Biner to Decimal Converter


Mengubah bilangan biner menjadi bilangan desimal adalah hal yang cukup sulit untuk anak2 yang baru mengenal sistem bilangan digital, kesulitannya antara lain karena terbiasa menggunakan bilangan berbasis 10 (desimal) dan karena dalam bilangan biner, hanya terdiri dari 2 angka (0 dan 1) dalam jumlah yang cukup banyak (8 digit / 1 byte) membuat siswa cukup kesulitan melakukan konversi bilangan biner ke bilangan desimal.

Bilangan biner adalah bilangan yang menjadi dasar semua bilangan digital, dan wajib dipahami oleh mahasiswa jurusan elektro, elektronika, informatika, ilmu komputer dan ilmu sebidang lainnya. Di kurikulum 2013, materi sistem bilangan ini menjadi materi dasar untuk program keahlian teknologi dan informasi dalam mata pelajaran Sistem Komputer.

Dalam media pembelajaran sistem bilangan sebenarnya materi ini sudah pernah aku bahas dalam media tersebut, tetapi masih terlalu general karena masih melibatkan semua basis bilangan yang ada dalam bilangan digital dan konversi antar setiap bilangan. Untuk mempermudah pemahaman basis bilangan biner ini, maka aku membuat media pembelajaran konversi biner ke desimal, prinsip mengubah bilangan biner ke desimal adalah mengkalikan posisi 2n milik bilangan biner menjadi satuan desimal, kemudian total angka 1 dalam posisi bilangan biner dijumlahkan untuk menemukan bilangan desimalnya.

BACA JUGA:   Pelajaran TIK & KKPI, Pentingkah?

Siswa cukup menekan tombol angka 0 pada setiap tabel posisi, dan bilangan desimal akan muncul sesuai hasil kombinasi tabel. Semoga mempermudah para siswa untuk belajar materi bilangan biner.




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di pendidikan, sinau dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *