[Buku] Getting Started With Arduino 2nd Edition


E-book Getting Started with Arduino 2nd Edition adalah e-book yang ditulis oleh Massimo Banzi yang merupakan co-founder dari Arduino, e-book setebal 130 halaman ini membahas hal2 dasar seputar board arduino dan pemrogramannya menggunakan arduino IDE.

Edisi kedua yang dirilis pada tahun 2011 ini menggunakan Arduino Uno sebagai contoh board arduino yang cukup simple dan murah, sementara edisi pertama e-book ini masih menggunakan arduino Duemilanove yang memang posisi boardnya telah digantikan oleh Uno.


Seperti halnya e-book untuk pemula, pada e-book ini dimulai dari pengenalan arduino secara konsep, hardware, software, tata cara instalasi IDE dan drivernya di lingkungan Windows, dan Macintosh, serta beberapa program dasar seperti blinking led dan push button.

getting_started_with_arduino_2nd_editionUntuk memperkaya pengetahuan pembacanya juga disediakan beberapa contoh program tambahan menggunakan beberapa sensor, komunikasi serial, kontrol motor dengan PWM. Yang menarik dari buku ini adalah gambar visualisasi yang nampak pada buku ini terlihat seperti gambaran tangan, jadi kita memang gak akan menemukan gambar board arduino yang asli atau tampilan foto komponen seperti resistor ataupun sensor, semuanya terlihat seolah2 digambar secara manual. Benarkah digambar atau tidak, saya sendiri tidak tahu.


Mungkin ini memang menjadi ciri khas dari e-book yang dipublikasi oleh O’Reilly Media untuk seri buku “getting started”-nya. E-book ini bisa dijadikan pegangan untuk mereka yang baru mengenal arduino dan ingin mencoba beberapa aplikasi sederhana menggunakan arduino.

Silahkan menuju link ini untuk mendownload e-book getting started with Arduino 2nd edition Massimo Banzi, gratis.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda