Menelusuri Pusat Penelitian Pertanian Indonesia

Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor)yang merupakan salah satu universitas yang ada di kawasan Bogor, Jawa Barat.Universitas ini memang sejak dahulu bisa dibilang sebagai salah satu universitas yang cukup diperhitungkan eksistensinya karena merupakan salah satu universitas yang menjadi pusat penelitian untuk beberapa hal yang berhubungan dengan pertanian.Selain itu banyak orang berprestasi yang berhasil diluluskan oleh universitas ini.

Ada banyak hal yang membuat universitas ini berhasil menjadi pusat untuk mengkaji berbagai penelitian yang berhubungan mengenai pertanian. Inilah beberapa alasan tersebut antara lain: Baca selengkapnya tentangMenelusuri Pusat Penelitian Pertanian Indonesia

Pentingnya Fasilitas Dalam Sebuah Universitas

Apakah Anda mengetahui IPB (Institut Pertanian Bogor)? Ini merupakan salah satu universitas yang sudah banyak dikenal orang dengan adanya jurusan pertanian yang ada di Indonesia. Banyak orang juga yang sudah mencoba berpergian ke universitas ini sekedar untuk melihat segala fasilitas yang ada di universitas ini. Jelas sekali sudah ada banyak sekali universitas yang saat ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai dan memberikan mahasiswa banyak kemudahan.

Kampus pertanian di Bogor ini juga memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa mereka dalam rangka membantu mereka dalam proses belajar. Berikut ini adalah fasilitas yang bisa digunakan oleh mahasiswa antara lain: Baca selengkapnya tentangPentingnya Fasilitas Dalam Sebuah Universitas

fasilitas penting sebuah kampus (1), Penting nya fasilitas bagi universitas (1), pentingnya fasilitas kampus (1)
hubungan keluarga dan pekerjaan

Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak

Fungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak – Pendidikan bagi anak memang sangatlah penting, karena pendidikan itu akan menjadi sebuah dasar pola pikir anak kedepannya. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, yakni antara keluarga dan pemerintah. Pendidikan janganlah dianggap sepele terhadap perkembangan anak, karena anak perlunya pendidikan atau didikan dari sekolah maupun dari keluarga. akan tetapi masih ada beberapa keluarga yang menitik beratkan pendidikan anak kepada sekolah, padahal pendidikan itu sendiri bukan hanya dilakukan di sekolah saja, melainkan di rumah pun anak perlu pendidikan dari pihak keluarga, ini merupakan salah satu fungsi keluarga dari segi pendidikan.

Baca selengkapnya tentangFungsi Keluarga Dalam Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak

pendidikan keluarga (1)
bantuan laptop SMK

Bantuan Laptop untuk SMK dari Kemdikbud

Di tengah kesibukan mempersiapkan Lab untuk keperluan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sekaligus lembur akhir semester ganjil 2015/2016, sekolah kami mendapat surprise dari Kemdikbud lewat Dirjen Dikdasmen, yaitu berupa paket bantuan laptop sejumlah 25 unit.

Laptop ini merupakan bantuan untuk sekolah-sekolah penyelenggara UNBK, memang untuk spesifikasi laptopnya sendiri berbeda dengan spesifikasi minimal untuk penyelenggaraan UNBK, yaitu penggunaan processor Celeron N3050, sementara untuk UNBK paling tidak dibutuhkan minimal intel Dual Core/ Core Duo.

Baca selengkapnya tentangBantuan Laptop untuk SMK dari Kemdikbud

apakah intel celeron bisa untuk unbk (2), Jurusan smk yang wajib menggunakan laptop (2), program bantuan kompiter untuk smk berbasis komputer (2), Ujian akhir semester harus punya laptop (1), Mengapa anak smk harus punya laptop (1), masing masing smk mendapat bantuan laptop dari kemdikbud bagaimana caranya (1), lenovo yang bisa buat unbk (1), laptop untuk smk (1), laptop untuk ank smk komputer (1), laptop lenovo apa bisa buat ujian unbk (1)
juara III DWIC 2015

Third Place Second Time DWIC

Hari ini, harusnya aku nemenin anak anak buat ikutan lomba Duta Wacana IT Competition DWIC 2015 di Universitas Kristen Duta Wacana. Tapi karena aku ada keperluan keluarga yang gak bisa ditinggal, aku udah bilang ke anak-anak, klo emang gak ada guru lain yang bisa ganti mendampingi, berangkat sendiri aja, minta sangu ke bendahara sekolah.

Tapi berhubung bendahara sekolah berhalangan hadir juga, dan guru lain tidak ada yang bisa mengantar, mereka datang ke tempat perlombaan sendiri tanpa kawalan. Ya paling gak disana tetep bakalan diopeni sama panitia untuk urusan perutnya mah.

Kami ikut dalam kontes networking, tahun ini adalah tahun kedua kami mengirimkan peserta ke DWIC, sebelumnya kami mengikuti kontes yang sama dan berhasil meraih juara 3. Baca selengkapnya tentangThird Place Second Time DWIC

tulisan juara di piala (2), tulisan pada piala juara kelas (1), tulisan untuk piala juara 1 anak (1)
soal uji kompetensi guru 2015

Latihan Soal UKG

Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 sudah didepan mata, ujian untuk para pendidik dan tenaga kependidikan ini akan dimulai pada bulan November tahun 2015. Jadwal pelaksanaan UKG di beberapa daerah sendiri sudah mulai bermunculan, misalnya untuk jadwal UKG di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah ada jadwal pelaksanaan UKG untuk semua guru di lima kabupaten kota se DIY (Info daftar peserta dan tempat pelaksanaan UKG 2015 terlampir).

Baca selengkapnya tentangLatihan Soal UKG

Gess pameran pendidikan

SEKILAS TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

Jakarta, INDONESIA – 28 September 2015: Saat ini, Indonesia berada dalam posisi ketiga sebagai sistem pendidikan terbesar di wilayah Asia dan posisi keempat di dunia. Berdasarkan data Kementerian dan Kebudayaan pada tahun 2012, Indonesia memiliki 276.511 sekolah di 17.504 pulau. Jumlah sekolah tersebut didominasi oleh sekolah dasar dalam usaha mewujudkan program pemerintah; Wajib Belajar 9 Tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakatnya yang kian tinggi, pemerintah memutuskan untuk mempromosikan investasi di sektor pendidikan termasuk dengan merevisi Undang-Undang No. 20/2003 yang mengizinkan kepemilikan penuh atas institusi pendidikan formal oleh pihak asing. Saat ini Indonesia memiliki 93% sekolah dasar negeri, 44% sekolah menengah negeri dan 33% perguruan tinggi negeri. Jumlah lembaga swasta diperkirakan meningkat demi memfasilitasi meningkatnya jumlah siswa.

Baca selengkapnya tentangSEKILAS TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

sekilas tentang pendidikan (6), sekilas info tentang pendidikan (2), info sekilas pendidikan (1), sekilas pendidik (1), sekilas pendidikan indonesia (1), sekilas tentang pendidikan di indonesia (1), Sekilas tntang pendidikan (1), sekilss info pendidikn (1), semaksud dan tujuan global education supplies and solutions (1)
rapat UNBK UNCBT 2016 Sleman

Koordinasi UNBK Kabupaten Sleman

Hari ini aku dan temenku berkunjung ke SMKN 1 Godean yang terletak di sebelah barat Kota Jogja. Kedatangan kami untuk menghadiri undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dalam rangka rapat koordinasi UNBK tahun 2016.

UNBK atau sebelumnya dikenal dengan nama UN CBT, merupakan proses pelaksanaan Ujian Nasional yang menggunakan bantuan IT. Salah satu tujuan utama UNBK adalah mengurangi penggunaan kertas dan menerapkan green governance.  Baca selengkapnya tentangKoordinasi UNBK Kabupaten Sleman

smkn 1 cangkringan (3), smk bina harapan di sleman apa jurusan apa saja (2), SMK N 1 CANGKRINGAN di sintokan (2), data siswa yang mengikuti UNBK Di smkn 1 cangkringan di sintokan (1), smkn 1 cangkringan di sintokan (1), unbk waktu habis (1)

18 Modul TKJ KTSP Kelas X, XI, XII

Pada kurikulum KTSP untuk program keahlian TKJ, terdapat 18 mata pelajaran produktif yang diajarkan. Pelajaran tersebut meliputi materi pembelajaran kelas X, XI dan XII. Untuk materi produktif sendiri di SMK di bagi menjadi Mapel Dasar Program Keahlian dan Mapel Program Keahlian. Dasar program keahlian, merupakan kumpulan mata pelajaran yang menjadi dasar dalam satu jurusan.

Teknik Komputer dan Jaringan merupakan nama program keahlian dibawah bidang keahlian Teknik Komputer dan Informasi bersama dengan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia.  Baca selengkapnya tentang18 Modul TKJ KTSP Kelas X, XI, XII

modul tkj (60), mata pelajaran di smk jurusan tkj lengkap (52), mata pelajaran smk jurusan tkj (47), materi produktif tkj (41), modul tkj ktsp (34), modul smk tkj (31), pelajaran tkj (29), tkj smk (20), pelajaran tkj smk (19), buku tkj (17)
unit produksi, bisnis center sekolah

Menghidupkan kembali Business Center Bina Harapan

Business Center atau Unit Produksi dalam lingkup Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap SMK. Tujuan adanya business center adalah untuk melatih jiwa kewirausahaan siswa, karena salah satu output SMK adalah menghasilkan wirausahawan di bidang yang mereka kuasai.

Sebagai SMK dengan jurusan Teknologi Informasi maka Business Center SMK Bina Harapan bergerak di bidang layanan komputer dan peripheral. Meliputi penjualan, perawatan dan jasa.

Baca selengkapnya tentangMenghidupkan kembali Business Center Bina Harapan

bisnis center dan unit produksi smk (1), tulisan semangat ukk di pcb (1), unit produksi atau bussiness centerjurusan tkj (1)

Mendefinisikan Sukses

Salah satu mata pelajaran muatan lokal yang ada di sekolahku adalah desain grafis, selama mengampu mapel ini aku selalu berusaha membuat anak menciptakan sesuatu yang nyata bisa dilihat, diraba dan ditrawang. Misalnya minta mereka membuat desain kemudian dijadikan produk jadi dalam bentuk pin, sticker, mug atau kaos, harapanku mereka nantinya bisa memonetize ilmu itu dengan menjual hasil karya mereka ke temen2 mereka seperti jaman teman-temanku dulu di SMA.

Eh, tapi kebanyakan anak masih menganggap hal semacam itu hanyalah tugas yang harus diselesaikan untuk memunculkan nilai mata pelajaran di akhir semester, udah. Belum banyak yang tergerak untuk mengamalkan ilmunya di lingkungan luar atau minimal sekolah. Hanya ada dua anak yang mau mengamalkannya di dunia nyata. Baca selengkapnya tentangMendefinisikan Sukses

MOPD ramah siswa

MOPD ramah siswa baru

Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) atau dulu dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun ini diupayakan benar-benar telah meninggalkan budaya perploncoan dan menjadikan siswa baru sebagai obyek pesakitan oleh kakak tingkatnya. Mas Menteri Pendidikan telah memberikan mandat agar Kepala Sekolah dan Guru benar-benar menjadi penanggung jawab kegiatan ospek tahunan ini. Baca selengkapnya tentangMOPD ramah siswa baru

finlandia mopd (1), tidak ikut mopd (1), tugas keamanan sekolah saat MOPD (1)
baju seragam OSIS saya benci korupsi narkoba

Emblem seragam sekolah yang aku benci

Beberapa hari kemaren di sosial media rame banget soal kemunculan gambar himbauan kelengkapan atribut seragam sekolah di Makassar yang bertuliskan aku benci korupsi dan aku benci narkoba. Sebenernya enggak masalah juga sih kalo misalnya mau ngasih semacam semboyan / tag line di baju OSIS nya siswa, kek di Kota Jogja sendiri untuk mengatasi tawuran, bet sekolah anak-anak SMP-SMA pada baju biru putih dihapus, sebagai gantinya diganti dengan tulisan Pelajar Kota Yogyakarta, tujuannya biar anak-anak tersebut tidak menjadi sasaran jika terjadi tawuran antar sekolah di Jogja, cuma klo tulisan yang ada di seragam sekolah yang di makassar itu lho yang aku gak kuku.

Baca selengkapnya tentangEmblem seragam sekolah yang aku benci

kata kata cinta anak otomotif (92), kata kata anak smk (17), kata kata anak otomotif (10), kata kata anak sekolah (7), kata kata anak tkj (6), kata kata anak teknik otomotif (4), atribut bet sman 4 makassar (4), kata kata anak smk tawuran (4), kata kata anak sekolah smk (3), gambar kata anak sekolah (3)
buku raport laporan hasil belajar siswa

Laporan Penilaian Hasil Belajar Siswa

Selain sebagai kepala Lab, aku juga diserahi tugas sebagai wali kelas di sekolah. Dan sebagai wali kelas tugas rutin setiap akhir semester adalah menyusun laporan penilaian hasil belajar / raport yang diserahkan pada wali murid.

Biasanya sehari sebelum penerimaan raport aku dan rekan wali kelas yang lain kerja lembur untuk menyiapkan segala sesuatunya. Format penilaian sendiri agak berubah dibanding tahun lalu, mengingat semester sebelumnya menggunakan penilaian K13. Baca selengkapnya tentangLaporan Penilaian Hasil Belajar Siswa

surat pelaporan hasil belajar siswa ke (2), laporan perkembangan siswa dari masing-masing wali kelas (2), saat pengambilan raport anak panti (1), raporot di terima murid setiap (1), membuat laporan wali murid (1), membuat laporan penilaian kelas (1), laporan wali murid (1), laporan untuk wali murid (1), laporan hasil penilaian akhir semester (1), laporan hasil belajar untuk orang tua murid (1)
menulis raport manual tanpa aplikasi

Mengakhiri Tahun Ajaran

Minggu ini adalah minggu terakhir tahun ajaran 2014-2015, yang berarti hari Sabtu besok wali murid kelas X, XI mendapatkan laporan hasil belajar dari putra putri mereka. Tahun ajaran 2014-2015 merupakan tahun yang lumayan pelik problematikanya dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut karena implementasi kurikulum 2013 yang dipaksakan di semester pertama, kemudian dianulir pada semester berikutnya. Jadi tahun ini siswa kami mendapat 2 jenis laporan yang berbeda, yaitu penilaian deskriptif ala kurikulum 2013 dan penilaian konvensional ala  KTSP. Baca selengkapnya tentangMengakhiri Tahun Ajaran