Engaging Student Using Edmodo


Engaging (dari kata: engage) artinya mengikat atau melibatkan, dalam dunia pembelajaran, proses belajar sebaiknya membuat siswa merasa terikat, keterikatan itu sendiri adalah terikat pada proses dan terikat pada waktu.

Mengajar itu mudah, yang susah adalah membuat siswa belajar. Oleh karena itu para ahli pendidikan menciptakan berbagai model, metode dan strategi belajar untuk membantu para pendidik membelajarkan para siswanya.

Dalam konteks pembelajaran e-learning. Seorang guru juga sebaiknya memiliki metode / strategi untuk melibatkan siswanya, karena kelemahan dari sistem kelas mayae-learning adalah meningkatnya individualisme, berkurangnya proses interaksi dan diskusi, siswa cenderung berkutat pada materi / tugas yang diberikan guru untuk kemudian diselesaikan sesuai dengan batas waktunya.

Kemudian, kepuasan siswa dalam belajar belum tentu meningkat dengan penggunaan e-learning, karena nilai, mungkin hanya dia dan gurunya yang tahu, hal ini membuat anak2 yang rajin menjadi kurang termotivasi dengan adanya e-learning.

Pada e-learning Edmodo, setidaknya ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk meng-engage siswa agar tertarik untuk tetap terlibat aktif dalam pembelajaran.

BACA JUGA:   Jenis Protokol Komunikasi Komputer Terapan Jaringan

Edmodo_log-in_page

Pada menu Assignment, selain guru bisa memberikan feedback siswa berupa nilai, guru juga bisa memberikan emoticon feedback, untuk memberikan apresiasi kepada siswa, misalnya outstanding, harapannya siswa tidak merasa kaku dengan penggunaan sistem e-learning.

Proses pengumpulan tugas yang diberi deadline memberikan semacam warning pada siswa agar berusaha menyelesaikan tugasnya sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh guru. Untuk pemberian deadline, sebaiknya diperhitungkan bukan untuk mengejar tanggal pertemuan berikutnya, tetapi harus mempertimbangkan juga faktor siswa sebagai pengguna yang mungkin merasa jenuh setiap kali pertemuan harus mendownload dan mengupload tugas di e-learning.

Untuk reward sendiri, selain dalam bentuk nilai juga tersedia badges, secara default Edmodo memberikan 8 buah badge yang bisa diberikan oleh guru pada siswa sebagai bentuk apresiasi. Selain itu Edmodo memberikan peluang untuk guru membuat badge nya sendiri agar lebih fleksibel disesuaikan dengan apresiasi yang ingin diberikan pada siswa.

Sebagai contoh, saya membuat 20 costumized badges untuk diberikan pada siswa, ke 20 badge itu mewakili bab yang akan diajarkan dalam rentang satu semester – satu tahun. Tentunya, tidak semua badges tersebut bernilai sama, beberapa badge saya buat lebih ekslusif dan hanya bisa didapatkan oleh anak2 yang berusaha cukup keras, sedangkan badge lain saya buat untuk kepentingan general, yaitu saya berikan saat anak berhasil menyelesaikan praktikum salah satu bab yang diajarkan.

BACA JUGA:   Jenis-jenis memory semikonduktor

Terakhir, karena Edmodo terintegrasi dalam sebuah situs online, lebih mudah bagi guru untuk berinteraksi dengan guru2 lain dari berbagai macam negara untuk bisa saling berbagi berbagai pengetahuan tentang cara membelajarkan siswanya.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda