21, 2015 - 1:39 pm)

    Rekber iku opo, Mas?

    • anotherorion

      (September 21, 2015 - 1:45 pm)

      rekening bersama mbak, biasanya pihak ketiga personal yang sama2 dipercaya penjual dan pembeli, waktu transaksi pembeli bayar ke rekber, ntar klo barang sampe ke tangan pembeli tanpa komplain baru rekber ngasih duitnya ke penjual

Berikan tanggapan anda