Cuci Tangan 7 Langkah Menjadi Step Awal Untuk Menjaga Kesehatan


Setiap hari kita disibukkan dengan berbagai macam aktivitas, baik itu di indoor maupun outdoor. Secara tidak langsung tentu kita juga berinteraksi dengan bermacam-macam kuman dan bakteri. Dan apabila kita tidak rajin mencuci tangan, kita akan lebih beresiko terkena gangguan kesehatan karena kuman atau bakteri tersebut.

Mencuci tangan tidak hanya sebatas mencuci dengan air bersih. Untuk menyempurnakannya, kita bisa menggunakan sabun yang berfungsi sebagai pencegah agar bakteri atau kuman yang ada di telapak tangan tidak masuk ke dalam tubuh.

Terlebih jika kita memiliki anak yang masih kecil, sebagaimana yang kita ketahui jika anak-anak masih sangat rentan dengan ancaman berbagai macam penyakit daripada orang dewasa. Berkaca pada kondisi tersebut, sebagai orangtua sudah seyogyanya kita harus mulai memberikan pemahaman kepada si kecil akan betapa pentingnya mencuci tangan.


Saat memberikan pemahaman pada anak, lengkapi pula dengan penjelasan mengenai resiko-resiko yang ditimbulkan jika tidak rajin mencuci tangan.  Dengan demikian anak akan lebih mudah menerima penjelasan dari kita.

BACA JUGA:   Fungsi dan Peranan Keluarga

Dengan mengenalkan cuci tangan 7 langkah berikut ini menjadi langkah awal mengenalkan anak akan perlunya menjaga kesehatan. Agar kelak ketika anak sudah beranjak remaja, mereka sudah memahami betul akan pentingnya mencuci tangan yang menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Basahi tangan dengan air

Yang dimaksud disini adalah membasahi tangan dengan air mengalir. Pada saat membasahi tangan dengan air mengalir ini sebaiknya diimbangi dengan menggosok-gosokkan tangan agar tangan lebih bersih.

cuci tangan sebelum makan

Gunakan sabun

Penggunaan sabun anti bakteri sangat dianjurkan. Kita bisa menggunakan Lifebuoy Hand Wash yang telah terbukti membasmi kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Gosok hingga berbusa

Setelah menuangkan Lifebuoy Hand Wash pada tangan, gosoklah tangan hingga sabun mengeluarkan busa.


Gosok hingga merata

Sembari menggosokkan tangan agar sabun berbusa, pastikan kita juga menggosok-gosokkan tangan hingga merata. Gosokan pada seluruh permukaan tangan, termasuk punggung tangan hingga di bawah kuku sekalipun.

Bilas sampai bersih

Setelah dirasa sudah merata dan seluruh permukaan sudah digosok dengan sabun, maka bilaslah tangan dengan air bersih hingga tangan benar-benar bersih. Jangan sampai ada busa yang tertinggal di tangan ya!

BACA JUGA:   Mempersiapkan masa depan sedini mungkin

Keringkan tangan

Seusai membilas tangan hingga bersih, kita dapat mengeringkan tangan yang basah tersebut dengan menggunakan handuk atau tisu kering.

Matikan kran

Untuk mematikan kran ini sebaiknya kita menggunakan sikut, agar kuman atau bakteri yang menempel pada kran tidak kembali bersarang pada tangan kita.

Nah, itu tadi 7 langkah mencuci tangan yang bisa kita ajarkan pada si kecil. Agar anak-anak lebih mudah menerima, sebagai orangtua kita wajib memberikan teladan untuk hal yang sama. Ya, kita juga harus rajin mencuci tangan agar si kecil meniru apa yang kita lakukan tersebut. Semangat hidup sehat ya Bunda!


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda