Diet Sehat dengan Minum Susu


Susu telah lama dikenal memiliki kandungan nutrisi yang bergizi untuk semua orang. Mulai dari adik-adik bayi sampai dengan para manula bisa mengkonsumsi susu. Untuk bayi baru lahir, susu yang disarankan adalah air susu ibu, sementara untuk jenjang berikutnya hingga usia lanjut, menggunakan susu yang berasal dari hewan/ sumber nabati.

Susu memiliki manfaat antara lain sebagai sumber kalsium dan protein, mampu menjaga berat badan, menjaga kesehatan gigi dan tulang, memperbaiki tekanan darah dan mengurangi stress.

Untuk anak-anak balita, pada umumnya susu diberi tambahan formula untuk mendukung perkembangan kecerdasan si anak, seperti vitamin, mineral AA & DHA, banyak sekali produk susu untuk segmen ini. Harga yang ditawarkan umumnya lebih mahal dibanding susu biasa. Susu selain berasal dari sumber hewani seperti sapi, kambing, dan kuda juga bisa dibuat dari bahan bahan nabati, seperti susu kedelai


Untuk remaja dan dan usia produktif, biasanya ada susu untuk menunjang aktifitas mereka yang mulai padat. Susu ini pada umumnya mudah didapatkan di warung-warung terdekat. Sedangkan untuk usia lanjut, susu yang dikonsumsi diperkaya dengan kandungan kalsium yang lebih banyak untuk mencegah pengeroposan tulang.

BACA JUGA:   Buah-buahan Sebagai Penyegar Pola Makan Penderita Diabetes

manfaat minum susu


Selain jenis susu di atas, ada juga beberapa produk susu untuk keperluan khusus. Susu diet sehat misalnya, susu ini hanya mengandung sedikit kalori dan lemak, sehingga aman dikonsumsi untuk mereka yang ingin menjaga berat badan mereka tetap ideal atau bahkan yang ingin menurunkan berat badan.

Eh, katanya diet kok malah disuruh minum susu?

Jadi bener ya susu bisa dipake buat diet? kirain kalau diet justru harus dikurangi minum susunya biar enggak cepet gemuk? Nah memang kebanyakan anggapan bahwa susu dapat meningkatkan berat badan, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, karena pada umumnya produk susu memang memiliki kandungan kalsium, protein dan lemak yang cukup besar sehingga mampu meningkatkan berat badan. Tetapi ada pula susu yang memang dibuat untuk keperluan diet dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan nutrisi penggunanya.

Jadi, tertarik melakukan diet dengan minum susu?


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Diet Sehat dengan Minum Susu

  • Katerina

    (Oktober 7, 2015 - 8:32 am)

    Wah aku rajin minum susu biar badan berisi. Ini malah biar kurus ya?

    • anotherorion

      (Oktober 7, 2015 - 10:55 am)

      haha aku juga kuyus mbak, tapi dulu minum yang susu bikin berat badan naik kok gak sukses

Berikan tanggapan anda