catatan minggu ini: Selamat datang kembali


Minggu ini lumayan capek diajakin neng masukin lamaran ke sekolah2 SMP sama SMA, dari yang negeri swasta, yang statusnya terakreditasi A, B, disamakan, tedaftar sampai yang cuman terdengar. Meski dengan adanya peraturan penerimaan di sekolah negeri hanya dari CPNS tetep aja kita nyobain lah namanya juga usaha. Bener juga emang dari pihak sekolah negeri udah ga bisa menerima GTT. pufff

Akhirnya hari kedua kita plot buat cuma mo masuk ke sekolah2 swasta, hmm tapi apa yang terjadi??? ternyata hampir semua sekolah swasta pun belum membutuhkan dengan alasan banyak guru2 mereka kekurangan jam mengajar, apalagi klo bukan karena alasan sertifikasi??

Peraturan pemerintah tentang keharusan para guru PNS untuk memiliki jam minimal mengajar untuk mendapat gaji sertifikasi, dari kasat mata memang bagus untuk mengefektifkan guru benar2 berhak mendapat tunjangan lebih dari profesi mereka. Sayang imbasnya justru menutup terserapnya tenaga pengajar fresh graduate, kenapa??karena guru2 PNS yang kekurangan jam di sekolah negeri akhirnya melakukan ekspansi ke sekolah2 swasta untuk menambah jam mengajar mereka supaya mencapai batas minimal yang diharuskan. Bahkan mereka menawarkan diri untuk mengajar di sekolah swasta tanpa dibayar, jal gimana ga asyik tuh yang jadi kepsek sekolah swasta dapet relawan GTT gratisan????

Simbiosis mutualisme buat mereka yang sudah diatas angin tp tetep aja membunuh ketersediaan lapangan kerja buat pencari kerja yang baru mau masuk dunia kerja. Piye to pak presiden? aparat2mu tuh dah syukur jadi PNS kok ya malah dikasih lahan buat mengekspansi jatah2 GTT dan calon2 GTT



DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda