[Buku] Pemrograman mikrokontroler AVR ATmega16 menggunakan bahasa C (Codevision AVR)


ATMega 16 adalah salah satu jenis mikrokontroler AVR yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi elektronika. Buku Pemrograman Mikrokontroler ATMega 16 menggunakan bahasa C (CodevisionAVR) ini ditulis Heri Andrianto pada tahun 2008.

Penggunaan keluarga ATmega saat itu memang marak dan mulai dilirik untuk menggantikan mikrokontroler keluarga MCS51 (seri AT89C51, AT89S51, AT89S52). Salah satu daya tarik AVR ATmega adalah kemampuan ISP – In System Programming dan kemampuan melakukan konversi ADC tanpa bantuan IC eksternal.

pemrograman mikrokontroler avr atmega16 menggunakan bahasa C Codevision AVR edisi non revisi heri andriantoPenggunaan bahasa aras tinggi semacam C dan basic dalam dunia programming mikrokontroler memudahkan para praktisi pemula yang ingin belajar mikrokontroler tanpa harus mempelajari pemrograman bahasa Assembly yang lebih sulit. Beberapa compiler untuk mikrokontroler pun bermunculan, Codevision AVR, SDCC, Bascom, WinAVR, MikroC dan AVRStudio.

Buku karangan Heri Andrianto ini memfokuskan pada penggunaan compiler Codevision AVR untuk memprogram AVR ATMega16, tentu saja anda bisa menggunakan Codevision untuk memprogram seri AVR lainnya juga.

Buku ini termasuk yang paling mudah dipahami dari semua buku belajar  pemrograman bahasa C dengan CodevisionAVR (oh shit, penerbit/penulisnya harus kirim gw buku revisinya gratisan nih coz udah kupromoin) penggunaan bahasa pengantarnya tidak terlalu teknis tapi masih bisa diikuti karena langsung diberi contoh aplikatifnya. Sampel programnya juga tidak sebertele-tele salah satu buku penerbit lain yang pernah aku tulis. Untuk pengguna pemula ini akan lebih mudah mempelajari poin yang sedang dibahas.

BACA JUGA:   belajar mikrokontroler ATMega16; Membuat nyala led sesuai jumlah penekanan tombol

Untuk edisi non revisi, materi yang disampaikan sudah cukup kompleks, meski masih bersifat dasar2 saja, dimulai dari pengenalan arsitektur keluarga ATMega, penggunaan bahasa C, teknik downloading ke IC mikrokontroler dan pembuatan evalution board untuk memudahkan pembaca mempraktikan secara langsung materi dalam buku ini.  Materi utamanya adalah kendali I/O: push button, keypad matriks, led, 7 segment, dot matrix dan LCD, Interupsi eksternal, timer/counter, EEPROM, ADC, PWM, motor (servo, stepper dan DC) USART, infra red dan di bab bab terakhir dipraktikan tentang cara pembuatan robot mobil line follower. Sementara edisi revisinya ada penambahan bab untuk real time clock menggunakan DS1307, signal conditioning dan sensor ping.

Terdapat CD yang berisi materi2 yang diulas dalam buku, hanya saja sayang sekali isinya hanya berupa file codevision-nya saja. Meski hal tersebut untuk pengguna sudah lebih dari cukup, tetapi untuk beberapa materi yang sedikit sulit dan mengakomodasi orang yang baru belajar pemrograman mikrokontroler dengan codevision akan lebih baik jika penulis menyertakan file simulasi ISIS proteusnya, sehingga pembaca dapat melihat sendiri hasil dari pembahasan yang ada dalam buku.

BACA JUGA:   Decade Counter dengan Codevision AVR

So, aku gak ngrekomendasiin beli buku ini yang belum direvisi, mending beli yang udah edisi revisi biar gak masygul kek aku, sem!

BELI BUKU MIKROKONTROLLER AVR
Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535: Simulasi, Hardware dan Aplikasi
Lingga Wardhana
Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega16: Menggunakan Bahasa C (CodeVision AVR)
Heri Andrianto
Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR
Ardi Winoto
Aplikasi dan Teknik Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmel
Sidik Nur C
Pemrograman Bahasa C Untuk Mikrokontroler ATMEGA8535
Ary Heryanto
Teknik Rancang Bangun Robot Tingkat Dasar
Andi Nalwan
20 Aplikasi Mikrokontroler ATMega 8535 & ATMega 16 Menggunakan Bascom-AVR
Afrie Setiawan
Mikrokontroler AVR ATMEGA8535
Syahrul


DMCA.com Protection Status

pemrograman mikrokontroler avr atmega16 menggunakan bahasa c ( codevisionavr ) pdf (23), buku pemrograman mikrokontroler AVR ATmega16 menggunakan bahasa C (6), mikrokontroler pdf (5), cara download program avr ke atmega 16 (4), belajar mikrokontroler atmega16 (3), bahasa c codevision avr (3), buku codevision avr (3), Buku mikrokontroler atmega16 (2), belajar mikrokontroler atmega8535 dengan bahasa c (2), pemrograman mikrokontroler AVR atmega16 (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “[Buku] Pemrograman mikrokontroler AVR ATmega16 menggunakan bahasa C (Codevision AVR)

  • Syaiqun Nizar Saputra

    (Desember 5, 2015 - 11:45 am)

    Kalau boleh tanya, kapan Buku-buku mikrokontroller itu di Stok lagi ? kok stok semua yang saya minati pada kosong,

  • Priyo Harjiyono

    (Desember 8, 2014 - 6:24 am)

    ke web penerbitnya di biobses.com saja mas

  • Indra U Gaman

    (Desember 8, 2014 - 12:51 am)

    gimana cara mesan bukunya mas?? atau ada nomor handphone atau pin BB yang bisa dihubungi??

Berikan tanggapan anda