Bisnis Musisi Di Kanal Digital


Social media marketing sudah menjadi kewajiban bagi dunia pemasaran masa kini. Tidak hanya untuk memasarkan produk-produk, tapi juga jasa bahkan merambah dunia hiburan. Semakin hari kanal-kanal seperti Twitter dan Facebook semakin besar. Tapi jangan lupakan juga Instagram, Pinterest atau bahkan Path. Semuanya bisa dijadikan sarana untuk memasarkan sesuatu.

Dalam kasus bisnis yang ingin saya jabarkan ini bahkan saluran media sosial yang digunakan untuk pemasaran lebih dari itu. Ditambah lagi dengan Youtube dan Soundcloud. Karena memang kasus bisnis ini berada dalam industri musik. Dan peta permainan dalam industri ini telah berubah secara drastis beberapa tahun kebelakang. Hal itu disebabkan oleh pesatnya perkembangan internet, terutama dalam dunia media sosial.

social media marketing

Salah satu kasus bisnis dalam industri musik tanah air yang akan saya ambil contoh adalah Adhitia Sofyan. Melalui social media marketing dia telah berhasil menciptakan dirinya sebagai seorang musisi yang diperhitungkan. Mungkin agak sulit untuk menemukan album fisiknya di pasaran, tapi kita bisa menemukan karyanya dengan mudah di Youtube atau Soundcloud. Melalui Twitter dan Facebook Page nya kita bisa selalu ter-update mengenai segala kegiatan pementasannya atau bahkan tautan dimana album barunya berada. Kegiatan tur, konfrensi pers atau sebuah pertunjukan dapat kita lihat juga di akun Instagramnya. Contoh kasus ini merupakan satu dari sekian banyak musisi yang mengandalkan dunia digital sebagai sarananya untuk berkarya juga untuk terus menambah serta menjaga loyalitas para fansnya.

BACA JUGA:   Artikel Testing Doang, Gak Perlu Dibaca, Apalagi Dipraktekin

Semua kanal media sosial dimanfaatkan dengan baik oleh Adhitia Sofyan. Memang mungkin diperlukan sebuah tim untuk menjalankannya. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita mulai sendiri. Penggunaan sosial media untuk bisnis, dalam arti untuk menghasilkan uang, sudah dapat diandalkan. Adhitia Sofyan hanya satu dari sekian banyak contoh atau pelaku yang kebetulan seorang musisi. Masih banyak lagi pelaku lain dalam berbagai industri yang kini terus berubah mengikuti cepatnya arus perkembangan dunia digital.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan pada “Bisnis Musisi Di Kanal Digital

  • ira

    (Mei 15, 2015 - 2:16 pm)

    Manggut2…

Berikan tanggapan anda