Buang Rasa Khawatir Saat Anak Demam. Inilah Cara Mengatasi Demam Pada Anak


Orang tua mana yang tak gelisah jika mengetahui anak sedang sakit panas atau demam. Penyakit demam bisa menjadi penyebab anak merasa tidak nyaman atau rewel. Beruntungnya kini Anda dapat penuhi kebutuhan medis dengan apotik online Halodoc, sehingga tidak perlu kesulitan dalam memperoleh obat yang dibutuhkan.

Membeli obat secara online memang menjadi pilihan kala Anda tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke apotik untuk membeli obat secara langsung. Belum lagi jika rumah Anda jauh dari apotik, maka cara praktisnya adalah membeli obat di apotik online.

Selain lebih praktis, Anda akan lebih mudah mendapatkan obat yang dikehendaki, sebab apotik online Halodoc ini telah menjalin kerjasama dengan 1.000 apotik. Yang artinya, kemungkinan untuk kehabisan stok obat bisa dihindari sebab produk obat atau produk kesehatan lainnya tersedia dengan sangat lengkap.

ibu rumah tangga cantik seksi anak demam

Apabila saat ini Anda masih bingung bagaimana menangani anak yang sedang terserang demam, berikut terdapat informasi mengenai cara mengatasi demam pada anak yang bisa Anda terapkan. Meskipun demikian Anda juga harus tetap mengimbanginya dengan membelikan obat di apotik online ya.

Obat yang sesuai untuk anak demam

Jika anak mulai rewel atau muncul perasaan tidak nyaman, Anda bisa memberikan obat parasetamol (acetaminophen) atau obat ibuprofen. Tapi pastikan bahwa pemberian obat inidisesuaikan dengan rekomendasi paket untuk usia atau berat badan.

BACA JUGA:   Lampu Emergency Otomatis, solusi mati listrik di rumah

Jangan gunakan aspirin untuk anak, sebab ini berhubungan dengan sindrom Reye, sebuah penyakit langka yang dapat berpotensi fatal (kecuali jika diinstruksikan oleh dokter untuk menggunakannya).Yang harus diingat adalah, jika Anda tidak mengetahui dosis yang dianjurkan untuk anak Anda, lebih baik konsultasikan dengan dokter berapa dosis obat yang tepat.

Hal – hal yang tepat dilakukan saat anak demam

Ketika anak terserang demam, lebih baik mandi menggunakan air hangat. Karena air dingin dapat menyebabkan badannya menggigil dan itu sebenarnya meningkatkan suhu tubuh. Jangan pula menggunakan alkohol karena bisa menyebabkan keracunan ketika diserap melalui kulit.

Selain itu, pakaikan pakaian yang ringan pada anak Anda dan tutup dengan sehelai kain atau selimut. Jika memakai pakaian yang terlalu banyak dan juga terlalu tebal akan mencegah panas pada tubuh keluar ke dan justru bisa menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat.


Pastikan pula kamar tidur anak Anda dalam suhu yang nyaman, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Lebih baik untuk tidak memberikan banyak cairan (minuman) seperti  teh, minuman yang mengandung cafein, atau cola untuk mencegah dehidrasi kepada anak Anda. Karena minuman – minuman tersebut akan membuat anak kehilangan cairan dengan cepat. Sebagai pilihan yang tepat adalah air, sup, atau susu. Selain itu, minuman yang mengandung kafein, cola, atau teh akan menyebabkan peningkatan urinasi (kencing).

Apabila anak demam mengalami muntah – muntah atau diare, maka konsultasikan pada dokter sebelum memberikan elektrolit (rehidrasi)). Upaya tambahannya adalah biarkan anak Anda mengonsumsi makanan yang ia inginkan, tapi tentunya masih dalam jumlah yang wajar. Jangan paksakan anak Anda jika tidak ingin makan makanan yang banyak.

BACA JUGA:   Harga Kompor Rinnai Murah, Nyala Api Besar dan Hemat Bahan Bakar

Kapan harus menghubungi dokter?

anak demam tinggi kapan harus menghubungi dokter

Sebagai orang tua Anda harus sigap menghubungi dokter agar anak Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.Inilah kondisi dimana Anda harus segera memeriksakan anak ke dokter; apabilaanak Anda masih bayi dan berusia kurang dari 3 bulan dengan suhu rektal  100,4°F (38°C) atau lebih tinggi. Untuk anak usia diatas 3 bulan dengan suhu lebih tinggi dari 102,2°F (39°C). Sedangkan untuk anak yang usianya lebih tua yakni demam / panas kurang dari 102,2°F (39°C). Ketika indikasi ini Anda temukan pada anak, bertindaklah sigap dan tepat.

Selain itu Anda juga harus peka terhadap tanda – tanda yang akan muncul ketika anak terindikasi demam, seperti tidak mau makan dan minum, muntah berulang dan diare persisten, memiliki tanda dehidrasi (kurang buang air kecil, ketika menangis tidak mengeluarkan air mata, kurang aktif dan waspada seperti biasanya.

Apabila Anda menemukan tanda – tanda tersebut, pastikan Anda segera mengambil langkah sederhana. Bisa dimulai dengan mengompres anak, atau mengolesi bagian tubuhnya dengan minyak angin. Selain itu, penuhi kebutuhan medis dengan apotik online Halodoc agar anak bisa mendapatkan obat yang tepat hingga kesehatan bisa secepatnya pulih.

apotik online halodoc anak demam

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Buang Rasa Khawatir Saat Anak Demam. Inilah Cara Mengatasi Demam Pada Anak

    Rayacantibanget

    (April 28, 2017 - 3:09 pm)

    Un, model di tulisan ini paaas banget! apik banget mata lo nyari model yaa,xixiixxi 😀

    well, kalau d gw sih saat ucupyo sakit/demam, awalan gw balurin minyak gosok featuring bawang merah, lumayan menghangatkan doi sih, bila sakit berlanjut baru hubungi dokter. Itu aplikasi halodoc bisa chating gitu kah sama dokternya?

      anotherorion

      (April 29, 2017 - 10:47 am)

      Hahaha bapak yang jeli kan gw hahahaha

Berikan tanggapan anda