X
    Categories: Wisata

Wisata Alam Bhumi Merapi, Tempat Wisata Jogja untuk Keluarga


Selepas berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, kami rekan-rekan blogger Jogja bersama Pak Wasita melanjutkan perjalanan ke Bhumi Merapi. Tempat Wisata Jogja yang terletak di Jalan Kaliurang KM 20, tepatnya di belakang kantor Desa Hargobinangun Pakem ini memang belum lama berdiri, baru berkisar satu tahun saja. Meski masih terbilang muda untuk usia sebuah tempat wisata Jogja, Bhumi Merapi memiliki keunikan tersendiri dibanding tempat wisata keluarga di lokasi lain di sekitar Jogja.

Bhumi Merapi memiliki beberapa tempat menarik untuk keluarga, ada taman bunga yang indah, kandang kambing peranakan ettawa, kelinci hias, taman reptil, goa bawah tanah, taman hidroponik, fasilitas outbond, bumi perkemahan, pendopo dan sewa kuda. Harga tiket masuk ke wisata alam Bhumi Merapi ini juga relatif murah, hanya Rp. 10.000 per orang. Sementara untuk pengunjung yang ingin memanfaatkan fasilitas outbond sekolah / melakukan persami di bumi perkemahan tarifnya menyesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

Wisata alam untuk keluarga muda

Sebelum memasuki pintu masuk tempat wisata jogja satu ini, di sebelah kiri parkiran terdapat kandang kuda, baru ada 3 kuda yang disewakan di tempat wisata keluarga Bhumi Merapi ini, 1 ekor dewasa dan dua kuda kecil. Memang fasilitas sewa kuda ini baru sekitar 1-2 bulan disediakan pihak pengelola taman wisata.

taken by achmad muttohar

Di sebelah pintu masuk utama kita bisa langsung melihat kandang kambing peranakan ettawa, yep peranakan. Karena sebenernya kambing Ettawa saat ini sudah tidak ada, yang ada hanya peranakan ettawa saja. Jadi klo ada yang jual susu kambing ettawa, bisa dipastikan jika susu itu berasal dari kambing peranakan ettawa.

Para pengunjung yang ingin mencoba memberi makan kambing ettawa, memberi minum susu dan memerah susu dipersilahkan, pengelola memberikan tarif yang sangat murah untuk fasilitas ini. Dengan hanya Rp 2.500 per botol susu, pengunjung anak-anak bisa memperoleh pengalaman berinteraksi dengan kambing yang ada di Bhumi Merapi.

Bhumi Merapi menyediakan kelinci hias dan kelinci pedaging. Untuk kelinci hias, kandangnya dipisah menjadi dua yakni kelinci hias biasa dan kelinci hias VIP. Disebut kelinci hias VIP karena memang harga kelinci hias yang ditawarkan cukup mahal, antara 1,5 – 8 juta rupiah per ekor. Kelinci-kelinci ini memang diperjual belikan lho. Jadi jika berminat membeli kelinci hias dari jenis yang langka, bisa mampir di Bhumi Merapi. Ada beberapa saung dan lokasi untuk berlarian kelinci kecil. Orang tua yang membawa anaknya bisa berteduh di bawah saung dan melihat putra-putrinya berlarian mencoba menangkap kelinci di area wisata alam keluarga ini.

Untuk hewan reptil, jujur aku gak terlalu tertarik karena main coursenya adalah ular. Aku sendiri pembenci ular no 1. Yep ada ular python sepanjang 8 meter dan memakan 20 ekor ayam dalam sebulan disana, ada phyton albino, ular sawah, bunglon, kura-kura dan beberapa hewan setipe disana.

Pak Wasita dari Dinas Pariwisata Sleman bermain dengan ular Albino. Taken by @kokoh_ahmad

Di bagian bawah kandang ular ada sungai kecil yang menjadi pintu keluar Goa Panggolo, sayang waktu kami kesana kondisi hujan rintik-rintik dan akupun males kalo harus masuk goa dan berbasah-basah ria di dalamnya. Fasilitas outbond dan bumi perkemahan terletak di sisi timur sungai kecil tersebut. Ada juga paket wisata Jogja untuk tour Jogja di gunung Merapi menggunakan Jeep. Pengunjung bisa mengelilingi kawasan terdampak erupsi Merapi atau melakukan petualangan jungkir balik Jeep di sungai. Info lebih lanjut bisa kontak ke pengelola langsung.

Di taman hidroponik, pengunjung bisa berbelanja tanaman dan memesan satu set alat hidroponik. Pengelola juga membuka kelas lho untuk para pengunjung yang memang serius ingin melakukan budidaya hidroponik, kambing ettawa dan kelinci untuk dikembangkan sendiri di rumah. Dan untuk kelas ini, tidak hanya one time class, tapi benar-benar akan didampingi sampai berhasil. Dan untuk tarifnya memang menyesuaikan kebutuhan.

Yang menarik, di tempat wisata Jogja Bhumi Merapi kita juga bisa menyewa Car Tent, tenda untuk mobil. Keluarga yang ingin merasakan sensasi menginap di mobil bisa menyewa tenda dan bed untuk dipasang di mobil mereka dan anak-anak bisa merasakan pengalaman wisata alam yang aman dengan bermalam di alam terbuka. Harga untuk sewa tenda mobil ini sekitar Rp 650.000.

Tempat wisata ini rekomended banget untuk keluarga muda yang memiliki anak usia early school, juga untuk sekolah pre-school, SD-SMP yang ingin menyelenggarakan acara kemah, outbond maupun sekedar pengenalan alam.

Agrowisata Bhumi Merapi

Jl Kaliurang Km 20, Hargobinangun, Pakem, Sleman

Telp: 0858 7886 3645, 0823 2669 8228


bumi merapi, bhumi merapi, bumi merapi outbound, wisata bumi merapi, Bhumi Merapi Sleman Regency Special Region of Yogyakarta, alamat bumi merapi, tiket masuk agrowisata bhumi merapi, tempat wisata bumi merapi, tempat - tempat wisata bumi merapi, taman kelinci bumi perkemahan merapi

Post You May Also Like

anotherorion: Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.