[Buku] From Zero to Pro Arduino


Sudah lama sekali aku tidak membahas mikrokontroler, terutama arduino di blog ini. Bulan kemarin waktu berjalan-jalan di Toko Buku Togamas Affandi di Jalan Gejayan aku nemu satu buku baru tentang Arduino, yang berjudul From Zero to Pro Arduino, buku ini ditulis oleh Abdul Kadir seorang dosen Indonesia di salah satu Universitas di negeri Jiran. Sebelumnya, Abdul Kadir memang pernah menulis buku tentang arduino dan pernah aku review juga di postinganku ini.

Di buku terdahulu yang berjudul Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogrammannya menggunakan Arduino tersebut, materinya basicnya sudah cukup komplit, akan tetapi belum menyentuh level intermediate dengan contoh aplikasi arduino menggunakan berbagai sensor khusus. Sedangkan di internet banyak sekali sumber belajar aplikasi arduino berbasis sensor, selain itu harga sensornya sangat mudah dan murah, banyak sekali dijual di berbagai toko online seperti tokopedia.

Nah, untuk menjawab permintaan penggemar elektronika dan mikrokontroler tersebut, maka Abdul Kadir kembali membuat buku Arduino, masih dengan menggandeng penerbit kawakan asal Kota Jogja sebagai penerbitnya.

BACA JUGA:   ZenPower, si kecil yang mempesona

Di buku terbarunya ini, tidak kurang dari belasan jenis sensor digunakan sebagai media latihan oleh Abdul Kadir, mulai sensor suhu bertipe analog seperti LM 35 sampai penggunaan Graphical LCD di Arduino, marvelous.

Berikut ini adalah materi yang terdapat dalam buku Abdul Kadir terbaru

  1. Bluetoothbuku belajar arduino pemula
  2. Buzzer
  3. Diode
  4. GPS receiver
  5. Joystick
  6. Keypad
  7. LCD
  8. LED
  9. Matriks
  10. Max72xx
  11. Mobil R/C
  12. FM receiver
  13. FM transmitter
  14. Motor DC
  15. Motor Driver ULN 2003 & L298N
  16. Motor Servo
  17. Motor Stepper
  18. Seven Segment
  19. Voice Recording
  20. Piezo Disk
  21. Potensiometer
  22. Real Time Clock
  23. Relai
  24. Remote Control
  25. SD card
  26. Sensor Api
  27. Sensor Cahaya
  28. Sensor DHT 11
  29. Sensor Gas MQ 2
  30. Sensor Inframerah
  31. Sensor kelembapan tanah
  32. Sensor pendeteksi air
  33. Sensor line follower
  34. Sensor PIR
  35. Sensor sentuh
  36. Sensor suara
  37. Sensor suhu
  38. Sensor ultrasonik
  39. Sensor vibrasi
  40. Speaker dan
  41. Transistor

Dengan banyaknya aplikasi yang dipelajari tersebut, maka harga jual buku ini memang terbilang mahal, yaitu 160 ribuan lebih. Pun demikian, dibanding beberapa buku lain seperti karangan M Syahwil dan Jazi E Istiyanto, buku ini masih menang dari segi kelengkapan artikel yang dibahas, akan tetapi untuk aplikasi dengan menggabungkannya dengan smartphone android memang lebih baik membeli buku karangan Jazi Istiyanto.

BACA JUGA:   Mengatasi RAM read/write & parity error

Buku yang berukuran sebesar 20 x 28 cm ini memiliki total 468 halaman. Seperti biasa, pengguna akan diperkenalkan dulu dengan Arduino dan kelengkapannya, seperti Development board dan Arduino IDE untuk keperluan programmingnya.

Aku rasa untuk buku lokal sejenis, buku ini menjadi buku yang paling representatif untuk belajar arduino, mulai dari nol hingga beranjak ke level menengah. Banyaknya aplikasi yang melibatkan sensor juga membuat pembaca memiliki pilihan untuk memilih aplikasi mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu sesuai kepemilikan hardware / sensor yang dimiliki. Selain itu, buku ini cocok untuk menjadi referensi mahasiswa Teknik Elektro/komputer/informatika yang ingin membuat Tugas Akhir / Skripsi.

Buku Referensi Arduino lainnya

  1. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontoler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino (Abdul Kadir)
  2. Pengantar Elektronika & Instrumentasi Pendekatan Arduino & Android (Jazi Eko Istiyanto)

  3. Panduan Mudah Simulasi & Praktik Arduino (M. Syahwil)

  4. Robot Cerdas: Berbasis Speech Recognititon Menggunakan Matlab dan Arduino [Mada Sanjaya W.S.]


DMCA.com Protection Status

7 compiler dengan tema aritmatika (3), buku from zero to a pro arduino 2014 (3), rangkaian papan skor seven segment 2 digit dan arduino uno (3), Rangkaian arduino control servo dengan hc0 simulasi proteus (2), from zero to a pro ar (1), From zero to a pro arduino Abdul kadir pdf (1), from zero to a pro html pdf (1), from zero to pro arduino (1), macam arduino bt (1), pdf From Zero To A Pro : Arduino - Abdul Kadir (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan pada “[Buku] From Zero to Pro Arduino

Berikan tanggapan anda