[Buku] Percy Jackson’s: Greek Gods


Nama Percy Jakson saat ini sedikit banyak telah menghapus citra kemaskulinan Hercules sebagai satu-satunya anak setengah dewa paling ganteng di dalam cerita Disney, atau setidaknya membuat kita menutup mata tentang kisah kepahlawanan Perseus, dan tentu saja kalau boleh dibilang, kemunculan Percy juga seolah ingin menghapus kisah demigod dari keturunan Zeus.

Rick Riordan sepertinya memang ingin tampil sebagai juru bicara bagi trah Poseidon dan membuka tabir tentang kisah dewa dewi Yunani dan para anak haram para dewa, lepas dari versi humas keluarga Zeus.

Meski sejujurnya, aku belum pernah membaca satupun novel Rick Riordan, baik yang berkaitan dengan si Percy ini atau karangan berseri lain miliknya seperti The Kane Chronicles maupun The Heroes of Olympus. Hanya saja, aku mendadak ilfil sejak muncul sekuel kedua dari Percy Jakson di layar lebar; Sea of Monster.

buku percy-jacksons-greek-godsSepertinya ini bukan semata kesalahan si Rick, aku lebih menganggap kegagalan penulis naskah dan sutradara menggambarkan adegan petak umpet dengan Cyclops menjadi lebih menyeramkan, atau menghadirkan suasana betapa horornya kebangkitan Chronos yang seolah terlihat wagu di film tersebut. Beneran kalah epik dibanding Wrath of The Titans misalnya, atau tetep kalah greget dibanding Immortals yang bentuk dewanya agak kekanak-kanakan. Meski tetep, klo soal cewek, wajah Annabethnya beneran ngegemesin.

BACA JUGA:   Buku: Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia

Nah tetapi waktu mampir ke Togamas kemarin mataku gak bisa lepas dari buku sempalan dari kisah Percy ini, Greek Gods. Buku berukuran 19 x 24 cm ini memang susah untuk luput dari pandangan mengingat dimensinya yang gak biasa untuk buku-buku novel fantasi. Dan mungkin lebih parah dari itu karena buku ini adalah versi lebih ngigo dari sekedar menciptakan demigod masa kini.

Tapi justru disitulah mungkin aku ngerasa bagaimana kemampuan Rick Riordan mengotak atik kata dan memutarbalikkan fakta malah membuat buku ini tampak keren, (mungkin aku dikutuk Hercules karena menyebut buku ini keren)

Buku ini mengisahkan tentang sisi gelap para makhluk abadi, dimulai dengan penciptaan dewa pra sejarah, para Titans, lalu para Cyclops, Dewa dewi Olympus dan keturunan-keturunan tidak sah mereka, tanpa menyebut tentang Hercules dan Perseus tentunya, atau mungkin aku lupa apakah kedua nama itu sempat terselip dalam satu dua kalimat dalam buku setebal 397 halaman ini.

Yang menyenangkan, Rick yang berpura-pura sebagai Percy dalam buku ini menuliskan semua pengetahuannya tentang kisah para dewa, kelakuan mesum bahkan kanibalisme terhadap darah daging mereka sendiri dengan bumbu kekinian yang kadang susah dinalar oleh para penyuka sejarah.

BACA JUGA:   Togamas, toko buku diskon selamanya

Sebagai contoh, Rick menyempatkan diri mampir ke KFC saat mengajak pembaca masuk ke hutan keramatnya Ares, dan Ares yang memakai kolor G.I Joe saat ditangkap bermesraan bersama Aphrodite, Gaea dan Ouranos bercengkrama di atas Sofa, dan masih banyak kekonyolan lainnya. Ini tentunya sangat menyakitkan para arkeolog maupun sejarawan, tapi menyenangkan buat para penyuka cerita konyol yang ingin lebih membumikan dewa dewi pujaan mereka.

Buat aku sendiri yang ingin membaca sejarah dewa dewi Yunani dengan gaya yang santai, buku ini benar-benar sebuah surprise, karena Rick tidak akan berusaha membuat dahi pembacanya berkerut saat menguak sedikit demi sedikit rahasia Olympus, dia selalu membenamkan lelucon bodohnya agar kita tidak benar-benar menganggap tulisannya cukup waras untuk dipercaya.

Percy Jackson's Greek Gods


Beli buku ini


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda