X
    Categories: Indonesiaku

Buah-buahan Sebagai Penyegar Pola Makan Penderita Diabetes


Buah merupakan makanan yang sering direkomendasikan para ahli gizi bagi yang sedang mengalami penyakit dan perlu memperhatikan diet mereka. Karena itu, tidak heran jika dalam pola makan penderita diabetes buah selalu disertakan di dalamnya. Tentu saja, karena orang yang mengalami kencing manis harus menjaga kandungan gula, tidak semua buah bisa dimakan.

Pola makan untuk penderita diabetes lebih baik mengandung buah-buahan berikut ini:

  1. Jambu biji

Buah ini sering disarankan bagi yang sedang sakit. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin A dan C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, rendah kadar gulanya, dan mempunyai serat banyak.

  1. Jeruk

Serat dan vitamin C yang ada pada jeruk bisa mengontrol kadar gula darah. Selain itu jeruk menyeimbangkan insulin pada tubuh dan menjaga kekebalan.

  1. Belimbing

Belimbing banyak direkomendasikan bagi yang mempunyai darah tinggi dan kolesterol. Selain kedua hal yang sangat berkaitan dengan kencing manis tersebut, belimbing juga mempunyai rasa nikmat.

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah dengan rasa enak yang selalu digunakan untuk melancarkan pencernaan. Vitamin A dan C yang dipunyainya juga berguna untuk menurunkan kolesterol.

Masih ada beberapa buah lain yang bisa menjadi alternatif pilihan snack bagi mereka yang mempunyai kencing manis. Pola makan penderita diabet sendiri tidak perlu melulu terdiri dari makanan yang tidak disukai oleh mereka yang mempunyainya, yang penting makanan tersebut mempunyai kadar gula rendah, gizi tinggi, dan dimakan dalam porsi yang wajar.


Post You May Also Like

anotherorion: Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.