Daftar 5 Web Penyedia Job Blogger dan Social Media Influencer


Buat kalian yang masih bingung cara mendapatkan uang dari internet, sekarang ini tidak perlu kuatir lagi, karena sebenarnya sudah banyak website dan blog yang memberitahukan cara mencari uang di internet. Katanya yang penting bikin blog aja? Udah ngikutin cara membuat blog, sudah nulis lama di blog, tapi kok gak dapet-dapet duit dari internet? Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak artikel berikut. Karena disini akan aku paparkan tidak cuma cara menghasilkan uang dari blog, tapi juga cara mendapatkan uang dari twitter dan Instagram yang kamu miliki.

Semakin berkembangnya kebutuhan akan digital advertising membuat brand tidak hanya melirik agensi periklanan untuk menjadi buzzer campaign mereka. Saat ini, mereka juga mencari brand personal yang memiliki influence dalam dunia maya untuk melakukan paid review. Influencer tersebut antara lain adalah blogger dan social media enthusiast.

Blogger memiliki kekuatan dalam bentuk pemaparan artikel panjang yang dapat membentuk opini dan mencitrakan sebuah produk sehingga dapat dengan mudah dipahami manfaat dan keunggulannya, dibandingkan dengan produk sejenis. Sementara social media enthusiast umumnya memiliki jaringan follower yang dapat menjadi target market sebuah brand. Seorang netizen yang memiliki banyak follower biasanya merupakan seorang influencer bagi para followernya. Apa yang disampaikan, apa yang diungkapkan dalam timeline mereka umumnya lebih mudah diterima follower dibanding komunikasi antara brand dengan user, ada faktor kedekatan personal yang menjadi kekuatan para influencer ini.


Akan tetapi nyatanya tidak semua brand memiliki kemampuan, baik dari segi waktu dan tenaga untuk memaintain peluang ini sendiri, oleh karena itu mereka tetap membutuhkan jasa agensi untuk mengadakan sebuah campaign, merekrut dan melakukan rekapitulasi laporan digital campaign. Oleh karena itulah, saat ini banyak bermunculan website yang bertindak sebagai broker, antara pemilik brand, dengan para netizen (blogger dan influencer)

BACA JUGA:   Cara memulai bisnis online untuk pemula

Jauh sebelum fenomena broker job blogger semacam ini marak di Indonesia, dunia global sudah terlebih dulu mengenal hal semacam ini, perbedaannya waktu itu pekerjaan yang diberikan tidak semata soal digital campaign, tetapi memang sebuah pekerjaan yang menggunakan media digital untuk melakukan transaksi kerja. Sebut saja freelancer.com misalnya. Website ini memiliki banyak sekali resource para freelance dan job seeker yang sangat banyak dan bersifat worldwide (baca juga: Tips meningkatkan order untuk freelancer). Mulai dari pekerjaan menerjemahkan artikel ke dalam sebuah bahasa, membuat desain logo, copywriting, desain 3D dan aneka pekerjaan yang bisa dilakukan dan ditransaksikan lewat media elektronik lainnya.

cara mendapatkan uang dari twitter dan blog

Di Indonesia fenomena ini mulai banyak digemari terutama kaitannya dengan digital advertising mulai sejak tahun 2015 kemarin. Tercatat ada 5 website yang bertindak sebagai perantara antara brand dengan para blogger dan influencer ini.

  1. Iblogmarket

Iblogmarket.com adalah sebuah website yang berperan sebagai perantara antara advertiser, blogger dan writer, ada tiga jenis user disini, advertiser mewakili para pemilik brand yang ingin menggunakan jasa blogger maupun writer dalam campaign digital produk mereka. Blogger adalah mereka yang memiliki website pribadi/blog yang akan menampilkan campaign digital dari para advertiser, sementara writer adalah orang yang bertindak sebagai copywriter digital campaign tersebut.

Ada dua jenis tipe member untuk blogger disini, yang dinilai berdasarkan tingkat reputasi website mereka, jumlah visitor perbulan dan ranking blog. Untuk jenis blog premium umumnya akan mendapatkan fee cukup besar dalam satu kali job, sementara jenis blog reguler fee nya cukup kecil, akan tetapi biasanya rutin mendapatkan job dari advertiser.

BACA JUGA:   3 Tips dahsyat menarik pengunjung dari judul postingan

2. Sociabuzz

Sociabuzz merupakan website yang bertindak sebagai digital campaign manager produk klien yang dapat disebar tidak hanya ke dalam blog, akan tetapi juga untuk twitter campaign dan instagram. Umumnya, job dalam sociabuzz meminta publisher (dalam hal ini influencer) untuk mempublish materi campaign dalam dua channel atau lebih sekaligus (blog, twitter, instagram). Karena sociabuzz mengakomodasi penggunaan channel social media, maka para influencer yang aktif dan memiliki ribuan follower di twitter maupun instagram sangat terbuka untuk bisa mendapatkan peluang job dari sini.

3. Influlancer

Influlancer merupakan website ketiga dalam daftar penyedia job untuk influencer, hanya saja, rata-rata campaign di influlancer lebih menargetkan influencer social media. Sebagian besar meminta campaign instagram dan beberapa lainnya menargetkan audience dari social media twitter. Jarang sekali ada campaign yang mengharuskan campaign di blog.

4. Sribulancer

Sribulancer menawarkan jasa freelance untuk para pemilik brand yang ingin melakukan digital campaign atau memerlukan jasa dari freelancer digital. Misalnya; pembuat konten digital, baik text, infografis maupun video, desainer grafis, 3D artist atau bahkan petugas untuk melakukan entry data.

5. Projects.co.id

Projects bisa dibilang adalah freelancer.com versi Indonesia, meski freelancer sendiri sudah merilis situs versi Indonesia mereka. Projects yang ditawarkan disini bersifat umum, meski banyak juga yang mencari ghost writer. Ghost writer adalah sebutan untuk pembuat artikel yang akan menyerahkan hasil pekerjaan mereka kepada advertiser, tanpa mempublishnya di blog mereka sendiri. Sistem kerjanya adalah beli putus, dimana hak cipta atas artikel tersebut sepenuhnya menjadi milik advertiser. Sayangnya fee di website ini tergolong paling kecil


DMCA.com Protection Status

5 situs penyedia social media (1), broker publiser yg banyak job (1), situs untuk menjadi influencer (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “Daftar 5 Web Penyedia Job Blogger dan Social Media Influencer

  • Sandra Hamidah

    (Mei 21, 2016 - 12:46 pm)

    Wahhh makasih ya infonya

    Sansartsense.blogspot.com

  • witriprasetyoaji

    (Mei 18, 2016 - 12:58 pm)

    1,2, dan 3 sudah daftar
    tapi no 4 dan 5 belum… makasih infonya Mas Priyo 🙂

Berikan tanggapan anda