Cara memulai bisnis online untuk pemula


Memulai bisnis online untuk pemula adalah sebuah hal yang baru, sebelum memulainya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemula ketika ingin terjun dalam dunia bisnis online. Definisi bisnis online sendiri tidak melulu harus menjual produk lewat dunia maya. Hal tersebut memang salah satunya, ada banyak lagi cara berbisnis online selain menjadi penjual online/ online seller.

Sebelum kita memulai, mari kita siapkan sebuah pena dan kertas untuk mencatat daftar pertanyaan berikut sebagai persiapan sebelum masuk dalam blantika bisnis online.

  1. Apa yang ingin anda jual?
  2. Bagaimana cara kerjanya?
  3. Apakah anda butuh supplier untuk barang yang anda jual?
  4. Siapa pangsa pasar anda?
  5. Bagaimana cara marketingnya?

Mari kita mulai dengan pertanyaan pertama. Apa yang ingin anda jual?

Dalam dunia bisnis online, kita bisa berjualan produk barang maupun jasa, produk barang adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan benda. Jika kita ingin menjual barang tentunya, kita perlu memikirkan masalah stok, pengepakan dan pengiriman. Barang yang kita tampilkan untuk dipajang di dunia maya sebisa mungkin harus sama persis dengan yang kita kirimkan. Sebagaimana kita tahu, ada produk dengan kualitas ori maupun kw, tidak perlu malu jika anda tidak menjual barang berkualitas terbaik, masih banyak calon konsumen yang tidak keberatan dengan kualitas barang sedikit lebih rendah, asal nilai yang ada pada barang tersebut sesuai antara harga dan kualitasnya. Hal ini untuk memberikan kepastian pada pelanggan bahwa mereka mendapatkan barang yang mereka lihat di web anda.

Jika anda menjual jasa, ada banyak pilihan jasa yang bisa anda jual, bergantung kepada skill yang anda miliki. Jika anda seorang graphic desainer, web desainer, programmer atau seorang copy writer, anda bisa melakukan transaksi penjualan jasa anda secara langsung lewat internet. Hasil pekerjaan anda bisa anda kirimkan lewat email kepada klien anda. Jika jasa yang anda tawarkan memerlukan kehadiran anda/tim anda secara fisik, misal; jasa perbaikan komputer, bimbingan belajar, reparasi handphone, sedot wc, instalasi jaringan/perangkat elektronik maka anda harus memberikan kepastian pada pelanggan coverage dari layanan jasa anda, jam pelayanan dan nomor telpon/ info kontak dan alamat jelas yang bisa dihubungi pelanggan secara langsung. Biasanya untuk jasa semacam ini layanannya terbatas dalam lingkup kota tertentu.

BACA JUGA:   Buku: Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia

Pertanyaan kedua; Bagaimana cara kerjanya?

Saat anda memutuskan berbisnis di dunia online, anda memiliki dua pilihan, menjadi seorang full-timer netpreneur atau part-time netpreneur. Untuk pemula saya sarankan anda memulai bisnis anda sebagai part-time netpreneur, anda bisa mulai membuka bisnis anda dengan tidak meninggalkan pekerjaan utama anda sehari-hari.

cara memulai bisnis online

Manajemen waktu menjadi penting saat anda memilih untuk terjun di dunia bisnis online, selain waktu untuk pekerjaan utama anda, anda juga harus menyisihkan waktu untuk keperluan keluarga maupun keperluan pribadi lainnya. Alokasikan waktu untuk mengelola bisnis online anda dan belajar cara mengembangkannya.

Jika bisnis online anda sudah berkembang pesat, anda perlu untuk memikirkan rekrutmen karyawan, misalnya sebagai admin pembukuan, tim delivery, admin social media/website anda, dll. Anda fokus pada pengembangan bisnis dan memperkuat daya saing anda di dunia maya.

Apakah anda butuh supplier untuk produk anda?

Jika anda berjualan barang, anda bisa menjadi produsen yang menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar, tetapi jika anda memulainya dari nol. Anda bisa mencari supplier untuk produk-produk yang akan anda tawarkan. Untuk mencari supplier produk, anda bisa mencari di sekitar kota anda, atau lewat internet. Banyak sekali toko online yang menawarkan kerjasama dropshiper atau reseller yang bisa anda ambil.

BACA JUGA:   Widget Statistik untuk mempercantik tampilan blog

Siapa yang menjadi pangsa pasar anda?

Konsumen di internet sangat beragam, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, wanita karir, mahasiswa, para eksekutif muda hingga para pelajar sekolah. Dengan melihat produk yang ingin anda tawarkan anda tentunya sudah bisa mengira siapa target pasar anda.

Setiap segmen pasar memiliki karakteristiknya sendiri, ibu-ibu rumah tangga memerlukan peralatan yang berkualitas dan murah, eksekutif muda dan mahasiswa memerlukan barang-barang yang trendy dan kekinian, para wanita karir membutuhkan benda-benda yang menunjang penampilan mereka. Anda perlu mempelajari karakteristik segmen pasar yang anda tuju. Bisa dengan mengikuti komunitas tertentu yang cocok sebagai sasaran marketing anda

Bagaimana cara marketing produk anda?

Memasarkan produk anda di internet tentunya butuh strategi marketing, tetapi sebelum bicara strategi marketing yang muluk-muluk, ada baiknya anda sudah mengetahui pangsa pasar anda. Setelah itu barulah anda bisa mulai mempromosikan layanan anda kepada mereka. Beberapa social media seperti facebook, twitter dan instagram dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Anda bisa menggunakan layanan blogging platform gratis seperti WordPress dan Blogspot untuk memajang foto produk atau memberikan deskripsi mengenai setiap produk tersebut. Jika anda merasa perlu membeli buku cara membuat blog atau cara berbisnis online, saran saya, belilah.

Selain itu, mendaftarkan diri di berbagai layanan marketplace online seperti Tokopedia juga dapat membuat lebih banyak netizen mengenal produk dan layanan anda. Jika anda memiliki dana berlebih, anda bisa mengalokasikan untuk membuat website anda sendiri.

Yang paling penting, ingatlah bahwa mencari uang di internet tidaklah benar-benar mudah, semua bergantung pada seberapa kerasnya anda berusaha. Semakin keras usaha anda, semakin dekat pula kesuksesan anda sebagai online marketer.

Itulah beberapa tips cara memulai bisnis online untuk pemula dan semoga sukses 🙂



DMCA.com Protection Status

bisnis online 2016 filetype:doc (1), kisi kisi bisnis online (1), kisi-kisi bisnis online (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan pada “Cara memulai bisnis online untuk pemula

  • @bangsaid

    (Oktober 19, 2015 - 9:28 pm)

    Saya udah coba beberapa kali jualan online. Tapi kayaknya bakat saya bukan disitu ya 😀 Malah dari nulis bisa ngasilin duit

    • anotherorion

      (Oktober 20, 2015 - 12:14 pm)

      hahaha saya juga susah mas klo disuruh jualan 😀

  • Nathalia DP

    (Oktober 19, 2015 - 4:34 pm)

    iya yah, kmarin sempet pny toko online, knp ga kpikiran daftar di tokopedia yah…

    • anotherorion

      (Oktober 20, 2015 - 12:14 pm)

      biar simple emang mending bikin toko di marketplace macem tokopedia ya mbak, jadi bisa lebih fokus ke jualannya

Berikan tanggapan anda