[Buku] Mikrokontroler AVR ATMega8/32/16/8535 WinAVR


Buku Berjudul Mikrokontroler AVR ATMega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR karya Ardi Winoto ini menurutku salah satu buku panduan belajar mikrokontroler yang wajib punya.

Bahasa yang digunakan detail, tapi tidak njlimet, buku ini cocok digunakan untuk pemula yang baru mengenal mikrokontroller keluarga AVR ATmega karena menampilkan secara lengkap deskripsi hardware sampai fungsi2 register yang ada dalam mikrokontroler ATMega.

Pemilihan judul penggunaan atmega8, atmega32, atmega16 dan atmega8535 karena memang ke empat jenis tersebut merupakan yang terpopuler dalam keluarga AVR ATMega, dan karakteristik mikrokontroller tersebut sama, yang membedakan hanya kapasitas memorinya, kecuali atmega 8 yang hanya memiliki 3 kelompok PORT I/O.

Buku ini dibuka dengan materi tentang sistem bilangan dan gerbang logika, kemudian dilanjut dengan materi basic tentang bahasa C yang cukup lengkap, baru merangkak ke arsitektur hardware dan fungsi2 dalam ATmega berikut contohnya.

ardi winoto mikrokontroler avr atmega8-32-16-8535 dan pemrogramannya dengan bahasa c pada winavrYang terbaik dari buku ini adalah kematangan penguasaan teori seputar mikrokontroller dan ATmega, penjelasan detail tentang fitur2 atmega, terutama arsitektur, register2 penting seperti timer, ADC, EEPROM dan USART, tidak ketinggalan penulis juga memberikan materi tentang pembuatan karakter sendiri pada LCD. Meskipun tools compiler yang digunakan Ardi Winoto berbeda dengan tools yang biasa kugunakan, banyak penjelasan dari buku ini yang sangat membantu memahami struktur bahasa maupun sintaks yang ada dalam Codevision AVR. Bukan hanya karena memang WinAVR dan CV-AVR sama2 berbasis bahasa C, tetapi karena penulisnya mampu membaca celah perbedaan platform compiler bukan menjadi masalah penting, karena apapun compilernya, obyek programmingnya sama.

BACA JUGA:   RTC DS 1307 dengan Codevision AVR [2]

Untuk eksekusi contoh program meski tidak selengkap buku lain yang menyertakan contoh program 1-wire/ bluetooth/ ping, contoh2 program dasarnya sudah cukup untuk memberikan basic kuat buat para pemula di bidang mikrokontroler. Setiap latihan program dilengkapi dengan flowchart yang memudahkan pemula memahami arti program yang sedang dibacanya.

Jika pun ada kekurangan dalam buku ini, hanya pada penggunaan RS232 sebagai komunikasi serial yang saat ini mungkin malah akan menyusahkan pembaca, mengingat port serial pada PC dan laptop sekarang sudah jarang, tetapi mengingat buku ini memang terbit perdana 6 tahun lalu, bisa dimaklumi karena pada saat itu koneksi dengan port serial masih sering digunakan dalam proses downloading/komunikasi mikrokontroler.

Buku terbitan 2008 ini highly recommended buat mereka yang ingin belajar lebih dalam tentang teori seputar mikrokontroller atmega atau pemula yang baru mempelajari mikrokontroler.

BELI BUKU MIKROKONTROLLER AVR
Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535: Simulasi, Hardware dan Aplikasi
Lingga Wardhana
Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega16: Menggunakan Bahasa C (CodeVision AVR)
Heri Andrianto
Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR
Ardi Winoto
Aplikasi dan Teknik Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmel
Sidik Nur C
Pemrograman Bahasa C Untuk Mikrokontroler ATMEGA8535
Ary Heryanto
Teknik Rancang Bangun Robot Tingkat Dasar
Andi Nalwan
20 Aplikasi Mikrokontroler ATMega 8535 & ATMega 16 Menggunakan Bascom-AVR
Afrie Setiawan
Mikrokontroler AVR ATMEGA8535
Syahrul


DMCA.com Protection Status

buku mikrokontroler pdf (22), buku mikrokontroler (13), belajar mikrokontroler pemula pdf (11), buku tentang mikrokontroler (10), buku microcontroller (7), buku mikrokontroler basic (5), ebook mikrokontroler pdf (4), ebook mikrokontroler atmega8535 (4), mikrokontroler atmega8535 pdf (4), Materi ebook mikrokontroller At mega 328 (4)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

5 tanggapan pada “[Buku] Mikrokontroler AVR ATMega8/32/16/8535 WinAVR

  • arman

    (Desember 17, 2015 - 6:06 pm)

    toko togamas surabaya ya

    • anotherorion

      (Desember 18, 2015 - 12:46 pm)

      ga apal mas klo di surabaya, coba tanya ke admin twitter togamasnya aja

  • gio

    (Juli 17, 2015 - 8:38 pm)

    beli bukunya di mna bang….. ?´╗┐

    • anotherorion

      (Juli 26, 2015 - 1:57 pm)

      saya di togamas mas, klo mau online coba ke biobses

  • Hilman

    (Januari 6, 2015 - 11:53 am)

    saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika,untuk berbagi pengetahuan
    kami juga mempunyaiartikel semacam ini yang bisa anda kunjungi di Klik Disini , terima kasih

Berikan tanggapan anda