Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Mandiri


Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Penyakit jenis ini seringkali menjadikan anak kecil dan remaja sebagai sasarannya. Ciri khas dari radang tenggorokan ini adalah rasa sakit saat menelan makanan. Terlebih makanan yang bertekstur kasar.

Sebelum berbicara tentang cara mengatasi radang tenggorokan tersebut perlu diketahui terlebih dahulu apakah penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Sebab radang yang disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri memerlukan penanganan yang berbeda.

Radang tenggorokan yang disebabkan infeksi virus tidak membutuhkan antivirus dalam proses penyembuhannya. Melainkan cukup mengandalkan sistem pertahanan tubuh pasien saja. Lain halnya dengan radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Dalam penyembuhannya diperlukan antibiotik. Itu artinya pasien dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk kemudian bisa diberikan resep penggunaan antibiotik yang dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami paparkan cara mengatasi radang tenggorokan yang bisa Anda terapkan secara mandiri.

Tips mengatasi radang tenggorokan

Gunakan Bawang Putih

Selama ini bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu yang wajib ada dalam setiap masakan. Namun ternyata ada manfaat lain yang bisa diperoleh dari bawang putih ini, yakni sebagai obat radang tenggorokan.

Caranya cukup sederhana, Anda cukup mengambil satu buah siung bawang putih. Kupaslah bawang tersebut, lalu cucilah hingga bersih. Selanjutnya kunyahlah bawang putih hingga bawang putih itu mengeluarkan alicin. Alicinlah yang memiliki andil dalam penyembuhan radang tenggorokan. Lakukan cara ini dengan rutin hingga radang tenggorokan Anda benar – benar sembuh.

BACA JUGA:   Memahami Reksa Dana

Gunakan Air Lemon

Cara mengatasi radang tenggorokan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air lemon. Sepertinya semua sepakat bahwa air lemon adalah salah satu sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga sangatlah tepat jika dalam penyembuhan radang tenggorokan ini air lemon dijadikan salah satu obat alami untuk mengatasi radang.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu buah lemon segar. Setelah itu belahlah menjadi dua bagian, lalu peras hingga seluruh air yang terdapat dalam lemon keluar. Dalam hal ini Anda dilarang menambahkan pemanis apapun ke dalam air perasan lemon. Selanjutnya tambahkan air hangat pada air lemon tersebut dan aduklah. Air lemon pun siap untuk diseduh. Minumlah sedikit – sedikit agar tenggorokan bisa merasakan hangatnya air perasan lemon.

Gunakan Belimbing


Cara mengatasi radang tenggorokan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah belimbing. Buah yang bentuknya ketika diiris menyerupai bintang ini memiliki cita rasa yang khas, asam manis jadi satu. Namun jangan salah, di balik rasa yang khas tersebut ternyata belimbing juga memiliki khasiat untuk mengatasi radang tenggorokan.

BACA JUGA:   Ini dia 4 destinasi wisata keren di Malang

tips mengatasi radang tenggorokan

Caranya adalah dengan menyiapkan satu buah belimbing yang sudah matang. Kemudian kupas hingga bersih. Lalu blenderlah belimbing tersebut sampai halus dan jangan menambahkan pemanis apapun. Minumlah jus belimbing 3 kali dalam sehari agar radang tenggorokan yang Anda derita bisa segera sembuh.

Gunakan Garam Dapur

Selain digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, garam juga bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh radang tenggorokan. Bahkan garam juga bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi.

Menggunakan garam sebagai obat radang tenggorokan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda cukup mengambil setengah sendok makan garam lalu meletakkannya pada gelas. Selanjutnya tambahkan air hangat, lalu aduklah hingga garam larut dalam air. Jika garam sudah larut, gunakan air garam tersebut sebagai obat kumur. Lakukan treatment sederhana ini sehari sekali secara rutin agar radang tenggorokan bisa sembuh.

Demikian tadi cara mengatasi radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Jika Anda ingin radang tenggorokan segera sembuh tanpa mengandalkan obat – obatan kimia, bahan – bahan alami di atas bisa menjadi alternatif yang tepat bagi Anda. Selain menyehatkan, bahan – bahan di atas juga tidak memiliki efek samping negatif bagi tubuh.

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Mandiri

  • Hastira

    (November 24, 2016 - 2:22 am)

    yang aku suka pakai ya garam dapur, duh kalau bawang putih kayaknya enggak deh, digigititu kan rasanay sepat

Berikan tanggapan anda