Energi matahari sebagai energi alternatif untuk perangkat elektronik


Pencarian energi ramah lingkungan terus dilakukan oleh para ilmuwan di berbagai bidang, misalnya mas Ricky Elson yang membuat perangkat penyimpan energi listrik berbasis angin dengan bendera Lentera Angin Nusantara, mas Ricky juga dikenal sebagai seorang yang membuat mobil listrik nasional, sebelum akhirnya proyek tersebut diganggu oleh pemberitaan dugaan korupsi. Energi-energi alternatif di Indonesia cukup banyak, mulai dari energi angin di pesisir-pesisir pantai dan gunung, energi panas bumi, energi air dalam bentuk PLTA, maupun energi matahari lewat perangkat solar cell.

Indonesia sebagai negara khatulistiwa memiliki keuntungan geografis karena selalu berada di garis edar matahari, durasi edar matahari yang konsisten di kisaran 12 jam sehari ini memberikan keuntungan untuk perangkat-perangkat berbasis solar cell. Tidak heran saat ini penggunaan lampu lalu lintas juga memakai teknologi solar cell sebagai sumber daya alternatifnya. Dengan penggunaan energi alternatif, dapat menghemat anggaran pemerintah dari listrik PLN dan juga berdaya guna ketika terjadi pemadaman listrik, traffic light tetap dapat beroperasi seperti biasa.


BACA JUGA:   Mengatasi RAM read/write & parity error

bagan power panel solar cell tenaga matahari
Harga solar panel memang masih relatif mahal, apalagi untuk keperluan hacking hardware, untuk ukuran kecil sudah bisa dibawa pulang dengan harga 50ribuan, tetapi itupun terbatas dengan daya yang kecil. Untuk yang besar masih berharga ratusan hingga satu juta rupiah. Selain itu solar panel tetap membutuhkan baterai untuk menyimpan daya yang dihasilkan dari energi matahari. Untuk pengguna awam, tentu hal ini merepotkan.

Akan tetapi, saat ini berbagai produk elektronik yang menggunakan solar cell sudah mulai banyak di Indonesia, misalnya powerbank sollar cell, robot mainan, dan lampu emergency. Ketiga produk tersebut adalah produk siap pakai yang bisa langsung digunakan oleh pengguna. Aku sendiri punya DIY robot kits dari solar cell dan juga lampu emergency nya.


DMCA.com Protection Status

energi alternatif dari powerbank solarcell (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda