Bermain dengan Codevision (4) Gerbang Logika XOR dan XNOR


Gerbang logika XOR atau Exclusive OR adalah gerbang logika yang outputnya akan berlogika high jika inputnya berbeda, sedangkan gerbang logika XNOR adalah gerbang logika yang outnya akan berlogika high jika semua inputnya sama. 

Untuk membuat gerbang logika ini, kita masih bisa menggunakan rangkaian atmega sebelumnya, yang juga kita pakai untuk simulasi gerbang NAND dan NOR *bilang aja wegah nggawene #hooh*

Lha gimana lagi lha wong ngubah dua – empat karakter program wae mosok ndadak gawe rangkaian maning, hahaha mbange mindon gaweni mending bikin yang versi lengkap buat tutorial seri ke limanya wae lah hahaha.

Berikut listing programnya

/*
Author : priyo harjiyono
Company : http://anotherorion.com
*/
#include <mega8535.h>

void main(void)
{
DDRA=DDRC=PORTA=PORTB=PORTC=0x00;
DDRB=0x01;


while (1)
{
while(PINC.0==1)
{
if(PINA.0 != PINA.1)
{
PORTB=0x01;
}
else {
PORTB=0x00;
}
}
while(PINC.1==1)
{
if(PINA.0 == PINA.1)
{
PORTB=0x01;
}
else {
PORTB=0x00;
}
}
};

}

berikutnya kita akan buat versi lengkap 7 gerbang logika menggunakan 1 mikrokontroler

soal gerbang logika XOR (2), rumus xor or and di cv avr (2), gerbang xor dan xnor (2), soal gerbang logika xnor dan xor (1), rangkaian xnor (1), program gerbang xor (1), pertanyaan untuk gerbang logika XNor (1), perbedaan fungsi XOR dan XNOR (1), gerbang logika exor dan exnor (1), contoh soal xor (1)

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Memprogram LED ATMega (1); Running LED

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *