Berburu Calon Siswa Tahun Ajaran Baru


Setiap tahunnya, menjelang akhir tahun ajaran, kegiatan annual wajib selain menyelenggarakan prosesi wisuda adalah berburu calon siswa untuk tahun ajaran baru. Sekolah kami dan juga berbagai sekolah lain di sekitar kami menggunakan metode jemput bola dengan mendatangi sekolah tingkat menengah pertama maupun sederajat untuk memberikan materi presentasi dan berusaha menarik minat para calon lulusan siswa SMP/MTS ke dalam sekolah kami masing-masing.

Sudah jamak jika siswa kelas IX yang baru menyelesaikan ujian nasional mereka dikoordinir oleh sekolah mereka untuk menerima kedatangan tim presentasi dari berbagai SMA/SMK sederajat dari wilayah Sleman dan Kota Yogyakarta. Tujuannya sama, menarik minat siswa sebanyak-banyaknya ke sekolah masing-masing.

zivanna letisha dosen cantik seksi axe university

Selama menjadi tim PPDB aku sering bertemu kolega dari sekolah lain yang juga mencari siswa di SMP di sekitarku, meskipun kami bersaing dan berebut perhatian siswa, toh tidak ada yang saling sikut, sama-sama memaklumi bahwa setiap sekolah sama-sama membutuhkan siswa, jadi santai-santai saja, malah kami sering bertukar ide untuk menarik minat siswa selama presentasi.

BACA JUGA:   Pelajaran TIK & KKPI, Pentingkah?

Ada efek sampingnya dari kegiatan presentasi ke SMP-SMP ini, terkadang dalam satu hari tim kami harus mendatangi 5-6 sekolah pada hari yang sama dan hampir berbarengan. Maka bisa dipastikan kondisi kegiatan belajar mengajar di sekolah sendiri justru jadi terbengkalai karena guru-guru menyebar ke sekolah lain untuk mencari siswa.

Kesannya tidak efektif memang, karena justru membuat pembelajaran menjadi terganggu, tapi untuk sekolah-sekolah kecil seperti kami, hal semacam ini merupakan salah satu kesempatan terbaik untuk mengenalkan sekolah kami kepada calon siswa, mau tidak mau ya memang harus begitu.

Oh ya, untuk tahun ajaran baru ini, SMK kami membuka 2 jurusan baru sekaligus di bidang perminyakan, yaitu jurusan Teknik Produksi Migas dan Panas Bumi serta jurusan Teknik Pengeboran Migas dan Panas Bumi, kedua jurusan ini melengkapi jurusan TKJ yang sudah ada selama enam tahun terakhir. Jurusan tersebut juga menjadi yang pertama ada di wilayah DIY, mengingat di SMKN 2 Depok Sleman baru memiliki jurusan Teknik Pengolahan Minyak & Petrokimia. Tahun ini kami juga membuka pendaftaran secara online di website resmi SMK Bina Harapan, untuk informasi pendaftaran jurusan TKJ & Migas bisa menuju link berikut ini.


DMCA.com Protection Status

daftar sekolah jurusan tkj sleman (1), smk bina harapan sleman 2016 jurusan (1), zivanna letisha axe (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Berburu Calon Siswa Tahun Ajaran Baru

  • Katerina

    (Mei 18, 2015 - 8:09 am)

    Kayaknya kalo yang disuruh pasang badan buat menarik siswa seperti yang ada di foto itu, bakal banyak peminatnya hahaha

    Selamat berburu siswa ya, Yo. Kalau menarik pasti banyak yang minat kok 😉

    • anotherorion

      (Mei 18, 2015 - 12:47 pm)

      yang minat jadi guru juga nambah pastinya mbak haha

Berikan tanggapan anda