Drive Hilang di Windows

Ceritanya belum setengah tahun aku upgrade hardisk dari 120 giga ke 320 giga karena file sudah terlalu menggunung, klo masalah performa, yang 120 itu masih oke punya, cuma ya karena aku gak punya space lagi buat file, terpaksa beli hardisk internal yang kutambah bracket sendiri.

Dengan penggunaan bracket tentu saja 320 hanya aku jadikan drive eksternal doang, tapi karena mengingat kecepatan drive eksternal via USB tentu terbatas dibanding klo langsung dapet konektor SATA dalam laptop akhirnya aku putuskan buat mengganti drive dalam tersebut.

Permasalahan dimulai karena ternyata 320 ku agak tolol, namanya juga beli barang 2nd begitu kujadikan drive utama, terasa performa laptop menurun drastis, tingkat loading hardisk terlalu parah. Fine, space lega tapi kecepatan nol besar. Meski aku mengganti status drive eksternal ke internal toh file2 di hardisk lamaku tetep aku pertahankan buat jaga2.

Hari ini setelah berkali2 320 bikin ulah akhirnya aku tuker tambah sama hardisk 500 di tempat temen. Sebagian data penting aku pindah, sementara sisanya emang gak aku pindah karena gak enak lah lama2 mindah data sebanyak hampir seratus giga sementara aku gak kenal2 amat sama penjualnya. Asumsiku data2ku masih ada di drive lama, dan praktis aku cuma nyelametin data2 baru aja.

Bad-SectorMasalahnya si empunya toko minta 320ku diformat semua buat di test apa masih normal? aku agak keberatan sih tapi namanya dah niat tuker tambah ya udahlah, dan begitu semua drive diformat dan 500 diinstal di laptopku gak ada masalah baru setelah kucek data2ku ternyata beberapa file penting gak ikut terangkut ke hardisk baru, sementara 320 sudah tinggal kenangan.

Mangkel banget rasanya tapi ya sudahlah, paling tidak hanya data2 baru yang hilang, dan beberapa tugas pentingku berhasil aku selamatkan sementara puluhan file penting sisanya harus aku relakan tanpa backup sama sekali.

Akupun mulai ngambil data dari 120 untuk kupasang di 500, cukup beberapa file penting dan master biar aku gak perlu repot colak colok eksternal ke laptop. Nah setelah proses pemilihan dan pemindahan file yang panjang laptop aku matikan. Dan setelah aku buka? Foilaaaa semua drive hilang selain drive windows, padahal semua dataku kumasukan ke 3 drive non OS dan semua drive non OS tersebut hilang begitu saja! kampret

Aku masuk ke disk management windows dan berusaha menambah drive letter, gagal! Hanya ada saran untuk melakukan reset PC, tapi meski sudah direstartpun hasilnya nihil. Jam setengah 2 malam aku terpaksa bongkar laptop lagi, 120 kembali jadi drive internal, dan berusaha melakukan penyelamatan terhadap data2 di 500, tapi nasib tetep berkata gagal. Aku sadar masalah sebenarnya pasti lebih parah daripada sekedar permainan disk management

Aku menebak 3 drive yang hilang itu kemungkinan rusak di tabel partisi, sekarang dengan terpaksa mau tidak mau mencari bala bantuan dari google untuk mengecek tabel partisi. Mencari dan mereview beberapa aplikasi yang kemungkinan bisa menyelamatkan data2ku. Tentu saja ini gak akan mudah, semua serba coba2, tapi gak ada pilihan lain klo ingin menyelamatkan sisa data yang masih terselamatkan sampai tadi sore sebelum karam tanpa meninggalkan sisa sedikitpun.

383 total views, 1 views today

Post You May Also Like

About Priyo Harjiyono

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
This entry was posted in komputek, me my self and I and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Drive Hilang di Windows

  1. affanibnu says:

    saya sih tidak pernah mengalami masalah dengan hardis..

    tetapi saya pernah benar – benar mangkel ketika data saya tidak sengaja ke hapus..
    arrrrggghh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>