EASY CHORD: temukan kunci lagumu di Winamp


Musik adalah sesuatu hal yang indah, untuk didengarkan ataupun dinyanyikan. Apalagi jika kita bisa memainkan alat musik untuk mengiringi sebuah lagu. Ibarat pepatah, banyak jalan menuju Roma, banyak cara menjadi musisi.

Dulu pertama belajar main gitar lumayan susah, buku2 teknik bermain gitar masih susah dicari (maklum rumah saya dulu tidak masuk kategori daerah kota alias ndeso) praktis harus merguru(belajar) dari temen yang sudah bisa, materi lagu2 pun hanya mencakup yang dia bisa, misalkan ada lagu baru di pasaran maka butuh waktu lama untuk menemukan kuncinya (guru n muridnya emang sama2 bukan ahli pergitaran soalnya).

Meskipun sekarang sudah ga terlalu susah dalam mencari kunci lagu2 pake intuisi sendiri (cieeeeelaaaayyy) tapi tentu banyak para musisi pemula yang kesulitan ketika mendengar lagu baru yang bagus tapi belum tahu kunci2nya. Berlangganan majalah chord2 gitar pun belum tentu mencantumkan kunci lagu yang dia cari.

Tapi berhubung bumi gonjang ganjing dan jaman sudah berubah, maka ada cara lebih mudah jika anda ingin belajar bermain musik menggunakan gitar dan piano, selain menggunakan fasilitas mbah googling anda bisa menggunakan fasilitas offline yaitu dengan bantuan komputer rumahan dan software pemutar MP3 bulukan bernama WINAMP.

playing guitarLho apa hubungannya Winamp sama belajar kunci2 gitar & piano??? memang bukan hubungan kekeluargaan sih tapi yang pasti salah satu plugin Winamp mampu menganalisa dan mendeteksi kunci/chord/tag dari musik yang dimainkan di Winamp.

BACA JUGA:   Dua minggu

Nama plugin itu adalah EASY CHORDS, easy chords adalah salah satu plugin Winamp yang berfungsi menganalisa dan menampilkan chord lagu tersebut, ada 3 pilihan jenis chord yaitu Piano, gitar dan kolaborasi gitar piano. Tapi untuk mendapat hasil maksimal lebih baik samakan saja dengan alat musik yang ingin anda mainkan. Sedangkan kolaborasi keduanya menurut saya malah kurang ngeh.

Jika anda belum pernah belajar chord2 gitar dan piano, easy chords berbaik hati dengan menampilkan tangga nada yang sedang dimainkan. jadi anda bisa langsung praktek didepan komputer.

Bagaimana menggunakan Easy Chords?

Untuk menggunakan Easy Chords anda harus memiliki WINAMP dengan versi diatas 5.1, versi jadul 2/3 hanya mengakibatkan ketidakmauan easychord untuk diinstal. Setelah terinstal maka aktifkan plugin winamp ini, setelah aktif anda bisa memainkan sebuah lagu dan menekan tombol centang di dalam EasyChords, sabar sabar sabar…. karena EasyChords memakan hampir semua resources memory ketika mencari kunci2 lagu. Sehingga komputer anda bakal lelet. Setelah EasyChord selesai menscan lagu putarlah lagu tersebut sekali lagi dan Easy Chords akan menampilkan kunci2 gitar yang ada di lagu.

Yang perlu anda perhatikan

Easy Chords memiliki kelemahan yang cukup menjengkelkan yaitu keleletannya, dan dia akan menyimpan file hasil analisanya di folder temporary di bawah direktory documents and settings anda, padahal folder tersebut adalah folder yang berisi file2 sampah yang kadang kurang begitu kita butuhkan. Pengubahan kurang cermat dari isi folder tersebut akan membuat easy chord langsung menggelar acara mogok massal untuk menampilkan kunci lagu yang berarti anda harus mengulang semua analisa terhadap file2 musik anda dari awal. Keribetan lain adalah, jangan mengubah nama file/nama folder,atau posisi file yang dianalisa, perubahan nama dan direktori dari file musik akan memutuskan hubungan sinkronisasi file musik tersebut dengan kunci2nya. Pastikan file yang anda gunakan tidak akan berubah direktorinya. Kekurangan yang cukup buruk dimata mahasiswa jurusan Seni Musik adalah, kemampuan Easy Chord yang hanya mampu menerjemahkan nada mayor dan minor selain tentu saja 13 nada wajib (C Cis D Dis E F…) walaupun demikian sepertinya tidak menjadi soal bagi rata2 orang yang belajar musik secara otodidak karena jarang menggunakan kunci2 aneh macam may7 ,min7 ,7 ,sus ,aug ,dim apalagi dim9

BACA JUGA:   Review Fantastic Beasts and Where to Find Them

Meskipun ada software semacam profesional semacam GuitarPro untuk belajar bermain gitar dan piano, Easy Chords jauh lebih membantu dalam menemukan kunci2 lagu terutama untuk mencari kunci2 lagu yang ‘baru menetas’.



DMCA.com Protection Status

Acara musik menampilkan kunci gitar (1), cara menggunakan easy chord (1), ibarat bermain gitar (1), Kunci mengiringi main gitar (1), winamp untuk cari tangga nada lagu (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda