Cara Merawat Ruam Popok dan Alergi Pada Bayi


 

Kulit bayi memang lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus dapat mengantisipasi penyakit kulit pada anak khususnya pada bayi. Perawatan ekstra sangat dibutuhkan untuk menghindari hal-hal tersebut. Tetapi, terkadang ketika Anda sudah merawat kulit bayi dengan baik, ada saja masalah pada kulit si kecil, contohnya ruam popok pada bayi ataupun alergi kulit pada bayi.

Jika Anda mengetahui si kecil memiliki masalah pada kulit, Anda tidak perlu cepat-cepat membawanya ke dokter. Karena masalah tersebut bisa diredakan dengan perawatan khusus. Nah untuk Anda yang penasaran mengenai bagaimana cara merawat kulit bayi yang terkena ruam popok, alergi, atau penyakit kulit. Berikut kami berikan informasinya.

Tips merawat kulit bayi

Salah satu cara untuk merawat bayi agar terhindar dari masalah kulit adalah dengan memandikannya secara baik dan benar. Karena penyakit kulit bisa timbul karena cara memandikan yang salah. Berikut adalah cara memandikan bayi agar si kecil terhindar dari masalah kulit:

  1. Mandikan bayi dengan air yang bersuhu hangat – hangat kuku, yang berarti tidak terlalu dingin ataupun tidak terlalu panas.
  2. Jika bayi terkena makanan, air seni, tinja, ataupun segala jenis kotoran pada kulitnya, segera bersihkan dengan lap yang sudah dibasahi dengan air atau tisu basah.
  3. Bayi yang aktif bergerak, bisa Anda mandikan tiga kali sehari pada waltu pagi, siang, dan juga sore hari.
  4. Sabun bayi yang tidak cocok dengan kondisi kulit bayi juga bisa menimbulkan alergi pada kulit bayi. Jadi pilihlah sabun dengan pH seimbang untuk kulit bayi yaitu 4,5 – 5. Sabun bayi yang memiliki kandungan yang aman dapat membuat kulit bayi Anda memiliki kelembaban yang seimbang.
  5. Jangan lupa untuk membersihkan setiap sela-sela bagian dari tubuh si kecil. Misalnya pada bagian jari, belakang telinga, ketiak, selangkangan, bagian belakang siku, ataupun bagian belakang lutut.
  6. Bagi orang tua juga jangan lupa membersihkan alat kelamin bayi. Jika si keci jenis kelaminnya perempuan, maka bersihkan dengan lap basah dari arah depan ke belakang. Pada bayi laki-laki bersihkan alat kelamin dengan lap basah hingga lubang kecil terlihat.
  7. Bersihkan juga bagian anus bayi ketika ia setelah buang air besar. Anda bisa membersihkannya dengan lap basah atau tisu basah bebas alkohol.
  8. Terakhir, Anda bisa mengeringkan si kecil setelah mandi dengan handuk lembut sampai kulitnya benar-benar kering.
BACA JUGA:   Ini Lho Tips Mengecilkan Perut Buncit

Itu dia beberapa cara memandikan si bayi agar terhindar dari masalah kulit, ruam popok, atau alergi. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin merawat si kecil agar tetap sehat.

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda