Bermain dengan codevision AVR (2) gerbang logika dasar AND dan OR


Pada posting pertama bermain dengan codevision AVR tu kan dipisah pisah, gerbang logika AND sendiri OR sendiri, sekarang keduanya digabung dalam satu, untuk input logic gate kita tetep make cuma 2 input, sementara outputnya tetep satu.

Perbedaannya adalah kita menggunakan dua kaki pada PORTC yang digunakan untuk memilih mode gerbang, apakah mau menggunakan mikrokontroler tersebut sebagai gerbang AND atau menggunakannya sebagai gerbang OR. Alur programnya, ketika atmega menyala, kita harus mengeset dulu mode gerbangnya apakah kita akan menggunakannya sebagai gerbang AND atau OR, baru setelah itu kita mengatur input untuk mendapatkan outputnya.

Jika kita mengatur input terlebih dahulu tetapi belum memilih mode gerbang, mikrokontroler tidak akan mengeluarkan output. Listing programnya sebagai berikut

/*
Author : priyo harjiyono
Company : http://anotherorion.com
*/
#include <mega8535.h>

void main(void)
{
DDRA=DDRC=PORTA=PORTB=PORTC=0x00;
DDRB=0x01;

while (1)
{
while(PINC.0==1)
{
if(PINA.0 & PINA.1==1)
{
PORTB=0x01;
}
else {
PORTB=0x00;
}
}
while(PINC.1==1)
{
if(PINA.0 | PINA.1==1)
{
PORTB=0x01;
}
else {
PORTB=0x00;
}
}
};

}


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Mau belajar mikrokontroler secara otodidak?

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda