eBoostr; Ubah flashdiskmu jadi RAM tambahan


Selalu dibayang2i oleh artikel teman saya AzWinner di blognya, tentang software yang mampu mengubah fungsi flashdisk menjadi RAM saya tertarik juga untuk mencari tahu tentang software tersebut. Setelah dicari2 ternyata ketemu juga software bernama eBoostr itu.

Software ini adalah salah satu software unik karena mampu mengubah fungsi flashdisk anda sebagai modul RAM. Jika PC anda termasuk PC ber-memory kecil anda bisa menggunakan flashdisk anda sebagai RAM tambahan

eBoostr merupakan solusi alternativ yang mirip dengan Vista’s ReadyBoost dan SuperFetch. eBoostr mampu menaikan kecepatan dan respon dari berbagai aplikasi hanya dengan menggunakan Flash Disk yang berperan sebagai penyedia RAM yang kosong ataupun cache memory pada PC. Jadi kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk bekerja dengan aplikasi yang cukup berat memerlukan sumberdaya memori PC anda. Dengan penggunaan eBoostr anda tidak harus upgrade hardware komputer anda!



Eboostr merupakan pengembangan dari ReadyBoost dan SuperFetch yang ada di windows vista. Software ini dibuat untuk bisa meningkatkan kapasitas memory RAM pada windows XP. Software ini dilengkapi dengan fitur smart caching agar aplikasi dan file dapat bekerja lebih maksimal. Eboostr support dengan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, xD memory card yang lainnya) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache.

Ingat…! Perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah versi 2.0, kalo menggunakan versi sebelumnya speednya lambat dan kecepatan prosesnya juga berkurang. Untuk penambahan perangkat USB bisa ditambah hingga 4 perangkat yang bisa dipakai untuk ruang cache sekaligus. Ukuran cache pada setiap perangkat bisa mencapai maksimal 4 GB, kalo memakai NTFS ukurannya tidak terbatas.

keunggulan dari Aplikasi eBoostr™ dikutip Situsnya.

  • Memory caching (if you have plenty of RAM installed);
  • Exclude list (the most requested feature);
  • Power saving mode;
  • More than 4GB cache file size (on NTFS file system only);
  • Allows up to 4 devices for simultaneous smart caching;
  • One flash drive use on different computers;
  • Unlimited number of files in cache;
  • Build cache process improvement (including initial statistics used from XP prefetch information);
  • Load balancing mechanism improvements;
  • Reduced hard drive activities;
  • reduced power consumption, which leads to improved notebook battery life;
  • And many small fixes and enhancements;


Versi terakhir dari eBoostr sudah mensupport windows Vista dengan kebutuhan system sebagai berikut

  • Windows Vista, Windows XP, Windows 2000*, Windows 2003 Server, Windows 2008 Server, Windows 7 Beta
    (all 32 and 64 bit systems supported)
  • USB 2.0 port version or memory card reader
  • Flash drive or memory card with at least 2.5 MB/sec random read speed

namun sayang karena masih bersifat trial tidak saya sertakan dalam attachment sedangkan versi yang saya sertakan adalah versi full yang hanya berjalan untuk windows XP saja.

Bagaimana Menggunakan eBoostr??

  1. Install eBoostr seperti biasa, jalankan crack-annya lalu restart komputer anda
  2. Setelah restart, eBoostr akan langsung diaktifkan. Pada jendela yg muncul pilih yes
  3. Pilih perngkat yg akan dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja flash disk atau MC anda (dalam keadaan terpasang pada komputer). Kemudian tentukan juga kapasitas cache yg diinginkan
  4. Tunggu sebentar hingga muncul jendela “Do you want to build the cache file on the device now?” pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai

Apabila proses diatas selesai maka didalam flash disk atau MC anda terdapat file dengan ukuran/size yg sangat besar (sesuai dgn pengisian jumlah cache diawal), jadi anda jangan kaget dan file ini tersembunyi/hidden. Flash disk atau MC yg dipakai untuk eBosstr, tetap bisa dipakai untuk menyimpan file lain asalkan mempunyai ruang yg cukup.

DOWNLOAD eBOOSTR FULL


DMCA.com Protection Status

daftar ram yang bisa ditambah dengan eboostr (1), fungsi ebooster (1)

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda