Content Writer Tips


Penulis lepas/Content writer adalah seorang / kelompok yang mendedikasikan diri untuk membuat konten artikel. Biasanya content writer ini adalah freelancer part time, yang bekerja berdasarkan projects. Projects tersebut dapat berasal dari mana saja, instansi, lembaga pemerintahan, online seller, marketplace, agency bahkan tidak jarang jasa mereka juga digunakan oleh narablog.

Sebagaimana pekerja jasa kreatif lainnya. Pekerjaan para penulis ini sering dianggap remeh temeh, ah cuma nulis ini apa susahnya? Pernah denger komentar semacam ini? Rekan-rekan desainer grafis juga sering banget dapet komentar miring semacam ini. 

Menulis itu memang mudah, menyoretkan pensil di kertas juga mudah. Tapi untuk menghasilkan sebuah karya bernama tulisan dan desain grafis itu gak mudah. Butuh waktu dan latihan hingga karya kita bisa bagus, berbobot, dan bernilai jual.

Nah bicara soal content writer tips, apa sih yang perlu kalian ketahui tentang jenis pekerjaan yang asing terdengar di telinga masyarakat ini?

Tips menjadi content writer

content writer berkualitas

Kualitas Tulisan

Namanya juga penulis, gak lucu kan klo tulisannya gak bagus? Untuk kamu yang mau berkecimpung di dunia writter, belajarlah untuk menulis rutin setiap hari. Bisa di blog, atau FB notes, atau dimanapun. Latihan menulis membantu kamu memperbaiki kualitas tulisan, ketersinambungan antar kata, kalimat dan paragraf.

Klien bisa datang dari berbagai kalangan, jadi cobalah untuk menulis berbagai tema tulisan. Agar nantinya kamu bisa melayani permintaan dari berbagai bidang.

Bangun Brand

Ini ilmu lama yang dimana-mana selalu ada. Klien bukanlah orang yang mengenal kita, mereka orang asing yang mencari solusi atas permasalahan mereka. Buatlah brand untuk jasa content writer murah milikmu. Biarkan mereka menemukanmu dari search engine, obrolan di social media, testimoni dan lain sebagainya. Untuk membangun brand, Venicka Content Writer sering lho ngasih free article buat kliennya. Kalian tertarik? boleh kepo akun FB nya.


Kenali Pasar

Mengenali siapa calon pelanggan kita, siapa kompetitor kita, berapa harga yang lazim di pasaran. Jika memang kualitas artikel kita lebih baik. Boleh lho kasih harga lebih tinggi dari harga pasar. Tapi jika klien belum mengenal kualitas tulisan kita, sebaiknya tawarkan dengan harga pasar.

Beberapa content writer memiliki segmentasi pasar, hmmm maksudnya? ya tidak semua writter bisa menulis berita bola misalnya, tapi kuat banget di penulisan seputar kesehatan dan finansial karena punya latar belakang pekerjaan terkait.

Responsif

Cepat tanggap merupakan hal yang perlu dilakukan. Calon pembeli sekarang membutuhkan respon yang cepat, jelas dan memberikan hasil sesuai ekspektasi mereka. Seorang content writer yang baik akan memberikan pelayanan yang ramah pada calon pelanggannya.

Manajemen projects

Jika kamu sudah memiliki banyak pelanggan dan sering melakukan transaksi, jangan lupa melakukan manajemen projects. Buatlah administrasi mengenai task, job description, deadlines dan invoices. Pelanggan tidak akan pusing dengan hal semacam itu, mereka butuh hasil yang bagus dan sesuai dengan deadlines yang mereka berikan. Jadi pintar-pintarlah mengatur alokasi waktu dan manajemen penulisan. Jasa ArtikelAsia termasuk yang paling rekomended untuk urusan kecepatan pengerjaan projects.

Bisa jadi, suatu ketika ada perusahaan yang tertarik untuk merekrutmu untuk jadi penulis intern mereka. Content writer portfolio mu bisa kamu tunjukkan untuk membuat mereka mantap memilih kamu.

Risk management

Nah tadi kita bicara managemen proyeknya, sekarang risk managementnya. Jadi content writers juga punya resiko. Misal sudah capek bikin artikel, tiba-tiba klien main cancel. Atau artikel sudah jadi dan diserahkan ke klien, trus kliennya kabur dan menghilang.

Untuk meminimalisir hal semacam ini, pada saat kalian hendak melakukan transaksi, coba cari tahu latar belakang klien jika memungkinkan. Beritahu klien tentang aturan main pekerjaanmu. Misalnya:

  • Wajib DP untuk klien baru
  • Denda untuk keterlambatan pembayaran
  • Penggunaan rekber
  • Denda untuk pembatalan job on progress
  • Blacklist & Pengorbitan artis, disebarkan ke grup conten writter jika klien melarikan diri dari tanggung jawab pembayaran

Nah itulah tips menjadi content writer yang bisa kamu lakuin.


Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda