Cara Mengatasi Komedo Secara Tepat


Komedo bisa dibilang merupakan ‘saudara kembar’ dari jerawat yang menjadi pengganggu wajah bersih dan sehat.  Komedo muncul sebagai efek dari produksi sebum secara berlebih pada daerah wajah.

Sebum pada kondisi normal diperlukan untuk melembabkan kulit, namun saat produksinya berlebihan akibat berbagai faktor termasuk hormonal dan cara diet yang salah, sebum yang dikeluarkan melalui pori-pori ini bisa mengalami penyumbatan dan akhirnya mengundang bakteri untuk tumbuh hingga muncullah yang namanya komedo. Secara umum, komedo biasanya lebih banyak menyerang orang dengan kulit berminyak karena disukai bakteri untuk berkembang.

Terdapat dua jenis komedo yang dikenal yaitu:

  1. Blackhead (komedo terbuka)

Jenis ini, komedo yang ada tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Warna komedo ini menjadi kehitaman disebabkan oksidasi saat kontak dengan udara bebas dipermukaan kulit wajah.

  1. Whitehead (komedo tertutup)

Komedo ini berada di lapisan kulit ari yang tersumbat oleh kotoran dan lemak. Secara fisik, komedo whitehead tampak seperti benjolan kecil-kecil yang berwarna cenderung putih atau kekuningan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo?

Sebelum berbicara tentang bagaimana cara mengatasi komedo, ada baiknya kita lihat dulu hal-hal yang harus diperhatikan terkait kulit wajah agar komedo dan jerawat tidak merajai wajah kita.

  1. Pertama, kenali jenis kulit

Mengenali jenis kulit masing-masing merupakan hal wajib untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih. Salah dalam mengenali karakter kulit bisa berakibat fatal karena anda bisa jadi melakukan treatment perawatan yang kurang tepat sehingga kesegaran dan kesehatan wajah yang terpancar pun tidak maksimal. Khusus untuk wajah berminyak, tipe ini memang diketahui punya potensi komedo yang lebih tinggi, sehingga pastikan anda memilih produk kecantikan wajah yang bisa menekan minyak berlebih.

  1. Kedua, gunakan pembersih yang tepat

Pembersih wajah berfungsi untuk memaksimalkan pengangkatan kotoran dan sel kulit mati, apalagi bagi yang aktif bergerak di luar ruangan, fungsi pembersih sangat dibutuhkan untuk menjaga penumpukan kotoran dan bakteri pada kulit.

  1. Ketiga, hindari produk pemicu komedo
BACA JUGA:   Kaos Distro Sampai SuperHero, ada disini

Comedogenic. Yap, ini adalah label pada produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan yang bisa memicu munculnya komedo. Diantara yang umum termasuk dalam produk comedogenic adalah jenis susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat.

Tipe kosmetik ini bisa menyumbat pori-pori dan bahkan bisa menyebabkan peradangan karena sirkulasi pori yang tidak lancar. Saat ini, beberapa produk kosmetik mulai mencantumkan label non-comedogenic untuk meyakinkan konsumen bahwa produk mereka bebas zat pemicu komedo.

Nah, jika anda merupakan pengguna tetap produk-produk di atas namun tidak mendapat informasi label apakah kosmetik yang anda gunakan comedogenic atau tidak, solusi praktisnya adalah dengan rajin membersihkan muka secara rutin.

cara mengatasi komedo dengan masker pepaya

Normalnya, seseorang disarankan untuk mencuci muka 3 kali sehari yakni ketika bangun pagi, untuk mengangkat sel-sel kulit mati selama kita tidur, lalu selepas kita beraktifitas di tengah hari atau sore hari, dan sebelum tidur untuk membersihkan pori wajah dari kotoran hingga bebas bernapas dengan baik dan sehat.

Jika anda termasuk wanita aktif yang selalu menggunakan produk tabur surya, pastikan ada mencuci wajah anda secara berkala, jangan biarkan produk kecantikan seperti alas bedak dan tabir surya bertahan di wajah anda lebih dari 6 jam karena bisa memicu sel wajah menjadi tidak sehat.

Sekarang, jika wajah anda berjerawat, anda bisa melakukan tips alami berikut untuk membantu mengeluarkan komedo :

  1. Masker pepaya

Kandungan papain pada pepaya membantu mengangkat sel kulit mati, dan mampu memecah gumpalan sebum. Gunakan masker dari pepaya yang sudah dihancurkan, diamkan pada area berkomedo selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Jus lemon
BACA JUGA:   7 Tips Sederhana Cara Menciptakan Rumah Yang Nyaman

Kandungan asam alpha-hydroxy pada lemon baik untuk mencegah tumbuhnya komedo. Vitamin C juga akan memaksimalkan penjagaan dengan cara mengencangkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Gunakan air perasan lemon pada wilayah wajah berkomedo, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan.

  1. 3. Tomat

Tomat juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena ia memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga membantu menjaga kesegaran dan kesehatan kulit dengan menjaganya tetap kencang.

  1. Uap panas

Beberapa orang menggunakan terapi uap panas untuk menghilangkan kotoran pada wajah. Uap panas yang mengalir ke wajah dapat membantu melancarkan pori-pori yang tersumbat, mengeluarkan kotoran di dalamnya, dan mengurangi minyak berlebih.

Cara mengatasi komedo dengan uap panas ini sederhana, cukup gunakan handuk yang telah dibasahi lalu letakkan menutupi wajah anda sebelum mulai memberikan uap panas. Lakukan 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Hindari uap yang terlalu panas karena ia justru bisa membuat kulit kering akibat luruhnya minyak secara berlebihan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah.

  1. Hubungi dokter

Jika komedo sudah tidak terkendali dan muncul dalam jumlah yang berlebihan, menghubungi tenaga medis merupakan jalan terbaik untuk bisa mengobati gangguan komedo pada wajah anda.

Nah demikian tadi tips atau cara mengatasi komedo yang bisa kamu terapkan apabila kamu ingin segera mengusir komedo yang seringkali singgah di wajahmu. Pastikan kamu melakukan treatment-nya secara rutin dan benar ya, agar komedo tidak kembali muncul di wajahmu dan kamu pun bisa semakin tampil percaya diri dengan wajah yang bersih dan sehat.




DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di info dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *