Data Corrupt?


Dataku kok corrupt yah? abis download di internet datanya gak bisa dibuka, corrupt katanya! Sering mengalami hal semacam itu? file hasil transferan mengalami corrupt, rusak sehingga akhirnya gak bisa dibuka. Ya file corrupt sering terjadi dalam dunia perkomputeran dan sebelnya jika file corrupt tersebut adalah file super penting semacam ketikan skripsi.

Kenapa data bisa corrupt? kesalahan hardware kah??? bisa aja misal listrik mati, tapi file corrupt biasanya terjadi karena kesalahan pada proses pentransferan data, jika kita mengenal konsep OSI/TCPIP layer pada layer transport kita mengenal ada dua mode yang digunakan yaitu TCP atau UDP, TCP digunakan untuk connection oriented, sementara UDP connectionless oriented.

Bedanya dan efeknya pada sebuah file data?

Protokol data seperti file2 kita kebanyakan dikirim menggunakan protokol TCP, berorientasi koneksi, ketika data ditransfer, dipecah dan diturunkan kedalam layer dibawahnya, komputer penerima akan menaikan data dari layer terbawah sampai layer tertinggi, setelah data dikirim semua, ada mekanisme control checksum berbasis CRC32 yang digunakan sebagai pengecek apakah data yang dikirimkan sama atau tidak?

BACA JUGA:   Online Revolution Lazada Siap Mengguncang Asia Tenggara

Jika ya, maka file dapat dibuka dan digunakan sebagaimana mestinya, jika tidak??? maka file tersebut tidak dapat dibuka, kita mengenalnya dengan istilah corrupt.

Pada saat mengirimkan data, komputer pengirim akan membuatkan sebuah nilai menggunakan algoritma CRC dari pemampatan bit file yang dikirimkan.

Kenapa file yang dikirimkan harus dicek dengan CRC? kenapa enggak dibiarin aja kan ribet?? nah alasan cek CRC adalah keamanan komputer, dalam dunia jaringan dikenal bermacam2 gangguan keamanan salah satunya adalah melakukan pengubahan data selama transfer, data dicegat saat perjalanan kemudian diinfeksi virus, trojan, malware dan dikirimkan ke alamat tujuan. Bisa juga salah satu pecahan data tidak terkirim ke alamat sehingga mengakibatkan besar bitnya beda dengan CRCnya.

Analoginya, seorang pengirim ingin mengirimkan paket berisi roti (file), kemudian setelah dibungkus pengirim akan menuliskan isi paket pada bungkusnya (CRC); ini adalah roti . Penerima paket akan melihat tulisan pada paket dan kemudian membuka paketnya, jika isinya adalah roti maka diterima, tapi jika isinya adalah sendal, maka penerima akan menolak membuka paket tersebut.

BACA JUGA:   FeedDemon RSS Reader

Trus intinya kepiye klo datanya corrupt?? ya minta kirim ulang, klo enggak coba pake software untuk recovery file corrupt, klo di recover file zip keknya ada, klo yang asli hihihi coba googling wae lah, intine sih cuma mau cerita doang alasan kenapa bisa terjadi corrupt pada data, bukan gimana caranya menyelamatkan data corrupt wkwkwkwkwk


 gambar dari sini




DMCA.com Protection Status

arti corrupted data (3), Corrupt data (2), arti korup dalam komputer (2), arti data corrupt (2), data corrupt (2), data mengalami korup (2), maksud dari datanya corup (2), penyebab program mikrokontrorer data korup (2), apa itu Corrupt (2), pengertian corrupt file (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *