Buku: Workbook CCNA Best Path Training Center


Workbook CCNA Best Path Training Center, begitulah judul sebuah buku yang ditulis oleh salah satu master jaringan om Danu Wiyoto. Aku tertarik buat beli buku itu waktu om Danu menawarkan di salah satu grup jaringan di Facebook dan akun pribadinya bahwa om Danu akan mencetak sebuah workbook hasil karyanya sendiri.

Dari penawaran tersebut mendapat sambutan meriah dari komunitas jaringan, baik praktisi, guru, pelajar, mahasiswa dan umum. Harga yang ditawarkan saat itu Rp. 140.000 + ongkir. Untuk ongkir ke Jogja waktu itu om Danu ngasih total harga Rp. 150.000.

Singkat kata, buku belajar jaringan ini sampai juga ke tanganku, waktu datang aku agak melongo ngeliat bukunya, dengan jumlah 193 halaman aku jadi penasaran materi apa saja yang sebenarnya dibahas dalam buku ini. Selama ini, aku sering membeli buku-buku jaringan dengan ketebalan kurang lebih 500 halaman, jadi tentu saja aku agak heran dengan workbook ini.

Tak kenal maka tak sayang

Mungkin itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan kualitas isi dari buku ini, atau bisa juga pake peribahasa don’t judge the book by ketebelannya! Catet! Di buku ini, begitu buka aku lagi-lagi dapet serpress, karena di awal materi langsung lompat saja ke pertemuan dua, buka buka buku kali aja om Danu lupa nyelipin materi pertemuan pertama di buku ini, tapi setelah baca latar belakangnya aku jadi ketawa sendiri.

buku belajar cisco workbook ccna best path

Om Danu sebelumnya emang bilang klo materi pertemuan pertama bisa diakses dan disave/ download di blognya danuwi.wordpress.com, jadi jangan repot2 komplain ke om Danu kalo workbook ini gak ada materi pertamanya 😀

BACA JUGA:   KKN PPL

Begitu baca setengah materi pertemuan kedua, baru aku sadar klo kungfu jaringan om Danu emang gak sembarangan. Di buku-buku lain, butuh berpuluh-puluh lembar halaman untuk menyelesaikan 12 sub menu yang ada di pertemuan dua, tapi om Danu memilih menghabiskannya dalam 34 halaman saja.

Mungkin karena namanya adalah workbook, maka isi dari buku ini bisa dibilang full praktek, materi teori bisa dibilang sangat minim. Untuk orang yang sering baca buku teori kayak aku hal ini bisa bikin shock terapi, lho kok gitu dipraktekin tau-tau jadi 😀

Meski terbilang teorinya minim, tetapi simpel dan mengena, jadi sekalinya kita bikin file di packet tracert bisa dipake buat beberapa praktikum yang saling berkesinambungan. Butuh jam terbang tinggi nih biar bisa ngikutin cara om Danu ngasih topologi yang bisa diaplikasikan dalam beberapa materi sekaligus.

Apa sih yang dibahas di Workbook CCNA Best Path?

Banyak materi yang dikemas dalam enam pertemuan di workbook ini. Terkait penggunaan Router, Switch Manageable, Wireless Router dan beberapa perangkat lain. Untuk materinya beberapa tidak aku tampilkan karena banyaknya materi yang dibahas, tapi sebagai bocoran bisa disimak dibawah ini:

  1. Basic network, OSI layer, pengkabelan, mac & ip address, subnet, vlsm – tidak terdapat dalam buku
  2. IOS, telnet, SSH, VLAN, Trunk, DTP, CDP
  3. Router on Stick, DHCP, MLS, Ether-Channel, Spanning Tree
  4. Routing; Static, RIP, OSPF, EIGRP, redistribution
  5. ACL, NAT, IPv6, WLAN, SNMP,
  6. HDLC, PPP, Frame Relay
BACA JUGA:   Google Pasca Nokia

Enaknya, selain bisa dijadikan sebagai referensi buku cisco CCNA berbahasa Indonesia, bahasa yang digunakan om Danu di workbook ini juga enak buat dibaca, karena menggunakan tata bahasa non formal dan tidak kaku, jadi para pembaca bisa santai mempelajari satu demi satu materi yang disajikan.

Serius, buku ini rekomended banget buat yang ingin belajar jaringan cisco lebih mendalam atau ingin mengikuti ujian CCNA. Buku ini bisa dipake buat panduan belajar secara otodidak, selain tentu saja memperkaya referensi dengan membaca buku-buku CCNA/ jaringan lain maupun dengan mendownload berbagai ebook jaringan gratis di internet.

Oh ya, om Danu juga siap mengcustom workbook ini jika ada sekolah yang ingin mengkolektifkan siswa siswinya membeli buku ini untuk kebutuhan praktikum maupun pembelajaran di jurusan TKJ SMK, jadi cocok buat SMK/kampus yang menyelenggarakan Cisco Networking Academy di institusi masing-masing. Buat rekan-rekan guru, praktisi, dosen, mahasiswa dan pelajar yang ingin mencari buku buat belajar jaringan Cisco monggo bisa menghubungi om Danu Wiyoto di halaman Facebooknya atau di blognya langsung.

Postingan ini sekaligus untuk membayar utang janji saya pada om Danu buat ngereview buku ini, ngapunten baru bisa terlaksana setelah sekian lama. Selamat juga buat om Danu Wiyoto atas gelar CCIE yang berhasil diraihnya, semoga bisa terus memberikan manfaat buat rekan-rekan baik yang berkecimpung dunia profesional maupun dunia pendidikan.


DMCA.com Protection Status

best path training center (2), buku best path training center pdf (1), buku bestpath (1), buku ccna bahasa indonesia danu (1), buku ebook cisco teori dan praktek (1), filetype:doc belajar cisco router (1), Materi yang sering dibahas di buku cisco ccnp (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda